FOKUS

Pimpinan Aksi 313 Ditangkap Polisi Dengan Tuduhan Makar

16
781
KH Muhammad Al-Khaththath (tiga dari kiri). (foto: SERUJI/istimewa)

JAKARTA – Pimpinan Aksi 313 KH Muhammad Al-Khaththath ditangkap Polisi pagi ini, Jumat (31/3), di Jakarta dengan tuduhan dugaan permufakatan makar. Penangkapan ini dibenarkan pihak kepolisian melalui Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono.

Namun pihak kepolisian membantah bahwa penangkapan tersebut terkait aksi 313,

“Ini kasus permufakatan, nanti dibawa dari Depok,” kata Argo di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, pagi ini, Jumat (31/3).

Argo menjelaskan bahwa ada lima orang, termasuk Al-Khaththath, yang sudah diamankan polisi dan saat ini berada di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Sementara itu juru bicara Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) Habib Novel, memastikan bahwa Al-Khaththath dan beberapa pimpinan aksi 313 ditahan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Namun berbeda dari keterangan kepolisian, Al-Khaththath sudah ditahan sejak Kamis (30/3) malam.

“Informasi, ana baru ditelpon Ustadz Khaththath ditahan di Mako Brimob sejak tadi malam dan mohon pendampingan, jam 09. 00 WIB kita meluncur ke sana,” kata Michdan ke media, pagi tadi.

Dari informasi yang beredar, saat ini Tim Pengara Muslim (TPM) dan Pusat Hak Azasi Muslim Indonesia (PUSHAMI) telah berada di Mako Brimob, Depok untuk mendampingi Ustadz Al-Khaththath dan pimpinan aksi 313 lainnya.

Sebagaimana diketahui KH Muhammad Al-Khaththath yang juga Sekjen Forum Umat Islam (FUI), memimpin aksi 313 yang direncanakan akan berlangsung selepas sholat Jumat nanti. Aksi diperkirakan akan melibatkan ribuan umat Islam yang berasal dari berbagai kota di tanah air dengan tujuan menuntut terdakwa penista agama Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dijebloskan ke penjara.

Sebelumnya, pada hari Kamis (30/3) siang, Al-Khaththath bersama pimpinan aksi 313 mengadakan konferensi pers dan menyerukan kepada umat Islam untuk ikut serta dalam aksi 313.

Sampai siang ini peserta aksi 313 sudah memenuhi Masjid Itiqlal Jakarta, sebagai titik kumpul aksi 313. Selepas sholat Jumat direncakan peserta akan berjalan kaki menuju Istana Presiden untuk menggelar aksi.

EDITOR: Harun S

loading...

16 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...