Pimpinan Aksi 313 Ditangkap Polisi Dengan Tuduhan Makar

JAKARTA – Pimpinan Aksi 313 KH Muhammad Al-Khaththath ditangkap Polisi pagi ini, Jumat (31/3), di Jakarta dengan tuduhan dugaan permufakatan makar. Penangkapan ini dibenarkan pihak kepolisian melalui Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono.

Namun pihak kepolisian membantah bahwa penangkapan tersebut terkait aksi 313,

“Ini kasus permufakatan, nanti dibawa dari Depok,” kata Argo di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, pagi ini, Jumat (31/3).

Argo menjelaskan bahwa ada lima orang, termasuk Al-Khaththath, yang sudah diamankan polisi dan saat ini berada di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Sementara itu juru bicara Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) Habib Novel, memastikan bahwa Al-Khaththath dan beberapa pimpinan aksi 313 ditahan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Namun berbeda dari keterangan kepolisian, Al-Khaththath sudah ditahan sejak Kamis (30/3) malam.

“Informasi, ana baru ditelpon Ustadz Khaththath ditahan di Mako Brimob sejak tadi malam dan mohon pendampingan, jam 09. 00 WIB kita meluncur ke sana,” kata Michdan ke media, pagi tadi.

Dari informasi yang beredar, saat ini Tim Pengara Muslim (TPM) dan Pusat Hak Azasi Muslim Indonesia (PUSHAMI) telah berada di Mako Brimob, Depok untuk mendampingi Ustadz Al-Khaththath dan pimpinan aksi 313 lainnya.

Sebagaimana diketahui KH Muhammad Al-Khaththath yang juga Sekjen Forum Umat Islam (FUI), memimpin aksi 313 yang direncanakan akan berlangsung selepas sholat Jumat nanti. Aksi diperkirakan akan melibatkan ribuan umat Islam yang berasal dari berbagai kota di tanah air dengan tujuan menuntut terdakwa penista agama Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dijebloskan ke penjara.

Sebelumnya, pada hari Kamis (30/3) siang, Al-Khaththath bersama pimpinan aksi 313 mengadakan konferensi pers dan menyerukan kepada umat Islam untuk ikut serta dalam aksi 313.

Sampai siang ini peserta aksi 313 sudah memenuhi Masjid Itiqlal Jakarta, sebagai titik kumpul aksi 313. Selepas sholat Jumat direncakan peserta akan berjalan kaki menuju Istana Presiden untuk menggelar aksi.

EDITOR: Harun S

16 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Demikian Mudah Dikenali Sebagai Hoaks, Info 7 Kontainer Surat Suara Masih Telan “Korban”

Yang membuat saya heran, kenapa para politisi, terutama yang menyebarkan info hoaks ini di akun media sosial (walau dalam bentuk tanya sekalipun) tidak mengenali bahwa info ini adalah hoaks?

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.