close

MAN 1 Kota Malang Juara Umum Lomba Procommit NG-7 ITS

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Sekolah MAN 1 Kota Malang berhasil meraih prestasi di tingkat Jawa Timur dengan mendapatkan beberapa kejuaraan dalam ajang Procommit NG-7 yang dilaksanakan Institut Teknologi Surabaya (ITS) Surabaya, pada Sabtu (25/11).

Prodistik Competition in IT New Generation (Procommit NG) merupakan ajang lomba yang diperuntukkan bagi sekolah-sekolah dalam binaan ITS Surabaya yang tergabung dalam Program Pendidikan Terapan Bidang TIK (Prodistik). Prodistik ITS Surabaya rutin mengelar lomba setiap tahunnya bagi mitra binaan prodistiknya.

“Pemenang lomba Procommit tahun ini di berbagai kejuaraan, merata pada beberapa sekolah. Dan sebagai Juara Umum diraih sekolah MAN 1 Kota Malang dengan perolehan 1 emas dan 2 perak,” ujar Ketua Panitia Procommit NG-7 Zainul Asrori, kepada SERUJI, Senin (25/11).

Di ajang Procommit NG-7 yang bertajuk “Toward Digital Creative”, tim dari MAN 1 Kota Malang berhasil menyabet beberapa kejuaraan, diantaranya Juara 1 Video Animasi, Juara 2 Film Pendek, Juara 2 Desain Poster. Kemudian salah satu siswanya bernama M. Naufal As Syauqi dinobatkan sebagai Aktor Terbaik Film Pendek.


Dia mengatakan, kategori yang dilombakan pada tahun ada sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Semuanya ada enam jenis lombà, yaitu lomba film pendek, android programming, excel programming, video animasi, desain poster, dan robot cerdas,” jelasnya.

MAN 2 Situbondo
Juara 1 Lomba Robot Cerdas, MAN 2 Situbondo, dan mendapatkan penghargaaan Best Programming di Procommit NG-7, pada Sabtu (25/11/2017). (Foto: Firman A/SERUJI)

Dia mengungkapkan, Procommit NG-7 kali ini berbeda dari penyelenggaraan Procommit-Procommit sebelumnya. Pada tahun-tahun sebelumnya, peserta harus bayar untuk mengikuti lomba, dan peminatnya selalu melimpah.

“Sedangkan pada tahun ini, peserta free alias tidak ada pembayaran pendaftaran, tetapi jumlah peserta yang diundang ke ITS dibatasi lebih ketat, namun tetap memperhatikan keterwakilan sekolah,” ungkapnya.

Dijelaskannya, total peserta lomba ada 499 siswa, dengan guru pendamping sebanyak 165 orang.

“Dari 33 mitra prodistik, hanya SMK Kulon Progo yang tidak ikut, karena baru bergabung 2 bulan yang lalu,” jelasnya.

“Event tahunan ini sebagai wahana silatutahim bagi mitra prodistik, baik siswa MAN/SMA maupun pembinanya. Sekaligus ajang sportivitas bagi siswa sehingga terbentuk karakter unggul,” pungkasnya.

Informasi yang diterima SERUJI, berikut para juara 1 berdasarkan kategori lomba. Lomba Film Pendek dijuarai oleh MA Zainul Hasan 1 Genggong, Lomba Pemrograman Android diraih oleh MAN Denanyar, Lomba Pemrograman Excel oleh MAN 3 Jember, Lomba Video Animasi oleh MAN 1 Kota Malang, Lomba Desain Poster oleh SMAN 2 Probolinggo, dan Lomba Robot Cerdas oleh MAN 2 Situbondo. (Firman A/SU02)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

BPN Hormati Keputusan MK Memajukan Pembacaan Putusan Sengketa Pilpres 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menghormati...

Keputusan Sengketa Pilpres Dipercepat Pada Tanggal 27 Juni

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama...

PPDB Zonasi di Jakarta Akan Dilakukan Penyesuaian

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan...

Hindari Sinar-X, Sabu-Sabu Diselundupkan di Dalam Jok Mobil

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Penyelundup 15 kilogram (kg) sabu-sabu yang...

Bawaslu Kudus Persiapkan Data Untuk Hadapi Gugatan di MK

KUDUS, SERUJI.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus,...

Sikap Politik PAN Akan Dirujuk Dari Putusan MK

DEPOK, SERUJI.CO.ID - Sekjen PAN, Eddy Soeparno menyatakan putusan...

TERPOPULER