Viral Foto Wanita Muslim Hadapi Pengunjuk Rasa Rasis Dengan Senyum

LONDON – Sebuah foto yang memperlihatkan seorang wanita Muslim tengah tersenyum kepada pengunjuk rasa yang mengelilinginya dari kelompok ultra kanan Liga Pertahanan Inggris (EDL) di Birmingham, beredar viral di sosial media setelah ia maju membela ‘rekan sesama warga Birmingham.’

Wanita Muslim tersebut adalah Saffiyah Khan warga kota Birmingham yang turun tangan saat melihat ada seorang wanita lain sedang dikelilingi oleh sekitar 25 orang pengunjuk rasa, pada Sabtu tanggal 8 April yang lalu.

 

Saffiyah yang bukan bagian dari aksi tandingan terorganisir itu mengungkapkan kepada BBC bahwa ia ‘cukup terkejut’ bahwa fotonya sudah re-twit di seluruh dunia. “Saya tidak suka melihat orang dikeroyok di kota saya,” katanya sebagaimana dilansir BBC.

Ia mengatakan pada awalnya ia senang berada di tengah-tengah unjuk rasa, namun ia tak bisa tinggal diam dan merangsek maju saat ada perempuan lain meneriakkan kata “Islamophobia” kepada salah satu anggota EDL yang berkumpul di Centenary Square dikepung pengunjuk rasa.

“Sekelompok pemuda EDL berbadan tegap, yang jumlahnya sekitar 25 orang, mengepung wanita tersebut,” katanya.

“Ia dikerumuni dari segala penjuru. Lalu, saya melangkah untuk maju dan memperkenalkan diri sebagai orang yang mendukung perempuan itu dan menentang mereka,” jelas Saffiyah.

Saffiyah Khan yang sambil terenyum tersebut kemudian dikelilingi para pengunjuk rasa, saat itulah seorang fotografer dari Association Press mengabadikan momen tersebut.

Saffiyah Khan, yang lahir di Inggris dan keturunan Pakistan dan Bosnia itu, mengatakan dirinya ‘tidak merasa terintimidasi sedikit pun’ atas perbuatan sekelompok pengunjuk rasa tersebut.

“Ia menunjuk-nunjuk saya dengan menempelkan telunjuknya ke wajah saya. Sangat agresif. Seorang polisi ada di sana dan pria itu melepaskan telunjuknya dari wajah saya. Saya tidak akan menanggapinya dengan kekerasan,” tambah Saffiyah Khan menceritakan seorang pria dari kelompok EDL yang menghampirinya.

Sejumlah orang membagikan foto Khan tersebut diantaranya, Piers Morgan, yang menyebutnya sebagai ‘foto pekan ini,’ dan anggota parlemen Birmingham dari Partai Buruh, Jess Phillips.

Dalam lama Facebooknya Organisasi EDL menuding Saffiyah Khan sebagai bagian dari kelompok yang mengganggu acara hening cipta satu menit untuk mengenang para korban serangan teror di Stockholm.

 

EDITOR: Harun S

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tidak Larang Demo Saat Pelantikan, Jokowi: Dijamin Konstitusi

Presiden Jokowi menegaskan bahwa pihaknya tidak melarang aksi unjuk rasa atau demonstrasi yang ingin dilakukan masyarakat, menjelang dan saat pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih Pilpres 2019, pada tanggal 20 Oktober mendatang.

La Nyalla: Kongres PSSI Merupakan Momentum Mengembalikan Kedaulatan Voters

"Dengan hak suaranya di kongres, voters lah yang akan menjadi penentu hitam putihnya sepakbola negeri ini. Sebab, voters-lah yang memilih 15 pejabat elit PSSI untuk periode 2019-2023. Yaitu Ketua Umum, 2 Wakil Ketua Umum, dan 12 Exco," kata La Nyalla

Rhenald Kasali: CEO Harus Bisa Bedakan Resesi dengan Disrupsi

Pakar disrupsi Indonesia, Prof Rhenald Kasali mengingatkan agar pelaku usaha dan BUMN bisa membedakan ancaman resesi dengan disrupsi. Terlebih saat sejumlah unicorn mulai diuji di pasar modal dan beralih dari angel investor ke publik.

Ditengah Merapatnya Prabowo ke Jokowi, Sandiaga “Deklarasi” Kembali ke Gerindra

Sandiaga Uno yang sebelum Pilpres 2019 menyatakan keluar dari Partai Gerindra untuk berpasangan dengan Prabowo di Pilpres 2019, hari ini Selasa (15/10) menyatakan kembali ke partai asalnya tersebut.

Anda Penderita Tukak Lambung? Catat, Inilah Obat Pengganti Ranitidin Yang Telah Ditarik

Dari laman resmi BPOM yang diakses di Jakarta, Selasa (15/10), menyebut obat dengan Ranitidin saat ini ditarik secara sementara karena diduga mengandung cemaran N-Nitrosodimethylamine (NDMA) yang memicu kanker (karsinogenik).

Sesuai Anjuran Anies, Pemkot Jaktim Siapkan Trotoar Jatinegara Untuk Berdagang PKL

Pemerintah Kota Jakarta Timur saat ini sedang menyiapkan area trotoar di kawasan Jatinegara sebagai area bagi pedagang kaki lima (PKL). Hal ini dilakukan sesuat dengan permintaan Gubernur Anies Baswedan.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi