Kenapa Harga Cabe Rawit Merah Bisa Rp 100 Ribu, Ini Jawabannya

0
53

Jakarta, Seruji.com—Awal tahun, masyarakat dihebohkan dengan kenaikan harga. Salah satunya, melonjaknya harga cabe rawit merah hingga Rp 100 ribu per kilo gramnya.

Pantauan dari Pasar Induk Kramat Jati Jakarta Timur, kenaikan harga cabe rawit merah disebabkan minimnya pasokan dari daerah produksi. Minimnya pasokan membuat si cabe rawit merah melonjak jadi Rp 100 ribu/kg.

“Pasokan yang datang sedikit, panen belum merata. Di Sumatera belum panen, jadi cuma ada yang dari Jawa sama Manado saja,” kata Ngadiran, salah seorang pedagang di Pasar Induk Kramat Jati, Senin (9/1).

Disebutkan, untuk cabe rawit merah kecil dari Manado harga yang dibandrol Rp 110 ribu/kg lalu cabe rawit merah besar Rp 100 ribu/kg. “Sedangkan cabe rawit hijau Rp 55.000,” katanya.

Sementara untuk cabe hijau besar ari Bandung, Garut, Jawa Barat, dijual Rp 15.000 per kilogram dan cabe merah keriting dari Magelang, Jawa Tengah, dijual Rp 45.000.

Ngadiran menyebutkan, penyebab mahalnya harga cabe rawit merah karena ongkos transportasi. Seperti cabe dari Manado yang harus diangkut menggunakan pesawat sehingga harganya menjadi mahal.

“Yang dari Manado kami ambil di Cengkareng (Bandara Internasional Soekarno-Hatta) karena diangkutnya pakai pesawat dan jumlah yang diangkut sedikit, jadi enggak sebanding sama ongkos ke sininya,” jelasnya. (jamal)

Keterangan foto: Mahalnya cabe rawit merah karena minimnya pasokan. Pasokan didatangkan dari Manado dengan pesawat. (foto ist)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Wapres Minta Menag Revisi 200 Daftar Mubaligh

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin untuk merevisi daftar pendakwah yang direkomendasikan karena sebelumnya dikeluarkan Kemenag hanya...

Banyuwangi Masuk Kota Cerdas ASEAN

BANYUWANGI, SERUJI.CO.ID - Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, bersama dengan Jakarta dan Kota Makassar, Sulawesi Selatan, masuk dalam jaringan Kota Cerdas ASEAN atau ASEAN Smart...

Korban Tewas Jatuhnya Pesawat di Kuba Jadi 111 Orang

HAVANA, SERUJI.CO.ID - Jumlah korban tewas pada salah satu bencana udara terburuk di Kuba meningkat menjadi 111 pada Senin (21/5), sementara Meksiko menangguhkan kegiatan...
ekonomi syariah

MUI Dukung 200 Daftar Mubaligh

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Ma'ruf Amin mendukung langkah Kementerian Agama yang merilis daftar nama mubaligh karena sifatnya untuk pencegahan terhadap...
Siswa SMA/MAN

Jawa Timur Jalin Kerja Sama Pendidikan dengan Korsel

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Dinas Pendidikan Jawa Timur menjajaki kerja sama pendidikan dengan Korea Selatan setelah ada pertemuan kepala sekolah SMA/SMK se-Surabaya dengan sebuah konsultan...