Dulu, baju koko biasanya mulai diburu ketika bulan Ramadan. Namun seiring perkembangan fashion Muslim di Indonesia, baju koko sudah mulai digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Namun, bagaimana cara memilih baju koko untuk acara kita sehari-hari? Berikut ini tipsnya:

BAHAN. Pilihlah baju muslim koko yang berasal dari katun, terutama jika ingin sering digunakan untuk seharian, agar nyamman dipakai. Namun, memilih bahan juga bias disesuaikan dengan tempat di mana sang pria bekerja.

Misalnya bekerja di luar ruangan, pilihlah baju yang berbahan katun yang bisa menyerap keringat. Kalau bekerja di ruangan ber AC, pilih bahan yang agak tebal sehingga tidak merasa kedinginan.

 

WARNA. Akan lebih baik memilih baju koko yang sesuai dengan karakter anda, misalnya dari segi warna, sesuaikan dengan warna kulit anda, supaya lebih sinkron. Selain itu, pilih warna yang tidak terlalu terang. Kamu bisa memilihkan warna yang soft untuk dipakai ke kantor.

Agar tampilan kamu tidak terlalu terlihat berbeda dengan yang lain. Tetapi, jangan juga memilihkan warna yang gelap, karena membuat tampilan sang pria menjadi tidak ceria. Pilih warna krem atau biru muda dan warna muda lainnya.

Namun, jika hanya digunakan untuk ibadah sholat sebaiknya gunakan baju koko muslim yang berwarna putih dan tidak bermotif atau berwarna polos namun tetap yang soft. Karena jika terlalu mencolok akan berpengaruh pada konsentrasi orang lain yang beribadah di kanan kiri atau di belakang kita.

Namun, jika diguakan untuk berpergian seperti undangan hajatan atau pengajian, dalam hal ini kita bebas memilih motif atau warna sesuai keinnginan kita tetapi diharapkan pilih yang sesuai dengan karakter dan warna kulit serta acara apa yang kita datangi.

JAHITAN. Dari segi jahitan, pilihlah baju koko yang tidak berkerut, panjang tagan atau lengannya pas, lingkar lubang legannya tidak jatuh ke bawah. Pastkan krahnya jika dikancing akan tetap longgar dan tidak ketarik kebawah agar tidak terlihat aneh. Perhatikan jahitan baju koko yang rapi agar anda merasa nyaman saat memakainya.

BORDIRAN. Dari segi bordiran baju, usahakan sesuai dengan karakter diri anda. Misalnya, untuk anak muda pilihlah warna bordiran yang tidak mencolok, seperti warna emas atau hitam.

Jangan memilih baju koko yang terlalu banyak bordirannya, karena baju akan terkesan ramai Bagi orang dewasa pilihlah baju koko yang bordirannya agak gelap agar tidak terkesan mencolok saat dipakai. Karena itu akan menimbulkan kesan aneh.

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

KH. Luthfi Bashori

Jangan Makan Daging Biawak

Konon, di Mina pada kisaran tahun 1990-an, saat berlangsung ibadah mabit dan lempar Jumrah di musim haji, banyak sekali para pendatang dari berbagai daerah...

Bupati Malinau Hadiri Rapat Paripurna DPRD Penetapan APBD 2018

MALINAU, SERUJI.CO.ID - Bupati Malinau hadiri rapat paripurna ke IX masa sidang III DPRD kabupaten Malinau tahun 2017 yang diadakan di ruang sidang kantor...
Setya Novanto dan KPK

Pengacara Belum Pastikan Setya Novanto Hadir di Persidangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kuasa Hukum Setya Novanto, Firman Wijaya, menyatakan belum mengetahui apakah kliennya dapat dihadirkan sebagai terdakwa pada sidang perdana perkara tindak pidana korupsi...
Polrestabes Surabaya

Polrestabes Surabaya Raih Predikat Wilayah Bebas Korupsi

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya meraih predikat "Wilayah Bebas Korupsi" dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. "Kami mengucapkan terima kasih kepada...
Sandiaga Uno

Tak Unggah Video Rapat, Sandiaga Tegaskan Tak Ada yang Ditutupi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menegaskan, tidak ada upaya dari Pemprov DKI untuk menutup-nutupi proses berlangsungnya pemerintahan meski tidak mengunggah video rapat...
ustadz abdul somad

Terkait Pengadangan Ustadz Somad, Fahri Hamzah: Waspadalah, Jangan Mau Diadu Domba

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengaku kecewa pada pemerintah atas terjadinya kasus persekusi pada ustadz Abdul Somad oleh kelompok radikal di...