Menko Puan Maharani Dapat Kehormatan Saksikan Prosesi Pembuatan Kiswah Ka’bah

MEKKAH, SERUJI.CO.ID – Setelah Presiden Jokowi dan keluarga mendapatkan hadiah khusus dari Raja Arab Saudi, Raja Salman berupa masuk ke dalam Ka’bah di Mekkah dan Hujrah Syarifah atau rumah Nabi Muhammad di Madinah, kini Menteri Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani juga mendapatkan hadiah khusus dari Kerajaan Arab Saudi.

Hal itu disampaikan Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel lewat keterangan terulis yang diterima SERUJI, Rabu (1/5).

Diungkapkan Agus Maftuh, hadiah tersebut berupa kesempatan menyaksikan dari dekat prosesi pembuatan Kiswah atau kain penutup Ka’bah di Mekkah al-Mukarramah, pada Senin (29/4) lalu.

Menko Puan Maharani dan delegasi Indonesia diterima resmi oleh Syeikh Ahmad Ba Antar, penanggungjawab pabrik Kiswah yang berdiri tahun 1931.

Turut mendampingi Menko PMK Puan Maharani, Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel bersama istri Luluk Muniroh Maftuh, Deputi Kemenko PMK, Agus Sartono dan 15 orang delegasi Indonesia.

Puan Maharani saat mencoba merajut Kiswah dengan benang emas.

Syeikh Ahmad Ba Antar juga memberikan kehormatan kepada Puan Maharani untuk mempraktekkan cara menyulam kaligrafi ayat al-Qur’an dengan benang yang terbuat dari kawat emas murni.

Dalam keterangannya, Syeikh Ahmad menjelaskan bahwa kiswah ini akan dipasangkan di Ka’bah pada tanggal 9 Dzulhijjah 1440 Hijriyah, atau tepatnya saat para jama’ah haji wukuf di Arafah. Dia juga menambahkan informasi bahwa untuk satu kiswah yang bahan dasarnya adalah sutra, perak dan emas menghabiskan dana 25 juta riyal atau sekitar 95 Milyar rupiah.

Menurut Dubes Agus Maftuh, kiswah Ka’bah dalam sejarahnya pernah berganti-ganti warna, mulai putih, kuning, hijau, merah dan terakhir warna hitam.

Agus Maftuh menjelaskan, Menko PMK Puan Maharani memang dikenal sangat dekat dengan Raja Salman bin Abdulaziz dan tercatat sebagai orang Indonesia pertama kali yang mendapatkan kesempatan bisa berpidato di depan Raja Salman dan para Menteri Arab Saudi.

“Raja Salman juga sangat mengagumi Kakek Menko PMK, Bung Karno Sang Proklamator RI,” terangnya.

Kesempatan pidato istimewa tersebut terjadi dalam festival budaya Janadriyah di mana Indonesia menjadi tamu kehormatan pada Desember 2018 yang lalu.

Ketika itu, bersama Dubes RI untuk Saudi, Puan Maharani juga menerima kunjungan Raja Salman ke Paviliun Indonesia yang megah dan historis di arena festival terbesar di Timur Tengah tersebut.

Menteri Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani saat diterima Syeikh Ahmad Ba Antar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy