Untuk Memudahkan Layanan Keimigrasian, KJRI Sydney Terapkan Sistem Jemput Bola

0
98
Gedung KJRI Sydney, Australia.

JAKARTA – Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Sydney, Australia melakukan uji coba pelayanan kekonsuleran dan keimigrasian secara jemput bola di Newcastle dan sekitarnya pada Ahad (16/7) bagi warga negara Indonesia.

Keterangan dari KJRI Sidney yang diterima di Jakarta, Senin, menyampaikan pada awal Juni 2017, seluruh Perwakilan RI di Australia telah menerapkan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) dalam melayani pengurusan paspor dan visa.

SIMKIM mengharuskan warga yang ingin membuat paspor untuk datang langsung ke KJRI di Sydney. Bagi sebagian warga yang tinggal jauh dari Kota Sydney ketentuan tersebut tidak mudah karena mereka harus melakukan perjalanan yang cukup jauh.

Karenanya program pelayanan jemput bola tersebut dan penerapan alat SIMKIM mobile telah memudahkan warga Indonesia dalam melakukan pembuatan paspor dan visa serta urusan keimigrasian lainnya.

Pelayanan SIMKIM dan kekonsuleran jemput bola yang dilakukan oleh KJRI ini dirasakan sangat bermanfaat dan memudahkan masyarakat, karena mereka tidak perlu datang ke Sydney.

Dalam kegiatan tersebut KJRI Sydney yang wilayah kerjanya mencakup tiga negara bagian yakni New South Wales, Queensland, dan Australia Selatan melibatkan Masyarakat Indonesia Australia wilayah Newcastle dan Hunter Region.

Pelayanan tersebut telah berjalan dengan baik, dan penerapan SIMKIM mobile juga terbukti dapat melayani kebutuhan WNI yang berdomisili jauh dari Kota Sydney, dan tinggal di negara bagian Queensland dan Australia Selatan.

Keterangan yang dikutip dari laman resmi Direktorat Jenderal Keimigrasian, Kementerian Hukum dan HAM, melalui SIMKIM pelaksanaan fungsi keimigrasian diharapkan menjadi lebih efektif, efisien, dan profesional karena sistem ini mengintegrasikan seluruh fungsi keimigrasian baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Dalam waktu dekat masyarakat dapat menikmati kemudahan pelayanan berupa percepatan pengurusan paspor.

Jika sebelumnya pengurusan paspor dilakukan dalam waktu empat hari setelah pengambilan foto dan wawancara, maka proses tersebut dapat dilakukan hanya dalam waktu satu hari. (Hrn)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polisi Selidiki Kecurangan UNBK di Surabaya

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya menyelidiki dugaan kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP)...

Polresta Madiun Amankan Ribuan Liter Miras

MADIUN, SERUJI.CO.ID - Petugas Polres Madiun Kota, Jawa Timur mengamankan sebanyak 1.725 liter minuman keras selama Operasi Tumpas Semeru 2018 yang digelar pada tanggal...

Polisi Temukan Dua Kardus Miras di Pelabuhan Tahuna

MANADO, SERUJI.CO.ID - Polisi menemukan dua dus sekitar 46 botol minuman keras (miras) beralkohol jenis captikus pada sebuah kapal yang berlabuh di Pelabuhan Tahuna,...

Pakde Karwo Pastikan Sanksi ASN Yang Berfoto Tunjukkan Dukungan ke Gus Ipul-Puti

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Gubernur Jatim Soekarwo memastikan telah memberi sanksi terhadap ASN (Aparatur Sipil Negara) yang tidak netralan di Pilgub Jatim 2018, dengan berfoto...
Korban Miras Oplosan

Korban Miras Oplosan di RSUD Dr Soetomo Kian Bertambah

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Korban akibat menenggak minuman keras kian bertambah di Surabaya. Hingga kini terhitung sudah puluhan korban miras merasakan pesakitan di Rumah Sakit,...