close

Tiga Cara Cepat dan Praktis Mencuci Sofa di Rumah

Sofa bukan hanya sekedar furniture pajangan. Sofa adalah bagian yang penting untuk selalu dibersihkan dan dirawat.

SERUJI.CO.ID – Sofa tak hanya furniture pajangan tanpa arti. Anda perlu melakukan perawatan minimal dengan mencucinya 2 kali dalam satu tahun. Bagi anda yang cukup sibuk, urusan bersih-bersih ini biasanya akan langsung anda kerahkan pada jasa pembersih sofa.

Namun sebenarnya anda juga bisa membersihkan sofa sendiri di rumah. Hanya butuh waktu 15 menit, sofa anda akan kembali bersih dan warnanya kembali cerah.

1
Penyedot Debu

Langkah pertama ini adalah langkah paling mudah. Anda bisa menggunakan penyedot debu dan lakukan sedot debu di permukaan sofa secara satu arah, dari atas ke bawah kemudian kiri ke kanan.

Anda bisa memulai dari bagian atas sofa hingga berujung di kaki sofa. Atur kekuatan sedot paling ringan, agar tidak merusak kain, terutama sofa dengan bahan kain seperti linen dan sutra. Jangan lupakan sela sela sempit pada sofa.

Baca juga: Kapan Waktu Yang Tepat Mencuci Sofa?

2
Produk Pembersih

Apabila sofa anda terbuat dari bahan kain seprai, katun, kain jacquard dan ada campuran poliester-akrilik, maka anda memerlukan produk pembersih. Cari produk pembersih yang biasa digunakan untuk mencuci kering karpet.

Sikat lembut bubuk pembersih dengan kain bersih. Ingat, jangan terlalu kasar ya saat menyikat. Jika sudah, gunakan penyedot debu untuk membersihkan serpihan bubuk kering tersebut.

3
Sabun Khusus

Sabun untuk mencuci sofa hanya bisa digunakan pada sofa yang tertera kode W atau S/W. Kode tersebut berarti furnitur yang aman dicuci menggunakan air. Sedangkan S/W artinya sofa yang bisa dicuci kombinasi pembersih kering dan air.

Masukkan sikat lembut ke air sabun, kemudian sikat perlahan ke permukaan sofa. Jangan terlalu keras saat menyikat karena dapat merusak kulit sofa. Setelah yakin sofa sudah bersih, anda bisa membersihkan sabun dengan kain bersih yang lembab. Jangan lupa keringkan sofa.

Demikian cara mencuci sofa yang bisa dilakukan dengan cepat di rumah, mudah bukan? (Nia)

TERPOPULER

TERBARU

Penelitian: Tinggal Bersama Mertua, Wanita Tiga Kali Lebih Berisiko Kena Penyakit Jantung

Ternyata, berdasarkan penelitian tersebut, hidup dengan ibu mertua benar-benar dapat berakibat buruk bagi kesehatan wanita.

Tas Kulit Kayu Koja dan Kain Tenun Warga Baduy Disukai Turis Eropa

Tas rajutan tangan warga Baduy yang terbuat dari kulit kayu serta kain tenun asli warga Baduy Dalam ternyata disukai warga Eropa dan relatif mahal harganya.

Promosikan Pariwisata, Bus Wonderful Indonesia Beroperasi di Berlin Selama ITB 2019

Perkenalkan pariwisata Indonesia di ITB 2019, Kemenpar membranding bus-bus di Berlin dengan Wonderful Indonesia

Jalan Jalan ke Rangkasbitung, Jangan Lupa Museum Multatuli

RANGKASBITUNG, SERUJI.CO.ID - Sejuk nyaman dan aman. Begitulah suasana umum kota Rangkasbitung saat ini. Ibukota Kabupaten Lebak di Provinsi Banten ini letaknya tidak jauh...

Kasih Sayang Yang Menyembuhkan

Kasih sayang adalah sebuah kekuatan penyembuhan. Inilah diantaranya

Dukung Program Pariwisata, PT KAI Hidupkan 4 Jalur Kereta di Jawa Barat

4 jalur kereta api di Jabar kembali dihidupkan. Inilah jalur-jalurnya