Belum Banyak Diketahui, Begini Sebenarnya Menyeduh Teh Yang Benar

Khasiat teh akan hilang jika proses menyeduhnya salah. Perhatikan hal-hal ini agar minuman teh lebih berkualitas.

SERUJI.CO.ID – Teh menjadi minuman kedua yang dinikmati orang setelah air mineral. Selain untuk melegakan dahaga, teh juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sayang selama ini beberapa orang cenderung salah saat proses menyeduh. Proses yang salah ini dikhawatirkan dapat merusak kandungan baik pada teh.

1
Perhatikan Takaran

Ilustrasi.

Apabila anda lebih suka menyajikan teh dengan menyeduh daun teh, ada baiknya anda memperhatikan takaran penyajian. Normalnya, satu sendok daun teh dikonsumsi untuk satu orang.

Fenomena yang terjadi selama ini biasanya orang cenderung memasukan 1 hingga 2 sendok daun teh dan diseduh dalam sebuah wadah, kemudian menyajikan untuk 5 hingga 7 orang.

Takaran daun teh yang terlalu sedikit justru akan menghilangkan citra rasa khas dari teh. Sedangkan takaran yang terlalu banyak juga membuat teh terasa lebih pahit.

2
Penggunaan Kantong Teh

Kantong teh.

Jangan langsung membuang kantong teh yang baru sekali seduh. Dalam satu kantong teh sebenarnya dapat digunakan untuk 2 hingga 3 kali seduh. Setelah itu baru boleh dibuang. Jangan sampai terjadi seduhan ke-4 karena kadar teh nya sudah berkurang.

3
Perhatikan Temperatur Air

Teh panas.

Pada dasarnya teh memiliki beberapa jenis menurut kategori warna. Ada teh putih, teh hijau dan teh hitam. Untuk menyeduh masing-masing jenis teh perlu perlakuan berbeda, terutama dari suhu air.

Teh putih akan lebih nikmat diminum dengan suhu air 65°-75° C saat menyeduh. Sedangkan teh hijau membutuhkan suhu sedikit lebih panas yakni 75°-85° C. Teh hitam merupakan jenis teh yang memerlukan suhu tinggi dalam proses menyeduh yakni berkisar antara 85°-95° C.

(Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

5 Gili Paling Indah di Lombok Selain Gili Trawangan

Lombok enggak melulu soal Gili Trawangan karena ada gili-gili lainnya yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...

Whatsapp Hentikan Dukungan Pada Beberapa OS, Simak Apakah Termasuk Milik Anda

WhatsApp mengumumkan akan menghentikan dukungan mereka untuk beberapa sistem operasi lama mulai Februari 2020, sehingga sejumlah fitur secara bertahap tidak bisa diakses lagi.
close