Sekjen PBB Kutuk Serangan Rudal Gerilyawan Terhadap Arab Saudi

0
38
Antonio Guterres
Sekjen PBB Antonio Guterres. (Foto: Istimewa)

NEW YORK, SERUJI.CO.ID – Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Senin (26/3), dengan keras mengutuk serangan rudal pada Ahad (26/3) yang dilakukan oleh gerilyawan Yaman Al-Houthi terhadap kota besar Arab Saudi, termasuk Ibu Kotanya, Riyadh, kata wakil juru bicaranya.

“Guterres mendesak semua pihak agar mematuhi kewajiban mereka berdasarkan hukum kemanusiaan internasional guna melindungi warga sipil dan prasarana sipil dari serangan,” kata Wakil Juru Bicara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Farhan Haq.

Sekretaris Jenderal PBB menyerukan penahanan diri di tengah meningkatnya ketegangan dan menekankan peningkatan militer bukan penyelesaian.

BACA JUGA: Militer Arab Saudi Cegat Rudal Balistik Gerilyawan

Ia menegaskan bahwa penyelesaian politik melalui perundingan melalui dialog antar-orang Yaman yang melibatkan semua pihak adalah satu-satunya cara untuk mengakhiri konflik dan menangani krisis kemanusiaan yang terjadi.

Pernyataan pada Senin tersebut menandai ulang tahun ketiga perang saudara di Yaman. Pasukan Al-Houthi, yang setia kepada mantan presiden Ali Abdullah Saleh, berhadapan dengan pasukan yang setia kepada Pemerintah Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi, yang didukung masyarakat internasional tapi kini hidup di pengasingan.

Sitem pertahanan udara Arab Saudi, Ahad malam (25/3), mencegat rudal balistik yang ditembakkan dari Yaman oleh milisi Al-Hotuhi di wilayah udara Ibu Kota negeri itu, Riyadh, demikian laporan stasiun televisi resmi. Suara beberapa ledakan telah terdengar oleh warga lokal di Riyadh.

Satu orang tewas dan dua orang lagi cedera dalam satu serangan rudal balistik yang ditembakkan ke Riyadh, Ahad larut malam (25/3), ke Ibu Kota Arab Saudi, Riyadh, oleh milisi Syiah Yaman, Al-Houthi.

Stasiun televisi resmi Arab Saudi melaporkan gerilyawan Yaman, Al-Houthi, menembakkan dua rudal ke arah Arab Saudi pada Ahad larut malam dan sistem pertahanan Arab Saudi berhasil mencegat satu rudal di wilayah udara Riyadh, dan satu lagi di Jazan di perbatasan Arab Saudi dengan Yaman. (Ant/SU03)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...