Aliansi Umat Islam Kalbar Tuntut Usut Penghadangan Ulama di Sintang

Pontianak, Seruji.com– Seribuan Umat Islam yang tergabung dalam Aliansi Umat Islam (AUI) Kalimantan Barat melakukan Aksi Bela Ulama di halaman Masjid Raya Mujahidin Pontianak dan halaman Mapolda Kalbar, Jumat (13/1).

Aliansi ini terdiri dari berbagai ormas Islam Kalbar, diantaranya FPI, HMI, Majelis Ta’lim, Santri, dan Jama’ah Sholat Jum’at Masjid Raya Mujahidin Pontianak.

Aksi ini dipicu puluhan warga Dayak yang menolak kedatangan Wasekjen MUI Pusat, KH Tengku Zulkarnain di run way Bandara Susilo, Sintang, Kamis (12/1) pagi yang akan mengisi tausiah di Sintang. Tengku Zulkarnain akhirnya batal mengisi tausiah di Sintang.

Massa AUI Kalbar memulai orasinya di halaman Masjid Raya Mujahidin Pontianak. Sejumlah orator meminta kepolisian menangkap 30 warga Dayak yang menolak dan menghadang Ustad Tengku yang dinilai telah mencederai konstitusi di Indonesia.

“Saya yakin ini ada rekayasa pihak-pihak tertentu. Kita lihat guru kita KH Tengku Zulkarnain ditolak oleh beberapa massa yang ada di Sintang. Kita meminta pertanggungjawaban pihak Bandara Sintang dan aparat kepolisian untuk menangkap orang-orang (penghadang -red-) tersebut,” tegas salah satu orator.

Aksi dilanjutkan long march dari Masjid Raya Mujahidin Pontianak menuju Mapolda Kalbar diiringi lantunan sholawat dan takbir. Aksi dikawal ketat oleh puluhan polisi.

“Ini Islam sudah cukup sabar. Tapi kalau Umat Islam bergerak dibilang teroris, ISIS, dan makar. Sekarang mengapa Ulama kami ditantang di Sintang. Kami minta keadilan kepada aparat,” ujar orator lainnya.

30 perwakilan massa diterima oleh Kapolresta Pontianak untuk menyampaikan tuntutan langsung ke Kapolda Kalbar di dalam Mapolda Kalbar. Massa juga meminta sejumlah wartawan memberitakan dengan adil dan tidak mendiskreditkan Umat Islam. (Hermawan Fadli/Pontianak)

Keterangan foto: Sambil menunggu Ulama & perwakilan Ormas Islam bertemu Pak Kapolda dan jajaranya. Dibacakan pernyataan sikap Aliansi Umat Islam Kalimantan Barat. (foto: Hermawan Fadli)

Reporter : Denni

Editor   : Denni

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER