Sistem Video Asisten Wasit Akan Diujicobakan di Piala FA

0
41
AndyAmbler
Andy Ambler EUFA President

LONDON, SERUJI.CO.ID – Pertemuan Brighton and Hove Albion melawan Crystal Palace di putaran ketiga Piala FA pada 8 Januari akan menjadi pertandingan kompetitif pertama di level klub di Inggris yang menggunakan Video Asisten Wasit (Video Assistant Referee/VAR), kata FA pada Kamis (7/12)

VAR melibatkan sejumlah asisten wasit yang menyaksikan kejadian dari jarak jauh dan kemudian memberi tanda kepada wasit pertandingan seandainya terjadi kesalahan dalam pengambilan keputusan dan insiden serius yang terlewatkan.

Sistem ini pertama kali diaplikasikan ketika Inggris menjamu Jerman pada pertandingan persahabatan di Stadion Wembley bulan lalu, meski belum dipakai untuk pengambilan keputusan.

Ujicoba ini, yang juga akan mencakup pertandingan-pertandingan semifinal Piala Liga bulan depan, dipimpin oleh The Professional Game Match Officials Limited, grup yang memimpin kepemimpinan pertandingan di Liga Inggris, Liga Sepak Bola Inggris, dan pertandingan-pertandingan FA.

“FA selalu terbuka untuk menguji coba inovasi-inovasi baru dan memiliki keterlibatan dalam kemajuan teknologi garis gawang sebelum hal itu diperkenalkan,” kata direktur hubungan permainan profesional FA Andy Ambler dalam pernyataannya.

“Uji coba sistem VAR pada Piala FA musim ini dari putaran ketiga merupakan kelanjutan hal itu dan lebih lanjut mendemonstrasikan bahwa selain menjadi salah satu kompetisi domestik paling terkenal dan bersejarah di dunia, namun juga modern, progresif, dan inovatif.”

VAR diujicoba untuk menghapus kesalahan-kesalahan yang terkait dengan insiden-insiden pada situasi yang dapat mengubah arah permainan, seperti gol, kartu merah, penalti, serta kesalahan wasit dalam mengidentifikasi pemain.

Sistem ini telah diuji coba di beberapa kompetisi di seantero dunia dan debutnya dilakukan di Liga Jerman dan Liga Italia pada awal musim. (Ant/SU04)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU