Viral Foto Wanita Muslim Hadapi Pengunjuk Rasa Rasis Dengan Senyum

1
322
Foto Saffiyah Khan tersenyum menghadapi pendemo Rasis dari kelompok Ulta kanan Inggris, EDL di Centenary Square, Birmingham. (foto: Istimewa/BBC)

LONDON – Sebuah foto yang memperlihatkan seorang wanita Muslim tengah tersenyum kepada pengunjuk rasa yang mengelilinginya dari kelompok ultra kanan Liga Pertahanan Inggris (EDL) di Birmingham, beredar viral di sosial media setelah ia maju membela ‘rekan sesama warga Birmingham.’

Wanita Muslim tersebut adalah Saffiyah Khan warga kota Birmingham yang turun tangan saat melihat ada seorang wanita lain sedang dikelilingi oleh sekitar 25 orang pengunjuk rasa, pada Sabtu tanggal 8 April yang lalu.

 

Saffiyah yang bukan bagian dari aksi tandingan terorganisir itu mengungkapkan kepada BBC bahwa ia ‘cukup terkejut’ bahwa fotonya sudah re-twit di seluruh dunia. “Saya tidak suka melihat orang dikeroyok di kota saya,” katanya sebagaimana dilansir BBC.

Ia mengatakan pada awalnya ia senang berada di tengah-tengah unjuk rasa, namun ia tak bisa tinggal diam dan merangsek maju saat ada perempuan lain meneriakkan kata “Islamophobia” kepada salah satu anggota EDL yang berkumpul di Centenary Square dikepung pengunjuk rasa.

“Sekelompok pemuda EDL berbadan tegap, yang jumlahnya sekitar 25 orang, mengepung wanita tersebut,” katanya.

“Ia dikerumuni dari segala penjuru. Lalu, saya melangkah untuk maju dan memperkenalkan diri sebagai orang yang mendukung perempuan itu dan menentang mereka,” jelas Saffiyah.

Saffiyah Khan yang sambil terenyum tersebut kemudian dikelilingi para pengunjuk rasa, saat itulah seorang fotografer dari Association Press mengabadikan momen tersebut.

Saffiyah Khan, yang lahir di Inggris dan keturunan Pakistan dan Bosnia itu, mengatakan dirinya ‘tidak merasa terintimidasi sedikit pun’ atas perbuatan sekelompok pengunjuk rasa tersebut.

“Ia menunjuk-nunjuk saya dengan menempelkan telunjuknya ke wajah saya. Sangat agresif. Seorang polisi ada di sana dan pria itu melepaskan telunjuknya dari wajah saya. Saya tidak akan menanggapinya dengan kekerasan,” tambah Saffiyah Khan menceritakan seorang pria dari kelompok EDL yang menghampirinya.

Sejumlah orang membagikan foto Khan tersebut diantaranya, Piers Morgan, yang menyebutnya sebagai ‘foto pekan ini,’ dan anggota parlemen Birmingham dari Partai Buruh, Jess Phillips.

Dalam lama Facebooknya Organisasi EDL menuding Saffiyah Khan sebagai bagian dari kelompok yang mengganggu acara hening cipta satu menit untuk mengenang para korban serangan teror di Stockholm.

 

EDITOR: Harun S

loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Bersama Gerindra dan PKS, Nasdem Dukung Angket Pj Gubernur Jabar Yang Digulirkan Demokrat

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Partai NasDem mendukung digulirkan Hak Angket untuk menyelidiki kebijakan pemerintah yang mengangkat Komjen Pol M Iriawan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa...
tewas

Diduga Hirup Asap Pembakaran Ban Bekas, 7 Penambang Emas Tewas

LOMBOK, SERUJI.CO.ID - Sedikitnya tujuh penambang emas tewas diduga akibat menghirup asap pembakaran ban bekas yang masuk ke dalam lubang tambang di Desa Buwun Mas,...
Angin puting beliung

Enam Daerah di Aceh Diterjang Puting Beliung

ACEH, SERUJI.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan, hujan lebat disertai angin kencang dan puting beliung melanda enam daerah yang mengakibatkan masyarakat setempat mengalami...
Kecelakaan

Diduga Sopir Mengantuk, Sebuah Mobil Melompat ke Rawa

LHOKSUKON, SERUJI.CO.ID - Sebuah mobil jenis double cabin merek Nissan Navara melompat ke rawa, di pinggir Jalan Trans Sumatera Medan-Banda Aceh, tepatnya di Gampong Alue...

Laga Rusia Kontra Mesir Dinantikan Penggemar di Moskow

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Sejumlah penggemar sepak bola dari beberapa negara yang berada di Moskow menantikan laga antara tuan rumah Rusia melawan Mesir yang akan diselenggarakan...