Ayah… Jalinlah Kedekatan dengan Putri Pra Remajamu

Menjadi orang tua yang bertanggung jawab dan faham akan peran dan fungsinya sebagai orang tua bukanlah hal yang mudah dijalankan. Dalam kehidupan di era digital seperti sekarang ini tantangan yang dihadapi anak-anak semakin banyak dengan jenis yang semakin beragam.

Bagi ayah sangat penting sekali menjalin kedekatan dengan putrinya yang berusia pra remaja (6-14 tahun). Demikian tutur Rabiah Al Adawiyah dalam talkshow parenting di warung klopo steak Sukoharjo, Jateng pada hari Jumat 14 April 2017 yang mengangkat tema anakku sahabatku.

“Mulai anak berumur 6 tahun sebaiknya ayah segera cari perhatian untuk merebut hati putrinya. Perlakukan putrimu dengan penuh kelembutan, jangan segan untuk memangku, memeluk, memberikan kecupan sayang agar putrimu bisa merasakan kehadiran sosok lelaki yang memberinya perhatian penuh. Sehingga anak tidak haus akan belaian kasih sayang dari lawan jenis”. ungkap ibu dari 5 anak ini lebih lanjut.

Aktifis yang peduli perempuan dan anak ini juga menyarankan agar ayah jangan pelit memberikan pujian, “anakku kamu cantik sekali, putri cantikku yang pintar, kau adalah anak kebanggaan ayah” dan lain sebagainya. Pujian ini diperlukan supaya anak merasakan eksistensi dirinya dan kelak tidak mudah tergoda oleh pujian lelaki lain.

Ditengah kesibukan dalam rangka mencari nafkah, ayah tetap harus meluangkan waktu untuk mendengarkan curahan hati sang putri. mendengarkan dan memberi masukan maupun kritikan, seperti seorang sahabat.

Hadapi dengan wajar bila ada pertanyaan putrimu mengenai ketertarikan dengan lawan jenis, karena memang itu sesuatu yang fitroh. Jawab saja bahwa itulah yang disebut suka tapi bukan cinta. Suka cukup disimpan di dalam hati, tidak perlu diungkapkan kepada yang bersangkutan dan tidak perlu ditunjukkan dengan perbuatan. Lelaki yang mencintaimu adalah lelaki yang datang kepada ibu bapakmu untuk meminangmu, cinta hanya ada didalam pernikahan.

Jalinan kedekatan antara anak dan ayah ini penting sekali agar ayah menjadi sosok lelaki pertama yang di idolakan anaknya. Anak pra remaja yang tidak dekat dengan ayahnya akan mengalami masa pubertas lebih dini. Akan mudah tertipu daya oleh lelaki gombal di pergaulan pada saat menginjak masa remaja dan masa selanjutnya.

 

EDITOR: Iwan S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Refleksi Akhir Tahun Pendidikan

Persekolahan tidak pernah dirancang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Najmul Akhyar

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Mengenal Perbedaan Suku Baduy Dalam dan Suku Baduy Luar Beserta Hal Menarik Lainnya

Salah satu suku di Indonesia yang cukup unik karena konsistensinya menjaga alam dan memegang teguh adat istiadat.