Rasa Bersaudara

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Melihat, Maha Mendengar lagi Maha Menyaksikan, mengumpulkan kita di akhirat bersama orang-orang sholih, para sahabat dan bersama Rosululloh Saw. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Alloh Swt. berfirman, “Sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan bertawakallah kepada Alloh, supaya kamu mendapat rohmat.” (QS. Al Hujurot [49] : 10)

Saudaraku, umat Islam adalah umat yang sangat besar, dan takdir Alloh Indonesia menjadi rumah dengan penghuni kaum muslimin terbesar di dunia. Maasyaa Alloh. Umat yang besar ini tentu saja di dalamnya terdiri dari berbagai macam tipe orang, berbagai macam keinginan, minat, cita-cita, karakter, kebiasaan, profesi dan lain sebagainya. Akantetapi, di atas semua itu, umat yang besar ini memiliki satu kesamaan yaitu kesamaan akidah, hanya menyembah Alloh Swt. dan mengikuti Rosululloh Saw.

Umat Islam di sebuah negara dipersatukan dengan wilayahnya. Umat Islam di suatu kawasan dipersatukan dengan budaya dan bahasanya. Dan, umat Islam di seluruh dunia dipersatukan dengan keimanannya kepada Alloh Swt. Oleh karena itu, penting untuk kita untuk senantiasa menyadari persaudaraan sesama muslim. Sehingga manakala sebagian kaum muslimin sedang dizholimi atau sedang berada dalam kesempitan dan kesulitan, maka sebagian muslim yang lain antusias untuk meringankan bebannya.

Adakalanya kita merasa punya keterbatasan untuk membantu sesama muslim, yang boleh jadi disebabkan kesibukan kita, atau disebabkan jarak yang jauh. Memang tidak setiap kita bisa membantu secara langsung, misalnya dengan datang langsung ke lokasi di mana saudara kita sedang ditimpa kesulitan. Akantetapi, bukankah banyak saudara kita yang lain yang memiliki peran berbeda dengan kita, yaitu mereka yang episodenya sedang memungkinkan untuk menjadi perantara, penyambung antara kita dengan saudara kita yang sedang mengalami kesulitan.

Semangat berbagi peran, semangat saling mengisi, bersinergi, bekerjasama perlu terus kita gelorakan untuk mengeratkan ukhuwah islamiyyah. Jangan sampai terjadi sikap tidak peduli, sikap acuh terhadap penderitaan sesama muslim. Karena ciri dari keimanan kita kepada Alloh Swt. adalah tercermin dalam rasa empati dan persaudaraan kita kepada sesama muslim. Semoga semakin bertambahnya hari, rasa persaudaraan di antara sesama umat Islam semakin kokoh. Aamiin yaa Robbal’aalamiin.

*) Pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Bukan Hoaks, Paket Internet 10GB Hanya Rp10 dari Telkomsel Untuk Pelajar

PT Telkomsel kembali meluncurkan paket data internet sangat murah untuk pelajar Indonesia yang sedang memjalani proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Paket internet yang diberi nama Kuota Belajar 10GB, bisa didapatkan hanya seharga Rp10 (sepuluh rupiah).

TERPOPULER