Dibanding Sistem 3M, Fogging Dinilai Tak Efektif Berantas DBD

0
116
nyamuk demam berdarah
Petugas melakukan fogging (pengasapan) guna memberantas nyamuk demam berdarah (ilustrasi).

TARAKAN, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota Tarakan, Kalimantan Utara menilai program “fogging” atau pengasapan tidak efektif memberantas penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Tarakan Witoyo lewat telepon, Kamis (12/10), penurunan kasus DBD itu terjadi karena program 3M (menutup, menguras dan mendaur ulang) plus yang dilakukannya.

Ia menegaskan, pemberdayaan masyarakat dan sosialisasi sistem 3M selama ini dianggap paling efektif dibandingkan dengan “fogging” atau pengasapan.

Menurut Witoyo, pengasapan mengandung zat kimia, sehingga pelaksanannya tidak bisa sembarangan atau harus terjadwal. “Fogging” hanya dapat dilakukan apabila ditemukan kasus penularan penyakit DBD.

Penurunan kasus DBD tersebut tidak terlepas dari kesadaran masyarakat di daerah itu untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal masing-masing menggunakan 3M tersebut.

Hanya saja, dia tidak menyebutkan angka penurunan dimaksudkan dengan perbandingan tahun 2016 ke bawah. Witoyo lebih banyak mengupas soal “fogging” yang dianggap tidak efektif itu.

“Penggunaan fogging tidak bisa dilakukan tanpa ada laporan kasus DBD. Karena fogging atau pengasapan ini hanya dilakukan apabila terjadi penularan,” kata dia lagi.

Langkah lainnya yang dilakukan menurunkan kasus DBD di daerahnya, Witoyo menyebutkan, akan mendistribusikan cairan Bacilus Thuringiensis Israelensis (BTI) yang bertujuan membunuh jentik nyamuk.

Cairan ini juga dinilai sangat tepat memberantas nyamuk dengan membunuh jentiknya sehingga manusia aman. Pendistribusian BTI ini akan dilakukan pada Oktober 2017 dengan fokus pada wilayah yang belum terjangkau air PDAM. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
tewas

Pengajar dari Al-Azhar Mesir, Ditemukan Meninggal di Pondok Pesantren

MAGELANG, SERUJI.CO.ID - Seorang warga negara Mesir yang menjadi pengajar di Pondok Pesantren Pabelan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Abdelaziz Mohamed Abdel Fattah Abdel Maksum Saleh...
Ridwan Kamil

Setelah 130 Hari Cuti, Ridwan Kamil Kembali Jabat Wali Kota Bandung

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Ridwan Kamil kembali menjabat sebagai Wali Kota Bandung setelah sebelumnya sempat cuti untuk ikut dalam kontestasi pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018. Ridwan...
Sudrajat-Syaikhu

Seminggu Jelang Coblosan, Hasil Survei Prediksi Sudrajat-Syaikhu Menangkan Pilgub Jabar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Tingkat keterpilihan (elektabilitas) pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur nomor urut tiga dalam Pilgub Jabar 2018, Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) yang diusung Gerindra, PKS dan...

Polisi Surabaya Buru Pencuri Motor Pengojek Daring

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resor (Polres) Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur memburu pelaku pencurian sepeda motor yang selalu menyasar korban pengojek berbasis aplikasi...
Video lama PKB

Berbagai Survei: Warga Jatim Percaya Khofifah-Emil Lebih Kompeten dari Gus Ipul-Puti

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Elektabilitas pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur nomor urut satu di Pilgub Jatim 2018, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak terus menanjak menjelang hari pencoblosan...