Menko Puan Maharani Dapat Kehormatan Saksikan Prosesi Pembuatan Kiswah Ka’bah

MEKKAH, SERUJI.CO.ID – Setelah Presiden Jokowi dan keluarga mendapatkan hadiah khusus dari Raja Arab Saudi, Raja Salman berupa masuk ke dalam Ka’bah di Mekkah dan Hujrah Syarifah atau rumah Nabi Muhammad di Madinah, kini Menteri Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani juga mendapatkan hadiah khusus dari Kerajaan Arab Saudi.

Hal itu disampaikan Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel lewat keterangan terulis yang diterima SERUJI, Rabu (1/5).

Diungkapkan Agus Maftuh, hadiah tersebut berupa kesempatan menyaksikan dari dekat prosesi pembuatan Kiswah atau kain penutup Ka’bah di Mekkah al-Mukarramah, pada Senin (29/4) lalu.

Menko Puan Maharani dan delegasi Indonesia diterima resmi oleh Syeikh Ahmad Ba Antar, penanggungjawab pabrik Kiswah yang berdiri tahun 1931.

Turut mendampingi Menko PMK Puan Maharani, Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel bersama istri Luluk Muniroh Maftuh, Deputi Kemenko PMK, Agus Sartono dan 15 orang delegasi Indonesia.

Puan Maharani saat mencoba merajut Kiswah dengan benang emas.

Syeikh Ahmad Ba Antar juga memberikan kehormatan kepada Puan Maharani untuk mempraktekkan cara menyulam kaligrafi ayat al-Qur’an dengan benang yang terbuat dari kawat emas murni.

Dalam keterangannya, Syeikh Ahmad menjelaskan bahwa kiswah ini akan dipasangkan di Ka’bah pada tanggal 9 Dzulhijjah 1440 Hijriyah, atau tepatnya saat para jama’ah haji wukuf di Arafah. Dia juga menambahkan informasi bahwa untuk satu kiswah yang bahan dasarnya adalah sutra, perak dan emas menghabiskan dana 25 juta riyal atau sekitar 95 Milyar rupiah.

Menurut Dubes Agus Maftuh, kiswah Ka’bah dalam sejarahnya pernah berganti-ganti warna, mulai putih, kuning, hijau, merah dan terakhir warna hitam.

Agus Maftuh menjelaskan, Menko PMK Puan Maharani memang dikenal sangat dekat dengan Raja Salman bin Abdulaziz dan tercatat sebagai orang Indonesia pertama kali yang mendapatkan kesempatan bisa berpidato di depan Raja Salman dan para Menteri Arab Saudi.

“Raja Salman juga sangat mengagumi Kakek Menko PMK, Bung Karno Sang Proklamator RI,” terangnya.

Kesempatan pidato istimewa tersebut terjadi dalam festival budaya Janadriyah di mana Indonesia menjadi tamu kehormatan pada Desember 2018 yang lalu.

Ketika itu, bersama Dubes RI untuk Saudi, Puan Maharani juga menerima kunjungan Raja Salman ke Paviliun Indonesia yang megah dan historis di arena festival terbesar di Timur Tengah tersebut.

Menteri Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani saat diterima Syeikh Ahmad Ba Antar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Katakanlah dengan Meme: Genre Baru Komunikasi Politik

Meme politik, bagaimana pengaruhnya dalam perpolitikan terkini

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER