Saksikan Video Berbau SARA, Pemilik Akun Ini Tabayyun Langsung ke Ustadz Somad

0
9189
Ardyawan Halley. (foto:FB)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Salah satu video yang berisi potongan ceramah ustadz Abdul Somad viral di sosial media. Dalam video tersebut terlihat ustadz Abdul Somad menjawab pertanyaan tentang godaan syaitan kepada ummat Muslim, yang kemudian menyebut salah satu etnis yang ada di Indonesia.

Seorang pemilik akun facebook dengan nama Ardyawan Halley, menilai jawaban ustadz Somad tersebut berbau provokasi SARA dan ada unsur kebencian yang dirasakan kepada etnis tertentu.

Walau sangat keberatan dengan pernyataan di video tersebut dan membuatnya dongkol, Helley yang beretnis Tionghoa tidak lantas ikut menyebarkan video tersebut dan menghakimi ustadz Somad. Namun Halley berusaha tabayyun dengan langsung bertanya ke ustadz Abdul Somad.

“Pak ustad, saya mau tabayun nih (saya wni ket cina,kristen). Jujur saya ada dengki sama bapak ustad, karena saya di share video di mana di video itu isinya pak ustad ini bicara ‘saya ga pernah liat orang cina kerasukan setan’ dan ‘sesama setan dilarang saling mengganggu’ coba ustad jelaskan kepada saya dan publik, apa maksud ucapan ustad,” tulis Halley berkomentar disalah satu status fanspage ustadz Abdul Somad, Jumat (22/12).

Warganet yang membaca status Halley menyarankan untuk menghubungi langsung ustadz Somad ke kontak yang tersedia.

Merespon saran warganet, Halley langsung mengirimkan pertanyaan yang sama ke WA milik ustadz Somad. Dan tanpa ia sangka langsung dalam waktu yang tak terlalu lama, dijawab oleh Ustadz Somad.

“Selamat sore. 1. Harap melihat video utuh saya di channel tafaqquh. Bukan yang potong-potong oleh cyber crime (pihak-pihak penyebar hoax, red). 2. Bagaimana mungkin saya anti cina. Sampai kemarin saya tukar uang di money changer cina. Buat cincin di toko cina langganan saya. Dari kecil bertetangga dengan cina. Di SD sekelas dengan cina,” jawab ustadz Somad lewat WA nya kepada Halley, yang dishare Halley di akun facebooknya, Jumat (22/12).

Halley merasa tersentuh dengan tanggapan ustadz Somad tersebut dan kemudian menulis di statusnya, apa yang telah ia lakukan untuk mengkonfirmasi kebenaran video tersebut.

“Jadi kemaren gua cari contact dia, dan gua WA langsung ke ybs, dan dibalas. Dan ternyata beliau nggak rasis. Beliau juga ternyata sama kaya kita-kita gini. Bergaul juga sama antar etnis,” ungkap Halley di akunnya.

Hingga berita ini diturunkan, apa yang dilakukan Halley mendapat apresiasi warganet tidak hanya teman-temannya di akun tersebut, juga warganet yang membaca komennya distatus fanspage ustadz Somad ikut mengapresiasi tabayyun yang dilakukan Halley.

Status Halley tersebut telah disebarkan sebanyak 26 kali dan dikomentari puluhan warganet yang mengapresiasi tindakannya. (ARif R/Hrn)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama