Cegah Penularan Batuk dengan Etika Batuk


Semarang, Seruji.com– Batuk merupakan salah satu gejala dari berbagai macam penyakit, baik itu penyakit ringan yang bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan misal influenza, sampai dengan penyakit berat misal TBC. TBC bisa dikategorikan penyakit berat karena apabila tidak diobati bisa menimbulkan kematian.

Batuk bisa terjadi karena saluran pernafasan sedang melakukan perlawanan terhadap virus, kuman ataupun benda asing lainnya yang sedang berada di saluran pernafasan. Batuk adalah usaha pertahanan tubuh untuk mengeluarkan zat-zat tersebut dari saluran pernafasan.

 

Maka ketika seseorang sedang batuk otomatis udara yang disemprotkan oleh pelaku batuk mengandung zat-zat tersebut, misal seseorang sedang mengidap influenza maka udara yang dikeluarkan mengandung virus influenza, misal pelaku batuk sedang mengidap TBC maka udara yang dikeluarkan mengandung kuman Mycobacterium Tuberculosis. Udara yang dikeluarkan yang sudah mengandung sumber penyakit tersebut berpotensi dihirup oleh orang lain yang berada disekelilingnya sehingga bisa tertular.

 

Nah disinilah perlu ada etika pada pelaku batuk maupun bersin agar orang lain yang bisa jadi itu adalah orang-orang yang dicintai yang sedang berada disekitarnya tidak tertular. Apa itu etika batuk ? adalah suatu perilaku pada saat batuk agar udara yang disemprotkan oleh pelaku batuk tidak tersemprot ke udara bebas.  Bagaimana caranya? Bila Anda merasa akan batuk atau bersin,segeralah berpaling dari orang-orang disekitar anda kemudian tutuplah hidung dan mulut anda dengan menggunakan tissue bisa juga dengan menutup mulut dan hidung dengan lengan anda. Segera buang tissue yang sudah terpakai ke dalam tempat sampah lalu cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Atau gunakan masker yang menutup mulut dan hidung anda.

 

Kebiasaan yang sering terlihat dimasyarakat apabila sedang batuk adalah menutup mulut dengan tangan terkepal. Kebiasaan ini keliru karena disamping hidung masih belum tertutup, kuman akan menempel ditelapak ataupun punggung telapak tangan. Padahal telapak tangan sering digunakan untuk memegang, salaman dan aktivitas lainnya sehingga benda yang dipegang bisa terkontaminasi kuman.

 

Virus maupun kuman penyakit adalah musuh kita bersama untuk kita lawan dan matikan, bukan untuk dibagi-bagi.

 

Catatan : tidak semua penyakit influenza bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan, karena berbagai faktor ada juga yang harus diobati. TBC merupakan penyakit yang bisa disembuhkan apabila diobati dengan cara yang benar dan tidak terlambat datang ke dokter, apabila tidak diobati dengan cara yang benar maka bisa menimbulkan kematian. (dr. Endang Sulistiyowati/KSMB Jateng)

 

Keterangan gambar : etika batuk dengan cara menutup mulut dan hidung menggunakan lengan.  (foto Endang S))

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

Inilah Tulisan AR Baswedan Bantah Tudingan Gerakan Islam Bertentangan dengan Pancasila

AR Baswedan menyebut, pihak-pihak yang sering mempertentangan gerakan Islam dengan Pancasila justru adalah pihak-pihak yang pada hakikatnya tidak paham Pancasila. Justru sebaliknya, pemuka-pemuka ahli pikir Islam memberi pengertian-pengertian yang baik tentang Pancasila yang keluar dari keyakinan yang kuat.

Antisipasi Pelambatan Ekonomi, Ketua DPD Kumpulkan Kadin Provinsi se Indonesia

“Saya sengaja mengumpulkan para ketua umum Kadin provinsi, karena hari ini kita menghadapi masalah serius di sektor dunia usaha dan dunia industri," kata La Nyalla

Kontroversi Omnibus Law, Fahira: Wujud Frustasi Pemerintah atas Kemendegkan Ekonomi

Omnibus Law RUU Cipta Kerja (sebelumnya Cipta Lapangan Kerja atau Cilaka) dinilai sebagai bentuk rasa frustasi pemerintah atas kemandegkan ekonomi yang terjadi lima tahun belakangan ini.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close