MAN 1 Kota Malang Juara Umum Lomba Procommit NG-7 ITS

0
344
  • 12
    Shares
MAN 1 Kota Malang
Juara Umum Lomba Prommit NG-7 diraih oleh MAN 1 Kota Malang. (Foto: Firman A/SERUJI)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Sekolah MAN 1 Kota Malang berhasil meraih prestasi di tingkat Jawa Timur dengan mendapatkan beberapa kejuaraan dalam ajang Procommit NG-7 yang dilaksanakan Institut Teknologi Surabaya (ITS) Surabaya, pada Sabtu (25/11).

Prodistik Competition in IT New Generation (Procommit NG) merupakan ajang lomba yang diperuntukkan bagi sekolah-sekolah dalam binaan ITS Surabaya yang tergabung dalam Program Pendidikan Terapan Bidang TIK (Prodistik). Prodistik ITS Surabaya rutin mengelar lomba setiap tahunnya bagi mitra binaan prodistiknya.

“Pemenang lomba Procommit tahun ini di berbagai kejuaraan, merata pada beberapa sekolah. Dan sebagai Juara Umum diraih sekolah MAN 1 Kota Malang dengan perolehan 1 emas dan 2 perak,” ujar Ketua Panitia Procommit NG-7 Zainul Asrori, kepada SERUJI, Senin (25/11).

Di ajang Procommit NG-7 yang bertajuk “Toward Digital Creative”, tim dari MAN 1 Kota Malang berhasil menyabet beberapa kejuaraan, diantaranya Juara 1 Video Animasi, Juara 2 Film Pendek, Juara 2 Desain Poster. Kemudian salah satu siswanya bernama M. Naufal As Syauqi dinobatkan sebagai Aktor Terbaik Film Pendek.

Dia mengatakan, kategori yang dilombakan pada tahun ada sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Semuanya ada enam jenis lombà, yaitu lomba film pendek, android programming, excel programming, video animasi, desain poster, dan robot cerdas,” jelasnya.

MAN 2 Situbondo
Juara 1 Lomba Robot Cerdas, MAN 2 Situbondo, dan mendapatkan penghargaaan Best Programming di Procommit NG-7, pada Sabtu (25/11/2017). (Foto: Firman A/SERUJI)

Dia mengungkapkan, Procommit NG-7 kali ini berbeda dari penyelenggaraan Procommit-Procommit sebelumnya. Pada tahun-tahun sebelumnya, peserta harus bayar untuk mengikuti lomba, dan peminatnya selalu melimpah.

“Sedangkan pada tahun ini, peserta free alias tidak ada pembayaran pendaftaran, tetapi jumlah peserta yang diundang ke ITS dibatasi lebih ketat, namun tetap memperhatikan keterwakilan sekolah,” ungkapnya.

Dijelaskannya, total peserta lomba ada 499 siswa, dengan guru pendamping sebanyak 165 orang.

“Dari 33 mitra prodistik, hanya SMK Kulon Progo yang tidak ikut, karena baru bergabung 2 bulan yang lalu,” jelasnya.

“Event tahunan ini sebagai wahana silatutahim bagi mitra prodistik, baik siswa MAN/SMA maupun pembinanya. Sekaligus ajang sportivitas bagi siswa sehingga terbentuk karakter unggul,” pungkasnya.

Informasi yang diterima SERUJI, berikut para juara 1 berdasarkan kategori lomba. Lomba Film Pendek dijuarai oleh MA Zainul Hasan 1 Genggong, Lomba Pemrograman Android diraih oleh MAN Denanyar, Lomba Pemrograman Excel oleh MAN 3 Jember, Lomba Video Animasi oleh MAN 1 Kota Malang, Lomba Desain Poster oleh SMAN 2 Probolinggo, dan Lomba Robot Cerdas oleh MAN 2 Situbondo. (Firman A/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU