MAN 1 Kota Malang Juara Umum Lomba Procommit NG-7 ITS

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Sekolah MAN 1 Kota Malang berhasil meraih prestasi di tingkat Jawa Timur dengan mendapatkan beberapa kejuaraan dalam ajang Procommit NG-7 yang dilaksanakan Institut Teknologi Surabaya (ITS) Surabaya, pada Sabtu (25/11).

Prodistik Competition in IT New Generation (Procommit NG) merupakan ajang lomba yang diperuntukkan bagi sekolah-sekolah dalam binaan ITS Surabaya yang tergabung dalam Program Pendidikan Terapan Bidang TIK (Prodistik). Prodistik ITS Surabaya rutin mengelar lomba setiap tahunnya bagi mitra binaan prodistiknya.

“Pemenang lomba Procommit tahun ini di berbagai kejuaraan, merata pada beberapa sekolah. Dan sebagai Juara Umum diraih sekolah MAN 1 Kota Malang dengan perolehan 1 emas dan 2 perak,” ujar Ketua Panitia Procommit NG-7 Zainul Asrori, kepada SERUJI, Senin (25/11).

Di ajang Procommit NG-7 yang bertajuk “Toward Digital Creative”, tim dari MAN 1 Kota Malang berhasil menyabet beberapa kejuaraan, diantaranya Juara 1 Video Animasi, Juara 2 Film Pendek, Juara 2 Desain Poster. Kemudian salah satu siswanya bernama M. Naufal As Syauqi dinobatkan sebagai Aktor Terbaik Film Pendek.

Dia mengatakan, kategori yang dilombakan pada tahun ada sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Semuanya ada enam jenis lombà, yaitu lomba film pendek, android programming, excel programming, video animasi, desain poster, dan robot cerdas,” jelasnya.

MAN 2 Situbondo
Juara 1 Lomba Robot Cerdas, MAN 2 Situbondo, dan mendapatkan penghargaaan Best Programming di Procommit NG-7, pada Sabtu (25/11/2017). (Foto: Firman A/SERUJI)

Dia mengungkapkan, Procommit NG-7 kali ini berbeda dari penyelenggaraan Procommit-Procommit sebelumnya. Pada tahun-tahun sebelumnya, peserta harus bayar untuk mengikuti lomba, dan peminatnya selalu melimpah.

“Sedangkan pada tahun ini, peserta free alias tidak ada pembayaran pendaftaran, tetapi jumlah peserta yang diundang ke ITS dibatasi lebih ketat, namun tetap memperhatikan keterwakilan sekolah,” ungkapnya.

Dijelaskannya, total peserta lomba ada 499 siswa, dengan guru pendamping sebanyak 165 orang.

“Dari 33 mitra prodistik, hanya SMK Kulon Progo yang tidak ikut, karena baru bergabung 2 bulan yang lalu,” jelasnya.

“Event tahunan ini sebagai wahana silatutahim bagi mitra prodistik, baik siswa MAN/SMA maupun pembinanya. Sekaligus ajang sportivitas bagi siswa sehingga terbentuk karakter unggul,” pungkasnya.

Informasi yang diterima SERUJI, berikut para juara 1 berdasarkan kategori lomba. Lomba Film Pendek dijuarai oleh MA Zainul Hasan 1 Genggong, Lomba Pemrograman Android diraih oleh MAN Denanyar, Lomba Pemrograman Excel oleh MAN 3 Jember, Lomba Video Animasi oleh MAN 1 Kota Malang, Lomba Desain Poster oleh SMAN 2 Probolinggo, dan Lomba Robot Cerdas oleh MAN 2 Situbondo. (Firman A/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pendidikan Untuk Merdeka

Pada saat pemimpin Jepang sudah memvisikan sebuah masyarakat baru Society 5.0, apakah kita saat ini, sebagai bangsa, sebagai ummat, berada pada jalur yang benar menuju puncak kejayaan menjadi bangsa yang berdaulat, adil dan makmur, serta cerdas?

Penggratisan Suramadu: Memperdalam Kekeliruan Kebijakan Pemerintah

"Kebijakan ini dibangun di atas paradigma benua, bertentangan dengan paradigma kepulauan. Dalam paradigma benua, kapal bukan infrastruktur, tapi jalan dan jembatan. Kapal disamakan dengan truk dan bis," Prof Danie Rosyid.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER