Penyakit Campak Dapat Menimbulkan Komplikasi yang Serius

Masyarakat sudah sangat familiar dengan nama penyakit ini, namun banyak yang belum faham tentang komplikasi dari penyakit ini. Padahal komplikasi penyakit ini bisa sangat serius bahkan mengancam jiwa.

Penyakit campak merupakan penyakit yang sangat mudah menular melalui udara yang tercemar oleh percikan batuk dari penderita campak. Setelah virus campak terhirup, selanjutnya virus tumbuh dan berkembang di bagian belakang tenggorokan dan paru-paru. Setelah 10-12 hari muncullah gejala berupa demam yang berlangsung 2-4 hari diikuti dengan batuk, pilek, serta mata merah dan berair.

Selain itu juga akan muncul ruam kemerahan yang berlangsung 5-6 hari di bagian wajah dan kepala, yang kemudian menyebar ke dada, perut, punggung, tangan dan kaki. Penularan penyakit bisa terjadi pada 4 hari sebelum munculnya ruam merah sampai dengan 4 hari setelah munculnya ruam.

Adapun komplikasi yang dapat terjadi pada penyakit campak yaitu:

1. Pada saluran pernafasan bisa menimbulkan bronkopneumonia maupun laringotrakeobronkitis. Kedua penyakit ini bisa berpotensi menimbulkan kematian.

2. Pada saluran pencernaan bisa menimbulkan diare yang dapat diikuti dehidrasi. Dehidrasi yang tidak segera ditangani bisa menimbulkan kematian.

3. Pada telinga bisa menimbulkan otitis media, yaitu peradangan pada telinga bagian tengah.

4. Pada susunan saraf pusat bisa menimbulkan:

a. Ensefalitis akut (radang otak), terjadi pad 0,01-0,1% kasus campak, gejalanya selain nyeri kepala didapatkan perubahan status mental yang muncul pada hari kedua sampai hari keenam setelah munculnya ruam, kebanyakan kasus bisa sembuh sendiri namun terdapat 15% kasus terjadi perburukan yang cepat dalam 24 jam yang berpotensi menimbulkan gejala sisa yang dapat berupa tuli, gangguan perkembangan, kelumpuhan, kejang yang kambuh-kambuhan.

b. Subacut sclerosing panencephalitis (SSPE), suatu proses degeneratif susunan saraf pusat yang disebabkan infeksi persisten virus campak, timbulnya beberapa tahun setelah infeksi (biasanya 7 tahun setelah menderita campak). Penderita mengalami perubahan tingkah laku, retardasi mental, kejang, gangguan motorik.

5. Pada mata bisa menimbulkan keratitis, yaitu radang pada kornea mata.

6. Komplikasi sistemik berupa septikemia karena infeksi bakteri sekunder. Kondisi septikemia berpotensi menimbulkan kematian.

Komplikasi tersebut di atas biasanya terjadi apabila campak diderita oleh anak dengan resiko tinggi, yaitu:
1. Usia dibawah 1 tahun.
2. Anak dengan status gizi buruk.
3. Anak tinggal di pemukiman dengan lingkungan yang padat dan kotor.
4. Anak yang mempunyai daya tahan tubuh rendah, misal penderita HIV.
5. Anak dengan defisiensi vitamin.

Di negara berkembang kematian bisa mencapai 1-3% kasus campak, apabila terjadi Kejadian Luar Biasa campak (KLB)* kematian bisa mencapai 5-15%.

Hal yang perlu disyukuri, penyakit campak merupakan salah satu Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I), pelayanan imunisasi campak bisa didapatkan gratis di seluruh Puskesmas di Indonesia.

*KLB adalah peristiwa merebaknya suatu wabah penyakit.

PENULIS: dr. Endang Sulistyowati
EDITOR: Iwan Y

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

Akhirnya, Dahnil Anzar Bergabung di Pemerintahan Jokowi Sebagai Staf Khusus Menteri Pertahanan

Dahnil yang dikenal sangat keras mengkritisi pemerintahan Presiden Jokowi sebelumnya, mengaku baru ia yang ditunjuk Prabowo sebagai staf khusus yang berwenang di bidang Komunikasi publik pada bidang sosial ekonomi dan hubungan antara lembaga.

TERPOPULER

Akhirnya, Dahnil Anzar Bergabung di Pemerintahan Jokowi Sebagai Staf Khusus Menteri Pertahanan

Dahnil yang dikenal sangat keras mengkritisi pemerintahan Presiden Jokowi sebelumnya, mengaku baru ia yang ditunjuk Prabowo sebagai staf khusus yang berwenang di bidang Komunikasi publik pada bidang sosial ekonomi dan hubungan antara lembaga.

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

close