Muhammadiyah Apresiasi Masterplan Ekonomi Syariah Yang Diluncurkan Presiden Jokowi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Anwar Abbas mengapresiasi peluncuran Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia (MEKSI) 2019-2024 yang dilakukan Presiden Jokowi di Jakarta pada Selasa (14/5).

Anwar kepada wartawan di Jakarta, Selasa (14/5), mengatakan masterplan itu memiliki tujuan yang baik untuk pemerataan kesejahteraan.

“Sehingga daya beli masyarakat kita akan semakin meningkat dan ini tentu saja akan sangat baik,” kata Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini.

Menurut Anwar, masterplan juga bertujuan memicu tumbuh dan kembang ekonomi di tengah masyarakat.

“Ini penting bagi kita karena dengan adanya mobilitas vertikal ini tentu diharapkan bentuk dan struktur kesejahteraan masyarakat kita yang tadinya seperti piramid akan berubah menjadi seperti belah ketupat,” katanya.

Secara ideal, katanya, iktikad politik dan tindakan nyata pemerintah dan regulator memang harus memperhatikan pertumbuhan usaha mikro kecil menengah (UMKM), terutama dari sektor keuangan.

Anwar mengatakan di sektor keuangan dunia perbankan cenderung berpihak kepada usaha besar yang jumlahnya hanya 0,01 persen.

“Ini terlihat dari jumlah pembiayaan yang dikucurkan kepada mereka oleh dunia perbankan yang besarnya sekitar 80 persen sementara UMKM yang jumlahnya 99,99 persen dari total pelaku usaha yang ada di negeri ini hanya mendapatkan porsi pembiayaan yang sangat rendah atau kecil yaitu sekitar 20 persen,” ujarnya.

Menurut Anwar, keadaan itu memprihatinkan karena dampak dari keadaan itu dalam jangka menengah dan panjang akan menimbulkan kesenjangan semakin tajam antara usaha besar dan UMKM.

“Untuk itulah peluncuran Masterplan Ekonomi Syariah ini dapat memberikan jawaban dan solusi sehingga ekonomi nasional akan tumbuh dan berkembang ke arah yang lebih berkeadilan yang mendukung bagi terciptanya kebersamaan diantara anak bangsa,” katanya.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Menggugat Kepedulian Mahasiswa Atas Nasib Bangsa

Publik saat ini bertanya-tanya, apakah Mahasiswa Indonesia dan juga Organisasi Mahasiswa terutama yang bersifat eksternal kampus seperti HMI, GMKI, GMNI,PMKRI, PMII, IMM, KAMMI dan berbagai Ormawa lainnya masih ada?

Promo Miras Holywings, Fahira: Ini Provokasi bukan Promosi

SERUJI.CO.ID - Anggota DPD RI yang juga Senator DKI...

Demo Penghina Nabi di India, Dua Remaja Tewas

SERUJI.CO.ID - Dua remaja Muslim tewas dalam kekerasan di...

Syafii Maarif dan Isu Perbudakan Spiritual

Bagi saya mendewa-dewakan mereka yang mengaku keturunan Nabi adalah bentuk perbudakan spiritual.

Innalillahi, Kembali Indonesia Berduka Guru Bangsa Buya Syafii Maarif Berpulang

Kabar duka kembali menyelimuti bangsa Indonesia dengan berpulangnya guru bangsa Buya Syafii Maarif pada hari hari ini, Jumat 27 Mei 2022.

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Segarkan Wajah dengan A I U E O