Aliansi Umat Islam Kalbar Tuntut Usut Penghadangan Ulama di Sintang

0
58

Pontianak, Seruji.com– Seribuan Umat Islam yang tergabung dalam Aliansi Umat Islam (AUI) Kalimantan Barat melakukan Aksi Bela Ulama di halaman Masjid Raya Mujahidin Pontianak dan halaman Mapolda Kalbar, Jumat (13/1).

Aliansi ini terdiri dari berbagai ormas Islam Kalbar, diantaranya FPI, HMI, Majelis Ta’lim, Santri, dan Jama’ah Sholat Jum’at Masjid Raya Mujahidin Pontianak.

Aksi ini dipicu puluhan warga Dayak yang menolak kedatangan Wasekjen MUI Pusat, KH Tengku Zulkarnain di run way Bandara Susilo, Sintang, Kamis (12/1) pagi yang akan mengisi tausiah di Sintang. Tengku Zulkarnain akhirnya batal mengisi tausiah di Sintang.

Massa AUI Kalbar memulai orasinya di halaman Masjid Raya Mujahidin Pontianak. Sejumlah orator meminta kepolisian menangkap 30 warga Dayak yang menolak dan menghadang Ustad Tengku yang dinilai telah mencederai konstitusi di Indonesia.

“Saya yakin ini ada rekayasa pihak-pihak tertentu. Kita lihat guru kita KH Tengku Zulkarnain ditolak oleh beberapa massa yang ada di Sintang. Kita meminta pertanggungjawaban pihak Bandara Sintang dan aparat kepolisian untuk menangkap orang-orang (penghadang -red-) tersebut,” tegas salah satu orator.

Aksi dilanjutkan long march dari Masjid Raya Mujahidin Pontianak menuju Mapolda Kalbar diiringi lantunan sholawat dan takbir. Aksi dikawal ketat oleh puluhan polisi.

“Ini Islam sudah cukup sabar. Tapi kalau Umat Islam bergerak dibilang teroris, ISIS, dan makar. Sekarang mengapa Ulama kami ditantang di Sintang. Kami minta keadilan kepada aparat,” ujar orator lainnya.

30 perwakilan massa diterima oleh Kapolresta Pontianak untuk menyampaikan tuntutan langsung ke Kapolda Kalbar di dalam Mapolda Kalbar. Massa juga meminta sejumlah wartawan memberitakan dengan adil dan tidak mendiskreditkan Umat Islam. (Hermawan Fadli/Pontianak)

Keterangan foto: Sambil menunggu Ulama & perwakilan Ormas Islam bertemu Pak Kapolda dan jajaranya. Dibacakan pernyataan sikap Aliansi Umat Islam Kalimantan Barat. (foto: Hermawan Fadli)

Reporter : Denni

Editor   : Denni

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Sudirman Said - Ida Fauziah

Sudirman: Jika Tangkap Teroris Cepat, Tentu Polisi Juga Bisa Cepat Tangkap Akun Penyebar Fitnah

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah nomor urut dua, Sudirman Said berencana akan melaporkan pihak-pihak yang memfitnah dirinya dan calon Wakil Gubernur...
Ida Fauziyah

Ida Fauziyah: Fitnah Dilakukan Secara Sistematis dan Terencana Lewat Sosial Media

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah Ida Fauziyah menilai fitnah melalui media sosial terhadap dirinya dan calon Gubernur Sudirman Said dilakukan secara sistematis...
Sudirman Said - Ida Fauziah

Sudirman Ungkap Keterlibatan Petinggi Partai Pengusung Ganjar Terkait Video Fitnah

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said menyebut adanya oknum petinggi partai pengusung petahana yang diduga berada di belakang beredarnya video fitnah di...

Trump Pisahkan Anak dan Orangtua, Menlu Meksiko: Tindakan Tidak Manusiawi

MEKSIKO, SERUJI.CO.ID -  Menteri Luar Negeri Meksiko pada Selasa (19/6) menyebut pemisahan anak-anak dari orang tua pendatang di perbatasan Amerika Serikat-Meksiko kejam dan tidak manusiawi...
Nu dukung Khofifah

Awasi Pencoblosan, Khofifah Tegaskan Akan Maksimalkan Tim Saksi

BLITAR, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan akan memaksimalkan tim saksi, mengawasi pelaksanaan pencoblosan dalam Pemilihan Gubernur Jatim 2018, yang akan...