close

Pemerintah Diharapkan Dapat Tingkatkan Kesejahteraan Guru Honor

MEDAN, SERUJI.CO.ID – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diharapkan dapat untuk meningkatkan kesejahteraan guru-guru honor yang selama ini sangat gigih mengajar siswa SD, SMP dan SMA yang ada di Tanah Air.

“Guru yang aktif memberikan ilmu pengetahuan yang dimilikinya kepada anak-anak Indonesia harus diapresiasi,” kata Dosen Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Medan (Unimed) Dr Mutsyuhito Solin, M.Pd di Medan, Ahad (10/12).

Sudah saatnya, menurut dia, guru-guru yang memiliki komitmen cukup tinggi untuk mencerdaskan anak-anak bangsa menjadi manusia yang pintar dan berkualitas, harus ditingkatkan kesejahteraan mereka.

“Apalagi, saat ini kemajuan zaman yang terus berkembang, mau tidak mau, putera-puteri terbaik Indonesia harus bisa mengikuti era globalisasi atau zaman milinium tersebut,” ujar Solin.


Ia mengatakan, hal tersebut tentunya tidak terlepas dari peran guru yang mengajar dan mendidik anak-anak di Tanah Air ini agar memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkembang.

Sebab, melalui pendidikan tersebut, dapat mengangkat harkat martabat bangsa Indonesia dimata negara-negara dunia.

“Selain itu, melalui peningkatan pendidikan yang maju dan berkembang, Indonesia semakin dihargai, serta diperhitungkan di negara Asia mau pun dunia,” ucapnya.

Solin menyebutkan, sebahagian guru honor tersebut ada yang ditempatkan untuk mengajar di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T).

Tingkat kesulitan guru yang melaksanakan tugas di daerah 3T itu, jauh berbeda dengan tenaga pendidik di perkotaan yang dapat memperoleh segala yang diperlukan.

Namun, sebaliknya guru yang mengajar di daerah terpencil itu, sulit untuk mendapatkan akses, misalnya tidak ada super market, transportasi yang sangat terbatas, dan sarana prasarana lainnya.

“Jadi, kesejahteraan dan kehidupan guru yang mengajar di daerah 3T tersebut, harus diperhatikan dan janganlah sampai dilupakan oleh pemerintah,” kata mantan Ketua Dewan Pendidikan Kota Medan itu. (Ant/SU02)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

PPDB di Jakarta Berjalan Kondusif

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)...

TKN Sebut Dalil BPN Tentang Ajakan Berbaju Putih Cara Pandang Bias Anti-Petahana

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Anggota tim hukum Tim Kampanye Nasional...

Anggota DPRD Jatim Harapkan Pemerintah Pusat Beri Arahan Terkait PPDB

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Anggota DPRD Jawa Timur, Agatha Retnosari berharap...

Kivlan Zen Akan Dihadapkan Dengan Habil Marati Untuk Interogasi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Keterangan tersangka dugaan kepemilikan senjata api...

MRT Diperkirakan Dapat Mengurangi Hingga 5.600 Kendaraan Pribadi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Transportasi umum terbaru di ibu kota,...

DPT Yang Dipersoalkan Prabowo-Sandi Sudah Diselesaikan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua tim kuasa hukum Komisi Pemilihan...

TERPOPULER