Atasi Kebakaran Hebat di California, AS Habiskan Dana 110 Juta Dolar

1
199
Thomas Fire
Kebakaran hebat yg melanda California, dinamakan "Thomas Fire", api berkobar sejak 4/12/2017. Hingga 12 hari ke depan belum bisa dipadamkan. (Foto: CNN)

LOS ANGELES, SERUJI.CO.ID –  Sebanyak 110,2 juta dolar dolar AS telah dikeluarkan untuk memerangi “Thomas Fire”, yang telah berkobar selama 12 hari berturut-turut. Demikian disampaikan Departemen Perlindungan Kebakaran California dan Kehutanan (Cal Fire) pada Sabtu malam (16/12)

Mark Brown, Kepala Satu Seksi Operasi di Cal Fire, mengatakan kepada wartawan dalam satu taklimat bahwa kebakaran hutan terbesar ketiga sejak 1932, ketika negara bagian barat-daya AS mencatat, telah melahap 267.500 acre lahan, dan sejauh ini 40 persen kebakaran telah dikendalikan.

Sebanyak 8.500 petugas pemadam dari sedikitnya selusin negara bagian memerangi kebakaran besar tersebut, dengan bantuan 32 helikopter dan lima pesawat, katanya. Biaya untuk memadamkan kebakaran itu melonjak dari 89 juta juta dolar AS yang diumumkan pada Jumat cuma dalam waktu 24 jam.

Kebakaran tersebut, yang dipicu angin kencang, menyebar dengan cepat ke arah Montecito, kota pantai dengan 20.000 warga yang terkenal karena tempat pelancongan mewahnya dan mansion selebritas, 160 kilometer di sebelah barat-laut Los Angeles.

Petugas pemadam dengan susah-payah “memerangi kebakaran sementara angin berhembus kencang”, kata Brown, yang menambahkan bahwa ratusan rumah diselamatkan dari jilatan api dalam operasi Sabtu.

“Thomas Fire”, yang mulai pada 4 Desember di Ventura County, begerak ke arah barat-laut ke Kabupaten Santa Barbara pekan lalu, dan menghancurkan sebanyak 1.000 bangunan serta menewaskan dua orang di sana termasuk seorang petugas pemadam.

Pada Sabtu, perintah pengungsian dicabut di Ventura County sementara diperbarui di Santa Barbara County, untuk masyarakat di sekitar Montecito. (Ant/SU02)

loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Tips Makan Sehat Puasa

Oleh: dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis Penyakit Dalam. SERUJI.CO.ID - "Puasalah agar kamu sehat", demikian salah satu hadis Rasulullah berkaitan dengan manfaat puasa bagi yang...

DPR Anggap Polisi Lakukan Pelecehan Karena Jadikan Alquran Sebagai Bukti Terorisme

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sodik Mudjahid menganggap kepolisian telah melakukan pelecehan pada ummat Islam karena tindakan menjadikan Alquran sebagai barang...

Pertamina TBBM Sei Siak kembali Resmikan Program CSR untuk Masyarakat Tanjung RHU dan Pesisir

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - PT Pertamina (Persero) Terminal Pengisian Bahan Bakar Minyak (TBBM) Sungai Siak meresmikan program Corporate Social Responsibility (CSR) pemberdayaan masyarakat di kelurahan...

Tebarkan Semangat Kebaikan, Bahagia Bersama Yatim PKPU HI Mulai Bergulir

BALIKPAPAN, SERUJI.CO.ID - Di hari kedua Ramadhan PKPU Human initiative Kaltim menyalurkan program Bahagia Bersama Yatim berupa paket bingkisan, Sebar Al-Quran dan Buka Puasa...

Bupati Malinau Hadiri Panen Padi Perdana PT. MA dan PT. BDMS

MALINAU, SERUJI.CO.ID - Bupati Malinau DR. Yansen TP menghadiri panen padi perdana di lahan pertanian yang dioleh PT. Mitrabara Adiperdana (MA) dan PT. Bara...