close

Tiga Cara Cepat dan Praktis Mencuci Sofa di Rumah

Sofa bukan hanya sekedar furniture pajangan. Sofa adalah bagian yang penting untuk selalu dibersihkan dan dirawat.

SERUJI.CO.ID – Sofa tak hanya furniture pajangan tanpa arti. Anda perlu melakukan perawatan minimal dengan mencucinya 2 kali dalam satu tahun. Bagi anda yang cukup sibuk, urusan bersih-bersih ini biasanya akan langsung anda kerahkan pada jasa pembersih sofa.

Namun sebenarnya anda juga bisa membersihkan sofa sendiri di rumah. Hanya butuh waktu 15 menit, sofa anda akan kembali bersih dan warnanya kembali cerah.

1
Penyedot Debu

Langkah pertama ini adalah langkah paling mudah. Anda bisa menggunakan penyedot debu dan lakukan sedot debu di permukaan sofa secara satu arah, dari atas ke bawah kemudian kiri ke kanan.

Anda bisa memulai dari bagian atas sofa hingga berujung di kaki sofa. Atur kekuatan sedot paling ringan, agar tidak merusak kain, terutama sofa dengan bahan kain seperti linen dan sutra. Jangan lupakan sela sela sempit pada sofa.

Baca juga: Kapan Waktu Yang Tepat Mencuci Sofa?

2
Produk Pembersih

Apabila sofa anda terbuat dari bahan kain seprai, katun, kain jacquard dan ada campuran poliester-akrilik, maka anda memerlukan produk pembersih. Cari produk pembersih yang biasa digunakan untuk mencuci kering karpet.

Sikat lembut bubuk pembersih dengan kain bersih. Ingat, jangan terlalu kasar ya saat menyikat. Jika sudah, gunakan penyedot debu untuk membersihkan serpihan bubuk kering tersebut.

3
Sabun Khusus

Sabun untuk mencuci sofa hanya bisa digunakan pada sofa yang tertera kode W atau S/W. Kode tersebut berarti furnitur yang aman dicuci menggunakan air. Sedangkan S/W artinya sofa yang bisa dicuci kombinasi pembersih kering dan air.

Masukkan sikat lembut ke air sabun, kemudian sikat perlahan ke permukaan sofa. Jangan terlalu keras saat menyikat karena dapat merusak kulit sofa. Setelah yakin sofa sudah bersih, anda bisa membersihkan sabun dengan kain bersih yang lembab. Jangan lupa keringkan sofa.

Demikian cara mencuci sofa yang bisa dilakukan dengan cepat di rumah, mudah bukan? (Nia)
Loading...

TERPOPULER

TERBARU

Melancong ke Kendari, Jangan Lupa ke Pulau Bokori

Artis dan produser film Nia Zulkarnain baru saja menyimpan barang bawaannya di kamar hotel tempatnya menginap di kawasan Kendari Beach, pekan lalu, ketika ia menelpon SERUJI dan mengajak sama-sama melancong ke Pantai Bokori.

Anda Peserta BPJS Yang Baru Punya Momongan? Jangan Lupa Lakukan Ini

SERUJI.CO.ID - Ayah Bunda yang sudah memliki karu BPJS Mandiri, dan baru saja menerima anugerah momongan jangan lupa untuk segera mendaftarkan bayi anda sebelum...

Ke Jakarta, Warga Aceh Pilih Transit Dulu di Kuala Lumpur, Ini Sebabnya

Bila sebelumnya penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten hanya dibandrol dengan tiket seharga Rp1 jutaan, bahkan terkadang ada yang hanya Rp800-900ribuan saja. Kini, hal itu sudah tinggal kenangan.

Kembali “Capres” Nurhadi Trending, #UdahNurhadiAja Salip #2019PrabowoPresiden

Kali ini, pasangan dengan singkatan Dildo ini trending lewat tagar #UdahNurhadiAja. Bahkan tagar ini, pada Selasa (8/1) pagi, mampu menyalip tagar #2019PrabowoPresiden yang tertinnggal di posisi kedua.

Inilah 3 Pantai Keren Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berada di Malang

Berwisata di Malang, tak lengkap jika belum mengunjungi pantai-pantai yang keren di daerah Malang Selatan. Inilah 3 pantai yang wajib kamu kunjungi...

Untuk Majukan Pariwisata Sultra, Jadikan Wakatobi Sebagai Pintu Masuk

Wakatobi ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi wiasata unggulan Indonesia. Apa saja harapan dan yang akan dilakukan pemerintah?