Lima Museum Antik di Solo yang Bisa Menambah Wawasan Kebangsaan

Tak sekedar antik dan unik, museum-museum di Solo ini juga punya segudang benda peninggalan saksi sejarah perjuangan bangsa.

SERUJI.CO.ID – Berkunjung ke sebuah kota, selain mencicipi kuliner legendaris sesekali mampir untuk lebih mengenal tentang cerita yang ada di dalam kota tersebut. Salah satu destinasi yang bisa dikunjungi adalah museum.

1
Museum Danar Hadi

Dilansir dari IDNtimes.com, museum batik Danar Hadi ini menyajikan keanekaragaman dan juga perkembangan batik yang menjadi identitas bangsa. Tentu ini akan menambah pengetahuan wisatawan mengenai batik.

Ternyata batik memiliki banyak jenis dilihat dari beberapa aspek, seperti corak, motif dan warna. Semua pengetahuan tentang batik ada di museum batik Danar Hadi.

2
Monumen Pers Nasional

Monumen Pers Nasional Solo (foto: istimewa)

Napak tilas perjuangan pers sebagai dokumentasi perjuangan bangsa dihadirkan dalam monumen ini.

Bagi anda penggiat dunia jurnalistik, anda perlu mengetahui pengetahuan hingga dokumentasi sejarah pers nasional melalui koleksi benda bersejarah yang ada di dalam.

Terdapat arsip media cetak berupa koran hingga majalah dari seluruh nusantara, yang menjadi saksi bisu dari jaman sebelum kemerdekaan hingga sekarang.

3
Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan salah satu kerajaan yang berada di Pulau Jawa, di Kota Solo.

Keraton ini masih memegang teguh budaya Jawa dan terbuka untuk umum. Terdapat banyak koleksi barang dan benda antik peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta, dan juga beberapa fragmen candi yang ditemukan di Jawa Tengah.

Aturan berkunjung di sini cukup ketat. Pengunjung tidak boleh menggunakan topi, kacamata hitam, celana pendek, sandal maupun jaket.

4
Museum Prasejarah Cluster Dayu

Di museum ini anda bisa mempelajari tentang situs purbakala Sangiran yang terletak di Karanganyar. Dalam museum ini, pengunjung akan mendapat pengetahuan mengenai aneka lapisan tanah dari zaman prasejarah ratusan ribu tahun lalu.

Ada pula artefak kuno yang menarik untuk dipelajari. Anda juga bisa memperdalam ilmu geologi dan arkeologi.

5
Museum Radya Pustaka Surakarta

Museum ini digadang-gadang sebagai museum tertua di Indonesia. Museum Radya Pustaka ini memiliki arti, Radya berarti pemerintah dan Pustaka berarti surat. Artinya, museum ini adalah tempat penyimpanan surat-surat kerajaan.

Didirikan pada tanggal 28 Oktober 1890 oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat, pada masa pemerintahan Pakubuwono IX, museum ini juga menyimpan banyak benda bersejarah yang bisa menambah wawasan kebangsaan kita. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

5 Gili Paling Indah di Lombok Selain Gili Trawangan

Lombok enggak melulu soal Gili Trawangan karena ada gili-gili lainnya yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...