Cara Menyelamatkan Diri Saat Gempa Terjadi

Sebagai negara yang diapit tiga lempeng, Indonesia rawan terjadi gempa. Penting bagi anda mengetahui langkah-langkah berikut untuk menyelamatkan diri saat gempa terjadi.

SERUJI.CO.ID – Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng utama dunia, yakni lempeng Australia, Eurasia dan Pasifik. Hal ini menyebabkan Indonesia lebih rawan gempa. Tak hanya itu, aktivitas gunung berapi aktif yang ada di Indonesia juga memberi sumbangsih terjadinya gempa bumi.

Karena bermukim di wilayah rawan gempa, maka penting bagi masyarakat Indonesia mengetahui langkah-langkah yang harus diambil, saat gempa terjadi, agar tidak menimbulkan banyak korban berjatuhan.

Apabila anda berada di dalam rumah, ajak keluarga anda berlindung di bawah meja makan. Lindungi juga kepala anda dengan benda-benda seperti bantal, guling, atau bisa menggunakan kedua tangan yang ditelungkupkan di atas kepala.

 

Jauhi benda-benda yang berpotensi jatuh, seperti lemari, gantungan atau hiasan dinding, dan lain-lain. Tunggu hingga guncangan sedikit reda, kemudian segera berlari meninggalkan rumah menuju lapangan terbuka.

Saat sudah di lapangan terbuka pun, ada baiknya anda menjauh dari pepohonan atau tiang tinggi yang berpotensi ambruk saat bumi bergoyang. Tetap lindungi kepala anda dan tunggu hingga keadaan benar-benar kondusif, karena biasanya akan ada gempa susulan.

Apabila anda berada diĀ mall atau pusat perbelanjaan, tak perlu panik. Segera keluar dari gedung melewati tangga darurat. Jangan pernah menggunakan lift karena akan membahayakan diri anda. Ikuti petunjuk dari petugas keamanan saat membimbing anda keluar dari gedung.

Begitu halnya saat anda berada di dalam mobil. Segera hentikan laju kendaraan, keluar dari mobil dan menuju tempat terbuka. Jangan lupa selalu lindungi kepala anda, dan jauhi benda-benda yang berpotensi roboh. (Nia)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

5 Gili Paling Indah di Lombok Selain Gili Trawangan

Lombok enggak melulu soal Gili Trawangan karena ada gili-gili lainnya yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...
close