Tinggal 3 Hari, Baru 7 Parpol Daftar ke KPU

0
55
KPU
Kantor KPU bersiap menerima pendaftaran Parpol, di Jakarta. (Foto: Achmad/SERUJI)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Pendaftaran partai politik akan segera ditutup pada 16 Oktober 2017. Namun, dari 73 parpol yang terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM, baru 7 yang sudah melakukan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ketujuh parpol tersebut adalah PSI, PDI Perjuangan, Hanura, Nasdem, Partai Berkarya, PAN dan Perindo.

Komisioner KPU, Arief Budiman mengingatkan sisa waktu yang tersedia kian sempit. Apalagi dari 7 parpol yang mendaftar tersebut, baru 1 yang dinyatakan diterima pendaftarannya, yaitu Partai Perindo.

“Kami mohon parpol tidak melakukan pendaftaran pada hari terakhir. Karena pengalaman, begitu dicek ternyata masih banyak yang perlu dilengkapi,”‎ ujar Arief, di Jakarta, Jumat (13/10).

Arief melanjutkan, salah satu syarat mendaftar jadi calon peserta Pemilu 2019 adalah mengisi data di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). ‎ Dokumen tersebut harus dicetak dan dibawa ke meja pendaftaran di kantor KPU RI.

Berdasarkan data KPU, dari 73 parpol yang terdaftar di Kemenkum HAM, sebenarnya ada 30 parpol yang sudah menunjuk‎ mandat penghubung Parpol ke KPU.

Ke-30 parpol tersebut sudah diberikan username dan password untuk menginput data ke situs KPU. Namun, dari 30 parpol tersebut baru 25 parpol yang sudah menginput datanya.

“Ada yang sudah 100 persen, ada yang belum,” lanjutnya.

petugas KPU
Kesibukan para petugas KPU meneliti berkas Parpol di auditorium KPU, Jakarta, Jumat, 13/10/2017. (Achmad/SERUJI)

Arief menjelaskan, setelah pendaftaran Parpol ditutup Senin pekan depan, selanjutkan KPU akan melakukan verifikasi administrasi mulai 17 Oktober 2017 hingga 15 November 2017. Parpol diberikan kesempatan untuk melengkapi berkas pada 12-15 Desember 2017.

Tahapan berikutnya adalah verifikasi faktual pada pada 15 Desember 2017 hingga 4 Januari 2018‎. Parpol baru akan diverifikasi di seluruh Indonesia, sedangkan parpol peserta Pemilu 2014 cukup di Kalimantan Utara. 

KPU menjadwalkan juga untuk parpol yang melakukan revisi, maka verifikasi faktualnya mundur menjadi 21 Januari hingga 3 Februari 2018. Selanjutnya, KPU akan menetapkan parpol peserta Pemilu 2019 pada 17 Februari 2018 dan diumumkan pada 20 Februari 2018 dengan dikuti pengundian nomor urut. (Achmad/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Ceamah bela negara

Koarmatim Beri Pembekalan Bela Negara Dan Anti Narkoba

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Yayasan Hang Tuah ke-71 Tahun 2018, Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana...
Sidang pembakaran rumah

Dalang Pembakaran Rumah Tewaskan Satu Keluarga Dihukum Seumur Hidup

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Jaya Mita br Ginting menangis seketika saat majelis hakim menjatuhinya hukuman penjara seumur hidup. Wanita ini terbukti bersalah menjadi otak pelaku...
Freddy Purnomo

Golkar Jatim Siapkan Ribuan Baliho Khofifah-Emil

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - DPD Partai Golkar Jatim menyiapkan strategi pemenangan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dalan Pilgub Jatim. Salah...
20180115_161307

Antara Setan, LGBT, dan Airmin @_TNIAU

Belakangan, kembali ramai di lini masa kampanye 'halalnya' LGBT. Kali ini tidak tanggung-tanggung. Aan Anshori, aktivis pembela LGBT yang diberi label "kyai" dengan percaya...
images (1)

Mengapa Menjadi Non Muslim

Menjadi muslim adalah tindakan sederhana, cukup berserah diri. Ketika turun ayat, ikuti. Bahkan itulah inti hidup di dunia, tidak yang lain-lainnya. Ayat-ayatNya, berupa tanda dan...
FB_IMG_1516028887948

Pangkalan Bun Darurat LGBT, Nitizen: Aparat Mesti Turun Tangan

Kotawaringin Barat - Ratusan Nitizen mengecam ulah sejumlah pria yang berciuman di taman kota Pangkalan Bun Kotawaringin Barat (Kobar) Kalimantan Tengah. Pasalnya, sekitar tanggal...