Saksikan Video Berbau SARA, Pemilik Akun Ini Tabayyun Langsung ke Ustadz Somad

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Salah satu video yang berisi potongan ceramah ustadz Abdul Somad viral di sosial media. Dalam video tersebut terlihat ustadz Abdul Somad menjawab pertanyaan tentang godaan syaitan kepada ummat Muslim, yang kemudian menyebut salah satu etnis yang ada di Indonesia.

Seorang pemilik akun facebook dengan nama Ardyawan Halley, menilai jawaban ustadz Somad tersebut berbau provokasi SARA dan ada unsur kebencian yang dirasakan kepada etnis tertentu.

Walau sangat keberatan dengan pernyataan di video tersebut dan membuatnya dongkol, Helley yang beretnis Tionghoa tidak lantas ikut menyebarkan video tersebut dan menghakimi ustadz Somad. Namun Halley berusaha tabayyun dengan langsung bertanya ke ustadz Abdul Somad.

“Pak ustad, saya mau tabayun nih (saya wni ket cina,kristen). Jujur saya ada dengki sama bapak ustad, karena saya di share video di mana di video itu isinya pak ustad ini bicara ‘saya ga pernah liat orang cina kerasukan setan’ dan ‘sesama setan dilarang saling mengganggu’ coba ustad jelaskan kepada saya dan publik, apa maksud ucapan ustad,” tulis Halley berkomentar disalah satu status fanspage ustadz Abdul Somad, Jumat (22/12).


Warganet yang membaca status Halley menyarankan untuk menghubungi langsung ustadz Somad ke kontak yang tersedia.

Merespon saran warganet, Halley langsung mengirimkan pertanyaan yang sama ke WA milik ustadz Somad. Dan tanpa ia sangka langsung dalam waktu yang tak terlalu lama, dijawab oleh Ustadz Somad.

“Selamat sore. 1. Harap melihat video utuh saya di channel tafaqquh. Bukan yang potong-potong oleh cyber crime (pihak-pihak penyebar hoax, red). 2. Bagaimana mungkin saya anti cina. Sampai kemarin saya tukar uang di money changer cina. Buat cincin di toko cina langganan saya. Dari kecil bertetangga dengan cina. Di SD sekelas dengan cina,” jawab ustadz Somad lewat WA nya kepada Halley, yang dishare Halley di akun facebooknya, Jumat (22/12).

Halley merasa tersentuh dengan tanggapan ustadz Somad tersebut dan kemudian menulis di statusnya, apa yang telah ia lakukan untuk mengkonfirmasi kebenaran video tersebut.

“Jadi kemaren gua cari contact dia, dan gua WA langsung ke ybs, dan dibalas. Dan ternyata beliau nggak rasis. Beliau juga ternyata sama kaya kita-kita gini. Bergaul juga sama antar etnis,” ungkap Halley di akunnya.

Hingga berita ini diturunkan, apa yang dilakukan Halley mendapat apresiasi warganet tidak hanya teman-temannya di akun tersebut, juga warganet yang membaca komennya distatus fanspage ustadz Somad ikut mengapresiasi tabayyun yang dilakukan Halley.

Status Halley tersebut telah disebarkan sebanyak 26 kali dan dikomentari puluhan warganet yang mengapresiasi tindakannya. (ARif R/Hrn)

KONSULTASI

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?
Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Ibu Muda Ini Sudah Harus Cuci Darah, Inilah Penyebabnya

Usia masih muda, tapi wanita ini sudah harus menjalani cuci darah rutin. Apa penyebabnya? simak penjelasan dr. Irsyal Rusad., dokter spesialis penyakit dalam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Baca Juga

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?

Jokowi, Propaganda Rusia dan Rand Corporation

Penggunaan istilah Propaganda Rusia ini menjadi masalah besar sebab dalam kapasitas apa Jokowi menyatakan hal tersebut? Apakah sebagai Presiden Republik Indonesia atau sebatas calon presiden (Capres)?

Dampak Tiket Mahal, Bandara Soetta pun Sepi dan Pedagang Mulai Was-Was

Harga tiket melambung, Bandara Soekarno Hatta pun sepi. Pedagang was was...

Bertemu dengan Sandiaga, Inilah Harapan dan Curhat Peternak Sapi di Pasuruan

Berharap Sandi jadi Wapres, peternak sapi pasuruan curhat persoalannya.

Pantai Losari, Pusat Kuliner Khas Warga Bugis-Makassar

Jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa mampir ke restoran terpanjang di Indonesia. Apa itu, simak laporan SERUJI

Inilah Lokasi Coto Terenak di Kota Makassar

Lokasi coto terenak di Kota Makassar... catat jika anda berkunjung ke Kota Daeng ini.

Melancong ke Kota Daeng, Jangan Lupa Coto Makassar

Jalan-jalan ke Makassar belum lengkap jika belum cicipi keenakan coto Makassar. Catat inilah lokasinya.

Pengamat Nilai Panggung Debat Kedua Milik Jokowi, Begini Alasannya

Pengamat menilai panggung debat kedua milik Jokowi. Benarkah?

Bertemu dengan Sandiaga, Inilah Harapan dan Curhat Peternak Sapi di Pasuruan

Berharap Sandi jadi Wapres, peternak sapi pasuruan curhat persoalannya.

Pengamat Nilai Panggung Debat Kedua Milik Jokowi, Begini Alasannya

Pengamat menilai panggung debat kedua milik Jokowi. Benarkah?

Dua Relawan Jokowi-KH Ma’ruf Jadi Korban Ledakan Nobar Debat

TKN Jokowi-Ma'ruf menjenguk dua korban ledakan yang terjadi di area debat calon presiden (capres) yang dirawat di RSAL Dr. Mintohardjo.

Jokowi Klaim Dalam 4,5 Tahun Tak Ada Konflik Pembebasan Lahan, Tapi Data Berkata Sebaliknya

Jokowi klaim sudah tidak ada konflik terkait pembebasan lahan dalam proyek infrastruktur. Namun data yang ditemukan SERUJI berbeda...

TERPOPULER