GMKM Banten dan Republika akan Gelar Pelatihan Jurnalistik

TANGERANG SELATAN – Salah satu kepengurusan Gerakan Gotong Royong Muslim Kuasai Media (GMKM) di daerah, yaitu Pengda GMKM Banten telah menjalin kerja sama dengan redaksi Republika untuk menggelar pelatihan jurnalistik. Acara ini akan diselenggarakan pada hari Sabtu-Ahad, 25-26 Februari 2017 di Wisma Tamu Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan.

Gerakan Gotong Royong Muslim Kuasai Media (GMKM) adalah sebuah gerakan yang bertujuan agar muslim yang mayoritas di Indonesia dapat menguasai media melalui kesadaran memilih media yang layak dikonsumsi (media literacy) dan kepemilikan atas media (media ownership).

Gerakan ini mempunyai kepengurusan daerah yang tersebar di banyak provinsi di Indonesia. Melalui GMKM inilah kemudian lahir Koperasi Swamedia Mitra Bangsa (KSMB), dengan salah satu unit usaha Kantor Berita Umat SERUJI.

Menurut Ketua Pengda GMKM Banten Haerul Umam, yang juga sebagai ketua penyelenggara pelatihan jurnalistik, sasaran yang akan dicapai pada kegiatan ini adalah agar nantinya lahir banyak jurnalis atau kontributor daerah yang bisa memberikan liputan atau reportase kepada media SERUJI. “Sehingga SERUJI dapat menayangkan berita-berita terkini di berbagai daerah,” katanya.

Ketika ditanya materi apa saja yang akan disampaikan dalam pelatihan ini, Haerul Umam menjelaskan bahwa peserta pelatihan akan belajar bagaimana mampu memotret dan mencari sumber berita yang efektif. Juga, bagaimana teknik peliputan dan teknik wawancara, bagaimana menguasai trik menulis berita dan fitur dari sudut pandang yang menarik dan memenuhi kaidah jurnalistik, serta memahami tentang framming berita.

Selain peserta memperoleh ilmu-ilmu tersebut, mereka juga mendapatkan sertifikat pelatihan sebagai bukti bahwa yang bersangkutan sudah pernah mengikuti pelatihan jurnalis. Pelatihan ini terbuka untuk seluruh anggota Koperasi Swamedia Mitra Bangsa dan anggota pengda-pengda GMKM di Indonesia. Yang tertarik dengan kegiatan ini bisa menghubungi Raditya Ferry Irawan (083898858848) dan Nida (087885274959). Pendaftaran ditutup tanggal 23 Februari 2017.

EDITOR: Rizky

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Ahmad Dhani The Warrior

Jika John Lennon mampu menciptakan "protest song" seperti "Give peace a chance" atau "imagine", tanpa penderitaan di penjara, maka Dhani akan mampu lebih hebat dari Lennon. Maksudnya, dia selain penggubah lagu/syair dan penyanyi, akan sekaligus menjadi sang pejuang. Ahmad Dhani The Warrior.

Kalimantan, Tumpuan Indonesia ke Depan

Kalau ada orang orang memandang remeh Kalimantan, saya pastikan yang bersangkutan kurang banyak piknik di dalam negeri

Kolaborasi Jadi Kunci Perangi Disinformasi dalam Konten Digital

Asosiasi Media Siber Indonesia Jawa Timur (AMSI) Jatim berkolaborasi dengan Polda Jawa Timur, Pemprov Jatim dan Kodam V/Brawijaya berupaya bersama-sama memerangi hoaks melalui stakeholders meeting

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

TERPOPULER