Selain Bantuan Pangan, Turki Kirim Tentara dan Mobil Lapis Baja ke Qatar

0
92
erdogan, turki
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Foto: Umit Bektas/Reuters)

ANKARA – Otoritas Turki mengirimkan kapal pertamanya yang membawa bantuan pangan ke Qatar. Selain itu, Turki juga mengirimkan bantuan ke negara sahabatnya itu berupa kontingen kecil tentara Angkatan Darat beserta kendaraan lapis baja. Bantuan ini dikirim pada Kamis kemarin (22/6).

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga sudah berkomunikasi dengan para pemimpin Arab Saudi terkait ketegangan di wilayah Teluk tersebut. Demikian dilansir dari Reuters, Jumat (23/6).

Sebagai negara sahabat, Turki ingin membantu Qatar. Sejak lama, Turki punya peranan sebagai mediator di kawasan tersebut. Upaya bantuan ini juga untuk meredam pengaruh pihak yang kontra seperti Arab Saudi.

Turki dan Qatar dilaporkan memiliki kesepakatan yang ditandatangani bersama pada 2014. Salah satu yang disepakati, antarnegara bisa mengirimkan bantuan termasuk militer.

Dalam kesempatan ini, lima kendaraan lapis baja dan 23 personel militer Turki tiba di kota Doha pada Kamis kemarin (22/6). Pihak Turki menyatakan bantuan ini merupakan tahapan baru sebagai langkah kerangka tindakan hukum mengenai pelatihan militer dan kerja sama antara kedua negara.

Reuters, -mengutip dari surat kabar Hurriyet-, memberitakan bahwa hingga saat ini, sudah sekitar 88 tentara Turki berada di Qatar. Rencananya, selain kontingen tentara Angkatan Darat, dipertimbangkan pula bantuan kontingen Angkatan Udara ke Qatar.

Bantuan pangan

Kapal pertama yang dikirim Turki membawa empat ribu ton persediaan makanan kering, buah, dan sayuran. Kapal ini berangkat dari sebuah pelabuhan di provinsi Izmir, Turki barat, Kamis pagi (22/6). Kantor berita Turki, Anadolu menyebutkan bantuan ini diharapkan tiba di Doha dalam waktu sekitar 10 hari.

Pihak otoritas Turki menegaskan pengiriman bantuan terhadap Qatar ini tidak bermaksud untuk mengancam pihak lain dan bukan bertujuan untuk memanaskan tensi di kawasan teluk.

“Kami tidak ingin ada ketegangan dengan negara Teluk manapun, kami juga tidak ingin mereka bertengkar satu sama lain. Ini adalah pendekatan kami terhadap masalah krisis ini dari awal,” kata juru bicara Presiden Turki, Ibrahim Kalin, Kamis (22/6), di Ankara, Turki.

Menurutnya, jika ada negara Teluk yang tak setuju dengan kebijakan Turki, maka bisa dimaklumi. Namun, sebagai negara sahabat, ia mengingatkan agar negara lain juga bisa memahami kebijakan Turki yang ingin berbuat terhadap Qatar.

“Jika dua teman Anda, dua tetangga saling tidak setuju satu sama lain dan jika ada sesuatu yang dapat Anda lakukan mengenai hal ini, wajar jika kita bertindak,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Turki mendukung Qatar setelah Arab Saudi, Mesir dan sejumlah negara Teluk lainnya memutuskan hubungan diplomatik, termasuk ekonomi terhadap Qatar. Alasan pemutusan hubungan dan embargo ekonomi, karena Qatar dituding mendukung aksi terorisme. Qatar telah membantah tuduhan ini, Turki pun juga turut membantahnya. (IwanY)

Komentar

BACA JUGA

Menristekdikti: Boleh Eksplorasi Tetapi Jangan Rusak Lingkungan

SOLO, SERUJI.CO.ID - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Muhammad Nasir menyatakan kalangan industri boleh mengeksplorasi sumber daya alam tetapi jangan sampai merusak...

Menteri Rini Minta BUMN di Daerah Bersinergi

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno meminta seluruh perwakilan Badan Usaha Milik Negara di daerah dapat meningkatkan sinergi untuk memberikan...

32 Orang Palestina Cedera Dalam Bentrokan Dengan Tentara Israel

KOTA GAZA, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 32 orang Palestina cedera dalam bentrokan yang terjadi antara tentara Israel dan demonstran Palestina di Tepi Barat Sungai Jordan dan...

PDIP Jalin Komunikasi Parpol Pengusung Jokowi

DENPASAR, SERUJI.CO.ID - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan partainya akan mulai menjalin komunikasi politik, khususnya dengan partai politik yang sudah menyatakan dukungannya...

Menristekdikti: Universitas Asing Tidak Lemahkan PTS

SOLO, SERUJI.CO.ID - Perguruan tinggi asing yang akan berdiri di Indonesia tidak akan melemahkan perguruan tinggi swasta (PTS) karena keduanya memiliki segmen yang berbeda, kata...
loading...
Screenshot_20180224_173119

PKS Targetkan 5 Kursi di DPRD Pasaman Barat

SIMPANG EMPAT - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pasaman Barat menargetkan ada kenaikan perolehan kursi DPRD dari 3 kursi pada Pileg 2014...
IMG_20180224_161218

Muslim M Yatim Maju Ke DPD RI

SIMPANG EMPAT - M Muslim Yatim mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI periode 2019–2024 setelah 3 periode duduk sebagai anggota DPRD Prov Sumatera Barat...
KH. Luthfi Bashori

Shalat Tasbih

Dari shahabat Abdullah bin Abbas RA, bahwa Rasulullah SAW mengajari Sayyidina Abbas bin Abdil Mutthalib RA : `Wahai Abbas, Wahai pamanda, maukah engkau aku...