GMKM Banten dan Republika akan Gelar Pelatihan Jurnalistik

TANGERANG SELATAN – Salah satu kepengurusan Gerakan Gotong Royong Muslim Kuasai Media (GMKM) di daerah, yaitu Pengda GMKM Banten telah menjalin kerja sama dengan redaksi Republika untuk menggelar pelatihan jurnalistik. Acara ini akan diselenggarakan pada hari Sabtu-Ahad, 25-26 Februari 2017 di Wisma Tamu Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan.

Gerakan Gotong Royong Muslim Kuasai Media (GMKM) adalah sebuah gerakan yang bertujuan agar muslim yang mayoritas di Indonesia dapat menguasai media melalui kesadaran memilih media yang layak dikonsumsi (media literacy) dan kepemilikan atas media (media ownership).

Gerakan ini mempunyai kepengurusan daerah yang tersebar di banyak provinsi di Indonesia. Melalui GMKM inilah kemudian lahir Koperasi Swamedia Mitra Bangsa (KSMB), dengan salah satu unit usaha Kantor Berita Umat SERUJI.

Menurut Ketua Pengda GMKM Banten Haerul Umam, yang juga sebagai ketua penyelenggara pelatihan jurnalistik, sasaran yang akan dicapai pada kegiatan ini adalah agar nantinya lahir banyak jurnalis atau kontributor daerah yang bisa memberikan liputan atau reportase kepada media SERUJI. “Sehingga SERUJI dapat menayangkan berita-berita terkini di berbagai daerah,” katanya.

Ketika ditanya materi apa saja yang akan disampaikan dalam pelatihan ini, Haerul Umam menjelaskan bahwa peserta pelatihan akan belajar bagaimana mampu memotret dan mencari sumber berita yang efektif. Juga, bagaimana teknik peliputan dan teknik wawancara, bagaimana menguasai trik menulis berita dan fitur dari sudut pandang yang menarik dan memenuhi kaidah jurnalistik, serta memahami tentang framming berita.

Selain peserta memperoleh ilmu-ilmu tersebut, mereka juga mendapatkan sertifikat pelatihan sebagai bukti bahwa yang bersangkutan sudah pernah mengikuti pelatihan jurnalis. Pelatihan ini terbuka untuk seluruh anggota Koperasi Swamedia Mitra Bangsa dan anggota pengda-pengda GMKM di Indonesia. Yang tertarik dengan kegiatan ini bisa menghubungi Raditya Ferry Irawan (083898858848) dan Nida (087885274959). Pendaftaran ditutup tanggal 23 Februari 2017.

EDITOR: Rizky

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.