Langkah Pertama Melakukan Pertolongan Terhadap Orang Kesetrum

Menolong orang kesetrum tidak bisa sembarangan. Salah-salah, anda juga bisa menjadi korban kesetrum.

SERUJI.CO.ID – Saat kesetrum aliran listrik akan masuk ke dalam tubuh manusia. Hal itu biasanya membuat korban terkejut karena sengatan yang tinggi. Kasus kesetrum semakin bahaya apabila anda berada di dalam air.

Bagi anda yang hendak menolong korban pun sebaiknya tetap hati-hati. Korban yang masih teraliri listrik karena bagian tubuhnya masih menyentuh sumber listrik, akan mengaliri anda saat anda bersentuhan dengan korban.

Gunakan alat perantara yang tidak menghantarkan listrik seperti kayu. Setelah itu, bila korban tidak sadar berikan nafas buatan dari mulut ke mulut. Beri juga pijatan pada jantung, agar korban segera sadar.

 

Meski korban sudah sadar, namun tidak menutup kemungkinan jika korban akan shock. Segera bawa ke rumah sakit jika korban mengalami luka bakar, merasa mati rasa, adanya gangguan pada indera penglihatan, pendengaran dan kesulitan berbicara. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...

Whatsapp Hentikan Dukungan Pada Beberapa OS, Simak Apakah Termasuk Milik Anda

WhatsApp mengumumkan akan menghentikan dukungan mereka untuk beberapa sistem operasi lama mulai Februari 2020, sehingga sejumlah fitur secara bertahap tidak bisa diakses lagi.

Samuel Wattimena: Kain Tenun Khas Bima Disukai Turis Mancanegara

Desainer yang pernah bersama wartawan SERUJI dipercaya jadi juri Festival Film Usmar Ismail di Jakarta ini menuturkan bahwa Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta ia terus mempromosikan tenun Bima.

Semarakan HUT Kota Kendari di Bulan Mei, Nissa Sabyan Akan Hibur Para Penggemar

Dihubungi SERUJI pertelepon, Rabu (10/4) pagi, gadis kelahiran Lumajang, Jatim, 19 tahun silam ini mengaku banyak sohib di Sulawesi Tenggara, khususnya di kawasan Kota Kendari.

Dari 2015 Terus Naik Peringkat, Indonesia Ditetapkan Sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia 2019

Indonesia tercatat mengalami peningkatan secara berjenjang dari ranking 6 di tahun 2015, ranking 4 di tahun 2016, ranking 3 di tahun 2017, ranking 2 di ranking 2018, akhirnya Indonesia menduduki peringkat 1 GMTI di tahun 2019.

DC Segera Buat Sekuel ‘Shazam!’

'Shazam!' cukup mendapat pujian karena ceritanya yang ringan dan menyentuh hati penonton yang lebih muda.