Untuk Memudahkan Layanan Keimigrasian, KJRI Sydney Terapkan Sistem Jemput Bola

0
71
Gedung KJRI Sydney, Australia.

JAKARTA – Konsulat Jenderal RI (KJRI) di Sydney, Australia melakukan uji coba pelayanan kekonsuleran dan keimigrasian secara jemput bola di Newcastle dan sekitarnya pada Ahad (16/7) bagi warga negara Indonesia.

Keterangan dari KJRI Sidney yang diterima di Jakarta, Senin, menyampaikan pada awal Juni 2017, seluruh Perwakilan RI di Australia telah menerapkan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) dalam melayani pengurusan paspor dan visa.

SIMKIM mengharuskan warga yang ingin membuat paspor untuk datang langsung ke KJRI di Sydney. Bagi sebagian warga yang tinggal jauh dari Kota Sydney ketentuan tersebut tidak mudah karena mereka harus melakukan perjalanan yang cukup jauh.

Karenanya program pelayanan jemput bola tersebut dan penerapan alat SIMKIM mobile telah memudahkan warga Indonesia dalam melakukan pembuatan paspor dan visa serta urusan keimigrasian lainnya.

Pelayanan SIMKIM dan kekonsuleran jemput bola yang dilakukan oleh KJRI ini dirasakan sangat bermanfaat dan memudahkan masyarakat, karena mereka tidak perlu datang ke Sydney.

Dalam kegiatan tersebut KJRI Sydney yang wilayah kerjanya mencakup tiga negara bagian yakni New South Wales, Queensland, dan Australia Selatan melibatkan Masyarakat Indonesia Australia wilayah Newcastle dan Hunter Region.

Pelayanan tersebut telah berjalan dengan baik, dan penerapan SIMKIM mobile juga terbukti dapat melayani kebutuhan WNI yang berdomisili jauh dari Kota Sydney, dan tinggal di negara bagian Queensland dan Australia Selatan.

Keterangan yang dikutip dari laman resmi Direktorat Jenderal Keimigrasian, Kementerian Hukum dan HAM, melalui SIMKIM pelaksanaan fungsi keimigrasian diharapkan menjadi lebih efektif, efisien, dan profesional karena sistem ini mengintegrasikan seluruh fungsi keimigrasian baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Dalam waktu dekat masyarakat dapat menikmati kemudahan pelayanan berupa percepatan pengurusan paspor.

Jika sebelumnya pengurusan paspor dilakukan dalam waktu empat hari setelah pengambilan foto dan wawancara, maka proses tersebut dapat dilakukan hanya dalam waktu satu hari. (Hrn)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

menteri agama, lukman hakim saifuddin

Menag Butuh Masukan Ormas Terkait Penghayat Kepercayaan

KARAWANG, SERUJI.CO.ID - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membutuhkan masukan dari ormas-ormas keagamaan untuk menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi terkait dengan penghayat kepercayaan. "Sebaiknya terlebih dahulu mendengar...
Soekarwo

Nama Cawagub Khofifah Diumumkan Pekan Ini

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Ketua DPD Partai Demokrat (PD) Jatim sekaligus Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengaku sudah mengantongi satu nama calon wakil gubernur (cawagub) pendamping...
Syaiful Huda

PKB Sodorkan Syaiful Huda Jadi Cawagub Emil

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin telah menyodorkan kadernya untuk menjadi Cawagub Jawa Barat mendampingi Ridwan...

KANAL WARGA TERBARU

Sanad Menghilangkan Fitnah Berita

Contoh, ada seorang yang mengabarkan sebuah berita :"Ada penyusup di HMI, jadi bertindak rusuh!". Yang membaca bisa salah persepsi. Ada yang memahami masuknya penyusup saat...

Fenomena Lepas Jilbab

Lepas jilbab dalam bahasan ini bermakna melepas jilbab dengan niat tidak menutup aurat yang seharusnya tidak diperlihatkan. Penekanannya bukan untuk menyalahkan pihak yang setuju...
KH. Luthfi Bashori

SELAGI PEMIMPIN ITU MASIH SHALAT, JANGAN DIPERANGI SECARA FISIK

Luthfi Bashori St. Ummul Mukminin St. Ummu Salamah Ra menuturkan, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya akan diangkat penguasa di kalanganmu, lalu engkau ketahui mereka...