Rasa Bersaudara

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Melihat, Maha Mendengar lagi Maha Menyaksikan, mengumpulkan kita di akhirat bersama orang-orang sholih, para sahabat dan bersama Rosululloh Saw. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, “Sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan bertawakallah kepada Alloh, supaya kamu mendapat rohmat.” (QS. Al Hujurot [49] : 10)

Saudaraku, umat Islam adalah umat yang sangat besar, dan takdir Alloh Indonesia menjadi rumah dengan penghuni kaum muslimin terbesar di dunia. Maasyaa Alloh. Umat yang besar ini tentu saja di dalamnya terdiri dari berbagai macam tipe orang, berbagai macam keinginan, minat, cita-cita, karakter, kebiasaan, profesi dan lain sebagainya. Akantetapi, di atas semua itu, umat yang besar ini memiliki satu kesamaan yaitu kesamaan akidah, hanya menyembah Alloh Swt. dan mengikuti Rosululloh Saw.


Umat Islam di sebuah negara dipersatukan dengan wilayahnya. Umat Islam di suatu kawasan dipersatukan dengan budaya dan bahasanya. Dan, umat Islam di seluruh dunia dipersatukan dengan keimanannya kepada Alloh Swt. Oleh karena itu, penting untuk kita untuk senantiasa menyadari persaudaraan sesama muslim. Sehingga manakala sebagian kaum muslimin sedang dizholimi atau sedang berada dalam kesempitan dan kesulitan, maka sebagian muslim yang lain antusias untuk meringankan bebannya.

BACA JUGA:  Ustadz Firanda: Radikalisme dan Terorisme Itu Salah Kaprah Memahami Agama

Adakalanya kita merasa punya keterbatasan untuk membantu sesama muslim, yang boleh jadi disebabkan kesibukan kita, atau disebabkan jarak yang jauh. Memang tidak setiap kita bisa membantu secara langsung, misalnya dengan datang langsung ke lokasi di mana saudara kita sedang ditimpa kesulitan. Akantetapi, bukankah banyak saudara kita yang lain yang memiliki peran berbeda dengan kita, yaitu mereka yang episodenya sedang memungkinkan untuk menjadi perantara, penyambung antara kita dengan saudara kita yang sedang mengalami kesulitan.

Semangat berbagi peran, semangat saling mengisi, bersinergi, bekerjasama perlu terus kita gelorakan untuk mengeratkan ukhuwah islamiyyah. Jangan sampai terjadi sikap tidak peduli, sikap acuh terhadap penderitaan sesama muslim. Karena ciri dari keimanan kita kepada Alloh Swt. adalah tercermin dalam rasa empati dan persaudaraan kita kepada sesama muslim. Semoga semakin bertambahnya hari, rasa persaudaraan di antara sesama umat Islam semakin kokoh. Aamiin yaa Robbal’aalamiin.

*) Pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Apakah Anda Penyandang Diabetes Mellitus? Begini Cara Mengetahuinya

Diabetes Mellitus adalah penyakit yang tinggi jumlah pengidapnya. Setiap orang dapat terkena Diabetes. Tapi tahukah anda cara mengetahuinya?

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Serangan Jantung, Tidak Hanya Disebabkan Oleh Kolesterol

Kolesterol yang tinggi memang penting sebagai faktor risiko, penyebab serangan jantung, tapi perlu diketahui bahwa kolesterol tidak berdiri sendiri, ada faktor risiko lain.

Enam Pilar Kemerdekaan Ekonomi Bangsa

Walaupun telah merdeka secara politik sejak tahun 1945, akan tetapi RI masih terus tergantung produk perusahaan-perusahaan asing hingga saat ini. Mulai dari bangun pagi ke bangun pagi berikutnya kita menggunakan dan mengkonsumsi produk-produk perusahaan asing.

Terpilih Sebagai Ketua Kadin Surabaya, Ali Affandi: Tantangan ke Depan Sangat Komplek

Menurut putra pertama Ketua Kadin Jatim La Nyalla Mattaliti ini, tantangan Surabaya kedepan sangat komplek. Terlebih JP Morgan mengatakan bahwa pada tahun 2020 akan terjadi krisis global. Untuk itu, katanya, Surabaya harus menguatkan diri dan membentengi para pengusaha agar tetap berdaya dan berjaya.

Tegaskan NasDem Tidak Minta-Minta Jatah Menteri, Paloh: Jika Diperlukan Boleh

"Kami tidak pernah minta-minta menteri, tergantung presiden saja; diperlukan NasBem boleh, tidak diperlukan juga tidak apa-apa," kata Paloh

Tidak Terbukti Ada Penggelembungan Suara Pileg 2019, MK Tolak Permohonan PKS

Dalam pertimbangan hukum yang dibacakan oleh Hakim Konstitusi Wahiduddin Adams, Mahkamah menyatakan dalil pemohon terkait tuduhan pengurangan suara bagi PKS dan penambahan suara bagi Partai Bulan Bintang (PBB) tidak benar.

Kongres V PDIP: Dihadapan Pimpinan Parpol, Mega Isyaratkan Puan Harus Jadi Ketua DPR RI

Mega mengisyaratkan kursi Ketua DPR RI akan diduduki oleh putrinya yang kini menjabat Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Soal Impor Rektor, KSP: Yang Dimaksud Adalah Berkualifikasi Internasional Bukan Harus Asing

Deputi II Kantor Staf Presiden (KSP) Yanuar Nugroho menjelaskan, wacana pemerintah tersebut sebenarnya berkaitan dengan kualifikasinya berskala internasional, bukan soal kewarganegaraannya.

Tidak Terbukti Ada Penggelembungan Suara Pileg 2019, MK Tolak Permohonan PKS

Dalam pertimbangan hukum yang dibacakan oleh Hakim Konstitusi Wahiduddin Adams, Mahkamah menyatakan dalil pemohon terkait tuduhan pengurangan suara bagi PKS dan penambahan suara bagi Partai Bulan Bintang (PBB) tidak benar.

Dewan Pers Ingatkan Media untuk Terus Kawal Janji Politik Yang Dilontarkan Pada Pemilu 2019

Menjelang Pemilu 2019 media sibuk membahas tentang persoalan pemilu, namun setelah pemilu media seakan-akan diam.

Nilai Tidak Etis Parpol Pengusung Prabowo Gabung Pemerintah, Begini Kata Pakar Hukum Tata Negara

Saat Pilpres 2019 saling rebut kekuasaan, lantas saat kalah bergabung ke yang menang. Tidak Etis. Kata pakar HKTN ini.

Terbukti Langgar Kode Etik Saat Pemilu 2019, DKPP Copot Ketua KPU Sumut

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut), Yulhasni diberi peringatan keras dan dicopot dari jabatannya oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI.

TERPOPULER