Bahas Revolusi Industri 4.0, ITS Kumpulkan Pakar

0
43
ITS Surabaya
Bundaran ITS Surabaya

SURABAYA, SERUJI.CO.ID –¬†Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur, mengumpulkan pakar untuk membahas revolusi industri 4.0, di kampus ITS, Sukolilo, Surabaya, Senin (9/4).

Hal ini menindaklanjuti “Making Indonesia 4.0” yang dirilis Presiden Joko Widodo, Rabu (5/4).

Kegiatan yang dikemas menjadi Forum Group Discussion (FGD) itu menghadirkan pembicara yakni perwakilan Dewan Riset Nasional (DNR) Ir Irnanda Laksanawan, anggota Komisi XI Badan Anggaran DPR RI Romahurmuziy, dan Direktur Pusat Unggulan IPTEKS (PUI) Sistem Kontrol Otomotif (SKO) Nur Yuniarto.

Selain itu hadir Direktur Utama PT INTI Dr Darman Mappangara, serta Wakil Rektor ITS bidang Inovasi, Kerja Sama, Kealumnian, dan Hubungan Internasional ITS Prof Dr Ir Ketut Buda Artana.

Ketut Buda Artana mengatakan, technopark adalah salah satu implementasi paling relevan dalam mewujudkan Revolusi Industri 4.0 Indonesia melalui perguruan tinggi. Di Tiongkok, 25 persen Pendapatan Domestik Bruto (PDB) berasal dari sektor technopark yang juga menyumbang 23 persen dari total pajak negara.

“Tentunya ini dapat menjadi acuan Indonesia tentang besarnya manfaat yang dapat diperoleh melalui sektor ini,” katanya.

Pengembangan bidang technopark ini sambung Ketut, juga selaras dengan visi ITS yang lebih dahulu mengembangkan kawasan technopark di wilayahnya.

“Saat ini ITS telah memiliki tiga Pusat Unggulan Iptek (PUI) dalam bidang otomotif, industri kreatif, dan maritim,” tuturnya.

Anggota Komisi XI Badan Anggaran DPR Romahurmuziy menjelaskan pengembangan technopark sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 106 Tahun 2017 tentang Kawasan Sains dan Teknologi.

“Pembangunan kawasan sains dan teknologi tentunya tidak dapat dilepaskan dari peran perguruan tinggi karena kembali lagi para pemikir bersarang di institusi,” ujarnya.

Dia melanjutkan, jumlah PUI di Indonesia dapat mengakselerasi lahirnya inovasi baru di bidang teknologi. “Inovasi yang lahir dari perusahaan hampir jarang terdengar oleh karenanya perguruan tinggi memiliki pekerjaan rumah untuk merealisasikan riset-riset yang mereka miliki,” tutur Romi.

Keberadaan ITS sebagai perguruan tinggi paling inovatif di Indonesia, lanjut Romi, dapat menjadi pelecut bagi perguruan tinggi lain untuk terus melakukan riset dan inovasi demi kemajuan bangsa.

“Besar harapan saya, ITS dapat menjadi ‘pioneer’ inovasi bidang sains dan teknologi di Indonesia guna menjawab tantangan di era ‘Internet of Things’ ini’,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Nur Yuniarto, memaparkan beberapa alasan mengapa industri otomotif sulit berkembang di Indonesia. Peneliti mobil listrik nasional ini menganggap ada enam faktor yang menyebabkan lambannya pertumbuhan industri otomotif di Indonesia.

“Mulai dari rendahnya ‘goodwill’ di Indonesia, regulasi yang mematikan, kurangnya nasionalisme, pengembangan yang tidak terkoordinasi dan terintregasi, ketidakpercayaan pada bangsa sendiri hingga menghamba pada bangsa lain adalah hal-hal yang mematikan perkembangan industri otomotif di Indonesia,” kata dosen Teknik Mesin ITS tersebut. (Hrn)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

KPK Panggil Empat Tersangka Suap PN Tangerang

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil empat tersangka kasus tindak pidana korupsi suap kepada Hakim Pengadilan Negeri Tangerang terkait putusan perkara yang...

MUI: Maraknya LGBT Dipicu Oleh Sifat Permisif

PADANG, SERUJI.CO.ID - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumbar, menilai maraknya fenomena lesbian gay biseksual dan transgender (LGBT) hari ini salah satu dipicu oleh sifat...

Dua Ganda Putra Indonesia Menangi Kualifikasi Pertama BAC

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Dua ganda putra Indonesia memenangi laga babak kualifikasi pertama Kejuaraan Bulu Tangkis Perorangan Asia (Badminton Asia Championships/BAC) 2018 di Wuhan, China,...

Polisi Tembak Mati Pembobol Brankas Karena Melawan

TANGERANG SELATAN, SERUJI.CO.ID - Polisi terpaksa menembak mati dua dari tiga pelaku pembobol brankas yang tengah beraksi di salah satu kantor Bank Perkreditan Rakyat...

Gelandang Arsenal Elneny Alami Cedera Kaki

LONDON, SERUJI.CO.ID - Gelandang Arsenal Mohamed Elneny bakal menatap musim yang suram ketika dia mengalami cedera otot ligamen di pergelangan kakinya, tetapi klub Liga...