Viral Foto Wanita Muslim Hadapi Pengunjuk Rasa Rasis Dengan Senyum

LONDON – Sebuah foto yang memperlihatkan seorang wanita Muslim tengah tersenyum kepada pengunjuk rasa yang mengelilinginya dari kelompok ultra kanan Liga Pertahanan Inggris (EDL) di Birmingham, beredar viral di sosial media setelah ia maju membela ‘rekan sesama warga Birmingham.’

Wanita Muslim tersebut adalah Saffiyah Khan warga kota Birmingham yang turun tangan saat melihat ada seorang wanita lain sedang dikelilingi oleh sekitar 25 orang pengunjuk rasa, pada Sabtu tanggal 8 April yang lalu.

 

Saffiyah yang bukan bagian dari aksi tandingan terorganisir itu mengungkapkan kepada BBC bahwa ia ‘cukup terkejut’ bahwa fotonya sudah re-twit di seluruh dunia. “Saya tidak suka melihat orang dikeroyok di kota saya,” katanya sebagaimana dilansir BBC.

Ia mengatakan pada awalnya ia senang berada di tengah-tengah unjuk rasa, namun ia tak bisa tinggal diam dan merangsek maju saat ada perempuan lain meneriakkan kata “Islamophobia” kepada salah satu anggota EDL yang berkumpul di Centenary Square dikepung pengunjuk rasa.

“Sekelompok pemuda EDL berbadan tegap, yang jumlahnya sekitar 25 orang, mengepung wanita tersebut,” katanya.

“Ia dikerumuni dari segala penjuru. Lalu, saya melangkah untuk maju dan memperkenalkan diri sebagai orang yang mendukung perempuan itu dan menentang mereka,” jelas Saffiyah.

Saffiyah Khan yang sambil terenyum tersebut kemudian dikelilingi para pengunjuk rasa, saat itulah seorang fotografer dari Association Press mengabadikan momen tersebut.

Saffiyah Khan, yang lahir di Inggris dan keturunan Pakistan dan Bosnia itu, mengatakan dirinya ‘tidak merasa terintimidasi sedikit pun’ atas perbuatan sekelompok pengunjuk rasa tersebut.

“Ia menunjuk-nunjuk saya dengan menempelkan telunjuknya ke wajah saya. Sangat agresif. Seorang polisi ada di sana dan pria itu melepaskan telunjuknya dari wajah saya. Saya tidak akan menanggapinya dengan kekerasan,” tambah Saffiyah Khan menceritakan seorang pria dari kelompok EDL yang menghampirinya.

Sejumlah orang membagikan foto Khan tersebut diantaranya, Piers Morgan, yang menyebutnya sebagai ‘foto pekan ini,’ dan anggota parlemen Birmingham dari Partai Buruh, Jess Phillips.

Dalam lama Facebooknya Organisasi EDL menuding Saffiyah Khan sebagai bagian dari kelompok yang mengganggu acara hening cipta satu menit untuk mengenang para korban serangan teror di Stockholm.

 

EDITOR: Harun S

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Mengenal Perbedaan Suku Baduy Dalam dan Suku Baduy Luar Beserta Hal Menarik Lainnya

Salah satu suku di Indonesia yang cukup unik karena konsistensinya menjaga alam dan memegang teguh adat istiadat.