Soetrisno Bachir Pastikan Uang ke Amien Rais Tidak Terkait Alkes

0
790
  • 117
    Shares
Soetrisno Bachir (tengah, baju putih).

JAKARTA – Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Soetrisno Bachir menegaskan bahwa uang yang diterima Amien Rais dari yayasannya tidak ada kaitannya dengan uang korupsi proyek pengadaan alat kesehatan (alkes) kejadian luar biasa (KLB) 2005 di Kementerian Kesehatan dengan terdakwa Siti Fadilah.

“Pak Amien tidak ada hubungannya. Itu uang dari mana-mana, kebanyakan dari zakat, infaq dan sedekah saya untuk kegiatan sosial yang kemudian masuk ke rekening. Itu bukan hasil bisnis alkes dan sebagainya,” ungkap Soetrisno yang akrab disapa Mas Tris dalam jumpa pers di rumah dinas Ketua MPR Zulkifli Hasan di Jakarta Selatan, Jumat (2/6).

Soetrisno juga menjelaskan bahwa Soetrisno Bachir Foundation (SBF) yang diketuai Nuki Syahrun bukanlah yayasan berbadan hukum. “SBF itu bukan yayasan, tapi nama saja. Tidak ada badan hukumnya,” katanya.

Loading...

Terkait adanya uang yang masuk ke rekening Nuki yang berasal dari Direktur Utama PT Mitra Medidua Andi Krisnamurti, ia menjelaskan bahwa itu bukan uang yang berasal dari korupsi alkes tapi terkait pinjam meminjam antara suami Nuki, Rizaganti Syahrun, dengan Andi.

“Itu uang pinjam-meminjam antara suami Bu Nuki dan Andi dan itu sudah dikembalikan. Jadi, tidak ada urusannya SBF. Dana SBF itu dari saya sendiri,” katanya.

Sebagaimana diketahui Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, pada Rabu (31/05) yang lalu mengatakan bahwa ada aliran dana yang masuk ke rekening Amien Rais dari Korupsi Alkes dengan terdakwa Siti Fadilah, sebagai ungkapan terima kasih Siti Fadilah karena direkomendasikan Muhammadiyah dan PAN sebagai menkes. (Hrn)

 

 

 

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU