Cegah Penularan Batuk dengan Etika Batuk

Semarang, Seruji.com– Batuk merupakan salah satu gejala dari berbagai macam penyakit, baik itu penyakit ringan yang bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan misal influenza, sampai dengan penyakit berat misal TBC. TBC bisa dikategorikan penyakit berat karena apabila tidak diobati bisa menimbulkan kematian.

Batuk bisa terjadi karena saluran pernafasan sedang melakukan perlawanan terhadap virus, kuman ataupun benda asing lainnya yang sedang berada di saluran pernafasan. Batuk adalah usaha pertahanan tubuh untuk mengeluarkan zat-zat tersebut dari saluran pernafasan.

 

Maka ketika seseorang sedang batuk otomatis udara yang disemprotkan oleh pelaku batuk mengandung zat-zat tersebut, misal seseorang sedang mengidap influenza maka udara yang dikeluarkan mengandung virus influenza, misal pelaku batuk sedang mengidap TBC maka udara yang dikeluarkan mengandung kuman Mycobacterium Tuberculosis. Udara yang dikeluarkan yang sudah mengandung sumber penyakit tersebut berpotensi dihirup oleh orang lain yang berada disekelilingnya sehingga bisa tertular.

 

Nah disinilah perlu ada etika pada pelaku batuk maupun bersin agar orang lain yang bisa jadi itu adalah orang-orang yang dicintai yang sedang berada disekitarnya tidak tertular. Apa itu etika batuk ? adalah suatu perilaku pada saat batuk agar udara yang disemprotkan oleh pelaku batuk tidak tersemprot ke udara bebas.  Bagaimana caranya? Bila Anda merasa akan batuk atau bersin,segeralah berpaling dari orang-orang disekitar anda kemudian tutuplah hidung dan mulut anda dengan menggunakan tissue bisa juga dengan menutup mulut dan hidung dengan lengan anda. Segera buang tissue yang sudah terpakai ke dalam tempat sampah lalu cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Atau gunakan masker yang menutup mulut dan hidung anda.

 

Kebiasaan yang sering terlihat dimasyarakat apabila sedang batuk adalah menutup mulut dengan tangan terkepal. Kebiasaan ini keliru karena disamping hidung masih belum tertutup, kuman akan menempel ditelapak ataupun punggung telapak tangan. Padahal telapak tangan sering digunakan untuk memegang, salaman dan aktivitas lainnya sehingga benda yang dipegang bisa terkontaminasi kuman.

 

Virus maupun kuman penyakit adalah musuh kita bersama untuk kita lawan dan matikan, bukan untuk dibagi-bagi.

 

Catatan : tidak semua penyakit influenza bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan, karena berbagai faktor ada juga yang harus diobati. TBC merupakan penyakit yang bisa disembuhkan apabila diobati dengan cara yang benar dan tidak terlambat datang ke dokter, apabila tidak diobati dengan cara yang benar maka bisa menimbulkan kematian. (dr. Endang Sulistiyowati/KSMB Jateng)

 

Keterangan gambar : etika batuk dengan cara menutup mulut dan hidung menggunakan lengan.  (foto Endang S))

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Soal Publikasi Reuni 212: Kebebasan Pers di Era Media Sosial

Reuni 212 jelas peristiwa besar, jika dilihat banyaknya massa yang berkumpul. Ia juga jelas peristiwa besar jika dilihat dari tertib dan disiplin massa itu. Namun jelas pula Reuni 212 bukan peristiwa netral.

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

Demikian Mudah Dikenali Sebagai Hoaks, Info 7 Kontainer Surat Suara Masih Telan “Korban”

Yang membuat saya heran, kenapa para politisi, terutama yang menyebarkan info hoaks ini di akun media sosial (walau dalam bentuk tanya sekalipun) tidak mengenali bahwa info ini adalah hoaks?

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.