close

Lima Museum Antik di Solo yang Bisa Menambah Wawasan Kebangsaan

Tak sekedar antik dan unik, museum-museum di Solo ini juga punya segudang benda peninggalan saksi sejarah perjuangan bangsa.

SERUJI.CO.ID – Berkunjung ke sebuah kota, selain mencicipi kuliner legendaris sesekali mampir untuk lebih mengenal tentang cerita yang ada di dalam kota tersebut. Salah satu destinasi yang bisa dikunjungi adalah museum.

1
Museum Danar Hadi

Dilansir dari IDNtimes.com, museum batik Danar Hadi ini menyajikan keanekaragaman dan juga perkembangan batik yang menjadi identitas bangsa. Tentu ini akan menambah pengetahuan wisatawan mengenai batik.

Ternyata batik memiliki banyak jenis dilihat dari beberapa aspek, seperti corak, motif dan warna. Semua pengetahuan tentang batik ada di museum batik Danar Hadi.

2
Monumen Pers Nasional

Monumen Pers Nasional Solo (foto: istimewa)

Napak tilas perjuangan pers sebagai dokumentasi perjuangan bangsa dihadirkan dalam monumen ini.

Bagi anda penggiat dunia jurnalistik, anda perlu mengetahui pengetahuan hingga dokumentasi sejarah pers nasional melalui koleksi benda bersejarah yang ada di dalam.

Terdapat arsip media cetak berupa koran hingga majalah dari seluruh nusantara, yang menjadi saksi bisu dari jaman sebelum kemerdekaan hingga sekarang.

3
Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan salah satu kerajaan yang berada di Pulau Jawa, di Kota Solo.

Keraton ini masih memegang teguh budaya Jawa dan terbuka untuk umum. Terdapat banyak koleksi barang dan benda antik peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta, dan juga beberapa fragmen candi yang ditemukan di Jawa Tengah.

Aturan berkunjung di sini cukup ketat. Pengunjung tidak boleh menggunakan topi, kacamata hitam, celana pendek, sandal maupun jaket.

4
Museum Prasejarah Cluster Dayu

Di museum ini anda bisa mempelajari tentang situs purbakala Sangiran yang terletak di Karanganyar. Dalam museum ini, pengunjung akan mendapat pengetahuan mengenai aneka lapisan tanah dari zaman prasejarah ratusan ribu tahun lalu.

Ada pula artefak kuno yang menarik untuk dipelajari. Anda juga bisa memperdalam ilmu geologi dan arkeologi.

5
Museum Radya Pustaka Surakarta

Museum ini digadang-gadang sebagai museum tertua di Indonesia. Museum Radya Pustaka ini memiliki arti, Radya berarti pemerintah dan Pustaka berarti surat. Artinya, museum ini adalah tempat penyimpanan surat-surat kerajaan.

Didirikan pada tanggal 28 Oktober 1890 oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat, pada masa pemerintahan Pakubuwono IX, museum ini juga menyimpan banyak benda bersejarah yang bisa menambah wawasan kebangsaan kita. (Nia)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Melancong ke Kendari, Jangan Lupa ke Pulau Bokori

Artis dan produser film Nia Zulkarnain baru saja menyimpan barang bawaannya di kamar hotel tempatnya menginap di kawasan Kendari Beach, pekan lalu, ketika ia menelpon SERUJI dan mengajak sama-sama melancong ke Pantai Bokori.

Anda Peserta BPJS Yang Baru Punya Momongan? Jangan Lupa Lakukan Ini

SERUJI.CO.ID - Ayah Bunda yang sudah memliki karu BPJS Mandiri, dan baru saja menerima anugerah momongan jangan lupa untuk segera mendaftarkan bayi anda sebelum...

Ke Jakarta, Warga Aceh Pilih Transit Dulu di Kuala Lumpur, Ini Sebabnya

Bila sebelumnya penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten hanya dibandrol dengan tiket seharga Rp1 jutaan, bahkan terkadang ada yang hanya Rp800-900ribuan saja. Kini, hal itu sudah tinggal kenangan.

Kembali “Capres” Nurhadi Trending, #UdahNurhadiAja Salip #2019PrabowoPresiden

Kali ini, pasangan dengan singkatan Dildo ini trending lewat tagar #UdahNurhadiAja. Bahkan tagar ini, pada Selasa (8/1) pagi, mampu menyalip tagar #2019PrabowoPresiden yang tertinnggal di posisi kedua.

Inilah 3 Pantai Keren Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berada di Malang

Berwisata di Malang, tak lengkap jika belum mengunjungi pantai-pantai yang keren di daerah Malang Selatan. Inilah 3 pantai yang wajib kamu kunjungi...

Untuk Majukan Pariwisata Sultra, Jadikan Wakatobi Sebagai Pintu Masuk

Wakatobi ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi wiasata unggulan Indonesia. Apa saja harapan dan yang akan dilakukan pemerintah?