Pemerintah Diharapkan Dapat Tingkatkan Kesejahteraan Guru Honor

MEDAN, SERUJI.CO.ID – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diharapkan dapat untuk meningkatkan kesejahteraan guru-guru honor yang selama ini sangat gigih mengajar siswa SD, SMP dan SMA yang ada di Tanah Air.

“Guru yang aktif memberikan ilmu pengetahuan yang dimilikinya kepada anak-anak Indonesia harus diapresiasi,” kata Dosen Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Medan (Unimed) Dr Mutsyuhito Solin, M.Pd di Medan, Ahad (10/12).

Sudah saatnya, menurut dia, guru-guru yang memiliki komitmen cukup tinggi untuk mencerdaskan anak-anak bangsa menjadi manusia yang pintar dan berkualitas, harus ditingkatkan kesejahteraan mereka.

“Apalagi, saat ini kemajuan zaman yang terus berkembang, mau tidak mau, putera-puteri terbaik Indonesia harus bisa mengikuti era globalisasi atau zaman milinium tersebut,” ujar Solin.

Ia mengatakan, hal tersebut tentunya tidak terlepas dari peran guru yang mengajar dan mendidik anak-anak di Tanah Air ini agar memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkembang.

Sebab, melalui pendidikan tersebut, dapat mengangkat harkat martabat bangsa Indonesia dimata negara-negara dunia.

“Selain itu, melalui peningkatan pendidikan yang maju dan berkembang, Indonesia semakin dihargai, serta diperhitungkan di negara Asia mau pun dunia,” ucapnya.

Solin menyebutkan, sebahagian guru honor tersebut ada yang ditempatkan untuk mengajar di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T).

Tingkat kesulitan guru yang melaksanakan tugas di daerah 3T itu, jauh berbeda dengan tenaga pendidik di perkotaan yang dapat memperoleh segala yang diperlukan.

Namun, sebaliknya guru yang mengajar di daerah terpencil itu, sulit untuk mendapatkan akses, misalnya tidak ada super market, transportasi yang sangat terbatas, dan sarana prasarana lainnya.

“Jadi, kesejahteraan dan kehidupan guru yang mengajar di daerah 3T tersebut, harus diperhatikan dan janganlah sampai dilupakan oleh pemerintah,” kata mantan Ketua Dewan Pendidikan Kota Medan itu. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Prabowo, Jokowi dan Massa

Bila peristiwa 212 yang penuh makna direvisi pada versi pengkerdilan, sebuah perubahan sosial yang akan terjadi setelahnya sulit diprediksi. Itu seperti terjadi beberapa waktu sebelum keruntuhan rezim Suharto dua dekade lalu.

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?

Pemimpin Belum Lulus

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER