bersepeda keliling indonesia
Egi Suryana tiba di Kota Banjar, dengan sepedangna berkeliling Indonesia, Kamis (25/1/2018). (Foto:Dede G/SERUJI)

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID – Kala itu, saat wartawan SERUJI melintas wilayah Kota Banjar, Jawa Barat, seorang pria mengayuh sepeda ontel dari arah timur Jawa Tengah, menuju Barat. Pria itu memasuki gerbang perbatasan provinsi Jabar-Jateng, yakni Kota Banjar, dengan sepeda ontel yang bertuliskan keliling Indonesia.

Pria yang berasal dari Mesuji Lampung ini, bertekad keliling Indonesia menggunakan sepeda ontel dengan pernak-pernik bendera merah putih dan bendera komunitas sepeda yang sempat disinggahinya, di bagian belakang sepeda ontel ada tas ransel dan tulisan “Keliling Indonesia” di bagian depan sepeda.

Selama berkeliling Indonesia, pria ini mengkampanyekan kegiatan bersepeda untuk hidup sehat dan manfaatnya untuk menghemat BBM.

Loading...

Saat ditemui di Alun-alun Kota Banjar, pria yang kemudian diketahui bernama Egi Suryana menuturkan, ia telah melakukan kunjungan ke lembaga pendidikan dari SD, SMP, SMA, dan kampus. Ia mengajak para pelajar dan mahasiswa untuk membiasakan bersepeda agar lebih menghemat BBM.

Semasa perjalanan suka duka pun dirasakan Egi. Seperti di daerah Sumatera saat melintasi jalan di Sumatera Barat yaitu Kelok 9 yang panjang mencapai 40 km. Ia bangga bisa melintasi jalan tersebut dengan sepeda.
Baca juga: Menyampaikan Pesan Lingkungan, Pria ini Keliling Indonesia Dengan Sepeda Ontel

“Salah satu dukanya, saya sempat kehilangan kamera, di jalan Kelok 9 tersebut. jadi momen awal dari perjalanan sampai ke situ hilang semua, sempat sedih, tapi tidak apa-apa saya lanjutkan perjalanan,” ungkap Egi kepada SERUJI, Kamis (25/1) siang.

Selama di perjalanan, 11 bulan dari Lampung, rute yang ditempuh adalah searah jarum jam, yaitu dari Lampung menyusur ke utara Pulau Sumatera hingga ke Aceh. Dari Aceh menyeberang menggunakan transportasi laut ke Kalimatan, Sulawesi, Maluku, Papua, Nusa Tenggara, Bali, Jawa dan kembali ke Lampung.

Egi mengaku sudah menghabiskan puluhan ban, sepatu 4 buah, sepeda patah berapa kali.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama