Tidak Ada Laporan Kasus Difteri di Solo

0
109
imunisasi
Ilustrasi imunisasi

SOLO, SERUJI.CO.ID – Kementerian Kesehatan mencatat sejumlah daerah melaporkan peningkatan kasus difteri, namun tidak ada laporan mengenai kasus ini di Kota Solo, Jawa Tengah. Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo memastikan Solo aman dari kasus difteri.

“Sudah lebih dari lima tahun yang lalu tidak ada laporan kasus difteri di Solo,” ungkap Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit DKK Solo Dwi Martyastuti, Kamis (7/12).

Namun demikian ia meminta masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan. Mengingat Provinsi Jawa Tengah menjadi salah satu dari 20 provinsi yang melaporkan kasus difteri.

Kewaspadaan dilakukan dengan memberikan imunisasi bagi anak. Imunisasi DPT diberikan pada anak sejak masih bayi. Imunisasi berlanjut ketika anak duduk di bangku sekolah.

“Imunisasi ini sangat penting bagi anak-anak untuk kekebalan,” beber dia. Lebih-lebih difteri rentan menyerang orang dengan kekebalan tubuh lemah, misalnya anak-anak.

Difteri merupakan penyakit saluran pernafasan yang dapat menular. Resiko tertinggi dari penyakit ini adalah kematian. Penyakit ini ditandai dengan demam, batuk atau pembengkakan di saluran nafas karena peradangan. (Vita Kurnia/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU