Cuci Darah, Bagaimana Mencegahnya?

Dan, banyak orang beranggapan, bahwa bila tidak ada gejala, berapa pun tekanan darah, tidak masalah. Keluhan sakit kepala, misalnya kalau ada, dengan membeli obat penghilang nyeri, lalu nyerinya hilang, juga dianggap tidak ada persoalan lagi. Padahal, disamping tekanan darah tetap saja tinggi, obat penghilang nyeri itu banyak yang nefro toksik, menjadi racun bagi ginjal, akan memperburuk fungsi ginjal, apalagi dikonsumsi berulang-ulang dan jumlah yang banyak.

Di Indonesia, penelitian yang dilakukan pada tahun 2000, penyebab gagal ginjal terbanyak adalah glomerulonefritis, baru kemudian diabetes, dan hipertensi. Penyakit ini bisa disebabkan gangguan sistem imun, diabetes, reaksi infeksi, terutama oleh bakteri streptokokus. Sindroma nefrotik, suatu kumpulan tanda dan gejala seperti, bengkak seluruh tubuh, biasanya mulai dari kelopak mata pagi hari, buang air sedikit, sering buang air malam hari, urin berbuih, busa, karena banyak mengandung protein, dan kadar lipid darah yang tinggi, adalah salah satu bentuk glomerulonefritis yang sering ditemui.

Penyakit ini bila tidak ditangani dengan baik dapat berlanjut menjadi penyakit ginjal kronik. Lalu, sekitar 10% pasien yang menjalani cuci darah disebabkan oleh komplikasi obstruksi dan infeksi saluran kemih yang tidak terkontrol dengan baik. Obstruksi dapat disebabkan batu saluran kemih atau karena faktor lain.

Karena itu, bila anda mempunyai batu saluran kemih, termasuk ginjal, atau anda punya bakat untuk itu, jangan dianggap enteng. Sering batu ginjal atau batu saluran kemih lainnya itu tidak memberikan gejala, tahu-tahu sudah menyebabkan kerusakan pada struktur dan fungsi ginjal anda.


Penggunaan obat-obat penghilang nyeri, obat rematik yang banyak beredar bebas di luar, apalagi anda menggunakannya tidak dibawah pengawasan dokter, bisa menjadi malapetaka bagi ginjal anda. Begitu juga beberapa jamu, herbal yang mudah didapatkan di pasaran.

Beberapa pasien yang sedang menjalani hemodialisa, mempunyai riwayat penggunaan obat penghilang nyeri dan jamu ini. Obat ini dapat menyebabkan kerusakan pada struktur ginjal dan fungsi ginjal, karena obat penghilang nyeri menyebabkan penurunan aliran darah ke ginjal. Penggunaan yang lama dan berulang mengakibatkan ginjal anda akan kekuragan darah. Karena itu, bila sayang dengan ginjal anda, batasi penggunaan obat-obat itu.

Obesitas, merokok, juga merupakan faktor resiko penyakit ginjal kronis. Merokok, apalagi anda juga seorang penderita diabetes melitus, akan meningkatkan progresivitas perjalanan penyakit ginjal kronis yang mungkin sudah anda alami. Jadi, menghentikan kebiasaan merokok juga menurunkan kemungkinan resiko anda mengalami penyakit ginjal kronis dan cuci darah.

Jadi, agar anda tidak sampai menjalani cuci darah (Hemodialisa), karena ginjal anda tidak berfungsi lagi, maka kenali faktor resikonya. Faktor resiko utama seperti Diabetes, hipertensi dapat anda kendalikan. Batu ginjal, infeksi, obesitas, merokok, penggunaan obat-obatan yang dapat merusak ginjal juga dapat dikontrol.

(Hrn)


Bagi pembaca SERUJI yang ingin konsultasi ke “Dokter SERUJI Menjawab” silahkan menuju ke sini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Berkebun di Halaman Rumah-pun Dapat Membuat Anda Lebih Sehat

Tidak satu jalan ke Roma, begitu juga dengan kesehatan kita. Banyak jalan yang bisa ditempuh menuju sehat yang kita inginkan. Tapi, yang jelas, tidak ada jalan tol, jalan pintas agar kita tetap sehat, semua dimulai dengan hal-hal Kecil.

TERPOPULER

Kasih Sayang Yang Menyembuhkan

Kasih sayang adalah sebuah kekuatan penyembuhan. Inilah diantaranya