Rasa Bersaudara

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Melihat, Maha Mendengar lagi Maha Menyaksikan, mengumpulkan kita di akhirat bersama orang-orang sholih, para sahabat dan bersama Rosululloh Saw. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, “Sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan bertawakallah kepada Alloh, supaya kamu mendapat rohmat.” (QS. Al Hujurot [49] : 10)

Saudaraku, umat Islam adalah umat yang sangat besar, dan takdir Alloh Indonesia menjadi rumah dengan penghuni kaum muslimin terbesar di dunia. Maasyaa Alloh. Umat yang besar ini tentu saja di dalamnya terdiri dari berbagai macam tipe orang, berbagai macam keinginan, minat, cita-cita, karakter, kebiasaan, profesi dan lain sebagainya. Akantetapi, di atas semua itu, umat yang besar ini memiliki satu kesamaan yaitu kesamaan akidah, hanya menyembah Alloh Swt. dan mengikuti Rosululloh Saw.

Umat Islam di sebuah negara dipersatukan dengan wilayahnya. Umat Islam di suatu kawasan dipersatukan dengan budaya dan bahasanya. Dan, umat Islam di seluruh dunia dipersatukan dengan keimanannya kepada Alloh Swt. Oleh karena itu, penting untuk kita untuk senantiasa menyadari persaudaraan sesama muslim. Sehingga manakala sebagian kaum muslimin sedang dizholimi atau sedang berada dalam kesempitan dan kesulitan, maka sebagian muslim yang lain antusias untuk meringankan bebannya.

Adakalanya kita merasa punya keterbatasan untuk membantu sesama muslim, yang boleh jadi disebabkan kesibukan kita, atau disebabkan jarak yang jauh. Memang tidak setiap kita bisa membantu secara langsung, misalnya dengan datang langsung ke lokasi di mana saudara kita sedang ditimpa kesulitan. Akantetapi, bukankah banyak saudara kita yang lain yang memiliki peran berbeda dengan kita, yaitu mereka yang episodenya sedang memungkinkan untuk menjadi perantara, penyambung antara kita dengan saudara kita yang sedang mengalami kesulitan.

Semangat berbagi peran, semangat saling mengisi, bersinergi, bekerjasama perlu terus kita gelorakan untuk mengeratkan ukhuwah islamiyyah. Jangan sampai terjadi sikap tidak peduli, sikap acuh terhadap penderitaan sesama muslim. Karena ciri dari keimanan kita kepada Alloh Swt. adalah tercermin dalam rasa empati dan persaudaraan kita kepada sesama muslim. Semoga semakin bertambahnya hari, rasa persaudaraan di antara sesama umat Islam semakin kokoh. Aamiin yaa Robbal’aalamiin.

*) Pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

TERPOPULER

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

close