Kotak Suara Kardus, KPU: Hemat Anggaran Hingga 70 Persen

8
47
  • 42
    Shares
Kotak suara kardus
Kotak suara berbahan dasar karton yang kedap air. (foto:Istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan penggunaan kotak suara berbahan karton kedap air atau yang sering dikenal kotak suara kardus telah menghemat anggaran cukup besar, hingga 70 persen penghematan.

“Pagu anggaran untuk produksi kotak suara di Pemilu 2019 sekitar Rp9 miliar. Dengan menggunakan kotak suara berbahan karton, anggaran bisa ditekan hingga hampir Rp3 triliun. Artinya¬†70 persen penghematannya,” ujar Arief di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (17/12).

Ia menjelaskan penghematan biaya bukan hanya dari sisi produksi, tapi juga biaya perawatan kotak suara.

“Kita tidak perlu mengeluarkan biaya penyewaan gudang besar, hingga biaya stock opname yang tinggi dengan menggunakan kotak suara berbahan karton,” terangnya.

Selain itu, penggunaan kotak suara alumunium menurutnya tidak efisien lantaran harus mengeluarkan biaya perawatan yang cukup besar. Pasalnya kotak suara berbahan alumunium biasa dijadikan aset lantaran masuk dalam kategori benda berbagan logam.

Kondisi ini membuat KPU harus menyimpan kotak alumunium itu dalam waktu lama. Di sisi lainnya, kata Arief, KPU di daerah tidak memiliki tempat penyimpanan yang memadai. Sehingga KPU daerah harus menyewa gudang dan membutuhkan biaya tambahan.

“Kalau pakai alumunium lagi, itu nyuruh orang, ngangkatin lagi, ngerakit lagi, beli baut lagi, itu bukan biaya yang murah,” ujarnya. (SU05)

8 KOMENTAR

  1. Wahai komisioner KPU anda tidak perlu berhemat. Ekonomi Indonesia sedang kuat dan meroket, rakyat hidup sejahtera, presiden sibuk bekerja. Anggaran untuk KPU sudah diamanatkan agar digunakan untuk kesuksesan pemilu 2019. Tidak perlu dihemat anda tinggal bekerja yg benar, uangnya ada. Bila perlu bikin kotak suara dari benda yg tidak mempan dibakar, disobek, dibom.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU