Langkah Pertama Melakukan Pertolongan Terhadap Orang Kesetrum

Menolong orang kesetrum tidak bisa sembarangan. Salah-salah, anda juga bisa menjadi korban kesetrum.

SERUJI.CO.ID – Saat kesetrum aliran listrik akan masuk ke dalam tubuh manusia. Hal itu biasanya membuat korban terkejut karena sengatan yang tinggi. Kasus kesetrum semakin bahaya apabila anda berada di dalam air.

Bagi anda yang hendak menolong korban pun sebaiknya tetap hati-hati. Korban yang masih teraliri listrik karena bagian tubuhnya masih menyentuh sumber listrik, akan mengaliri anda saat anda bersentuhan dengan korban.

Gunakan alat perantara yang tidak menghantarkan listrik seperti kayu. Setelah itu, bila korban tidak sadar berikan nafas buatan dari mulut ke mulut. Beri juga pijatan pada jantung, agar korban segera sadar.

 

Meski korban sudah sadar, namun tidak menutup kemungkinan jika korban akan shock. Segera bawa ke rumah sakit jika korban mengalami luka bakar, merasa mati rasa, adanya gangguan pada indera penglihatan, pendengaran dan kesulitan berbicara. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Pantai Losari, Pusat Kuliner Khas Warga Bugis-Makassar

Jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa mampir ke restoran terpanjang di Indonesia. Apa itu, simak laporan SERUJI

Inilah Lokasi Coto Terenak di Kota Makassar

Lokasi coto terenak di Kota Makassar... catat jika anda berkunjung ke Kota Daeng ini.

Melancong ke Kota Daeng, Jangan Lupa Coto Makassar

Jalan-jalan ke Makassar belum lengkap jika belum cicipi keenakan coto Makassar. Catat inilah lokasinya.

Ibu Muda Ini Sudah Harus Cuci Darah, Inilah Penyebabnya

Usia masih muda, tapi wanita ini sudah harus menjalani cuci darah rutin. Apa penyebabnya? simak penjelasan dr. Irsyal Rusad., dokter spesialis penyakit dalam.

Facebook Akan Satukan Tiga Platform Messenger Miliknya

Rencana Facebook itu disampaikan oleh CEO Mark Zuckerberg. Proses itu akan melibatkan pengkodean ulang perangkat lunak dasar dari tiga aplikasi untuk memastikan mereka bisa dioperasikan sesuai rencana.

Melancong ke Kendari, Jangan Lupa ke Pulau Bokori

Artis dan produser film Nia Zulkarnain baru saja menyimpan barang bawaannya di kamar hotel tempatnya menginap di kawasan Kendari Beach, pekan lalu, ketika ia menelpon SERUJI dan mengajak sama-sama melancong ke Pantai Bokori.