Mensos Jamin Seluruh Korban Tenggelamnya KM Sinar Bangun Dapat Bantuan

0
22
Korban KM Sinar Bangun dibawa dengan ambulance (foto:istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID –┬áMenteri Sosial Idrus Marham mengatakan semua korban KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, baik yang selamat maupun meninggal akan mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“Semua korban akan mendapatkan bantuan bagaimana pun kondisinya, tidak perlu ada manifes karena tidak mungkin ada,” kata Mensos di sela-sela halal bihalal Kemensos di Jakarta, Senin (25/6).

Dia mengatakan, bantuan berupa santunan cukup berdasarkan rekomendasi dari bupati setempat.

“Bagaimana mungkin ada manifes, kapasitas kapal hanya 60 penumpang, tapi diisi 204 orang,” kata dia.

Dia menjelaskan saat meninjau lokasi kejadian di Danau Toba pada Ahad (24/6), bantuan sudah diberikan kepada 12 orang korban selamat, sementara enam korban selamat lainnya masih perlu verifikasi data.

Bantuan diberikan sebesar Rp2,5 juta per orang bagi korban yang selamat dan Rp15 juta per korban meninggal yang akan diterima oleh ahli waris korban.

Diharapkan bantuan tersebut dapat segera disalurkan karena butuh satu identifikasi yang menjadi dasar rekomendasi bupati. Selain itu, kapal yang tenggelam tersebut juga sudah ada indikasi ditemukan.

Selain bantuan santunan, Kemensos juga akan memberikan perhatian bagi keluarga korban yang ditinggalkan, apabila berasal dari keluarga kurang mampu maka akan dikoordinasikan untuk mendapatkan bansos melalui program di Kemensos.

Sebelumnya, kapal kayu KM Sinar Bangun mengangkut ratusan penumpang, diperkirakan tenggelam sekitar satu mil dari dermaga Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin (18/6) sekitar pukul 17.30 WIB.

Kapal tersebut berangkat dari Dermaga Simanindo, Kabupaten Samosir, menuju Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun.

Laporan yang diterima, sebelum tiba di Dermaga Tigaras, tiba-tiba KM Sinar Bangun mengalami oleng akibat pengaruh cuaca buruk berupa angin kencang dan ombak cukup besar.

Kapal tersebut akhirnya tenggelam, sedangkan penumpang panik dan banyak yang melompat ke perairan Danau Toba untuk menyelamatkan diri. (Ant/Su02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Prabowo dengan kucing

Viral Foto Prabowo dengan Kucing, Warganet: Ke Hewan Saja Sayang, Apalagi ke Rakyatnya

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Foto Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang memberi makan seekor kucing saat sedang menyantap hidangan bersama koleganya, viral di media...

Gubernur Ganjar Pranowo Melepas Calon Haji Jateng-DIY Hari Ini

BOYOLALI, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 34.112 jemaah calon haji asal Jawa Tengah dan DIY diberangkatkan ke tanah suci hari ini, Selasa (17/7). Upacara pelepasan yang...
hary tanoe, mnc, perindo

Gara-Gara Mobil Mewah Hary Tanoe, Massa Perindo dan PDIP Bersitegang di KPU

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Gara-gara mobil mewah yang dikendarai Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, massa Perindo bersitegang dengan massa PDI Perjuangan di depan gerbang kantor...
Fahri-hamzah2

Fahri Hamzah: Innalillahi, Mungkin Umur PKS Selesai Tahun Ini

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah memprediksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang selama ini menaunginya dan mengantarnya ke Senayan, akan bubar...
Presiden apel Babinsa

Sama dengan TNI/Polri, Presiden Jokowi Naikan Tunjangan Kinerja Babinsa di Tahun Politik

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Pemerintah telah menetapkan kenaikan tunjangan Kinerja bagi anggota TNI dan Polri pada bulan Juni lalu. Besarnya kenaikan mencapai 70 persen dari...