Dulu, baju koko biasanya mulai diburu ketika bulan Ramadan. Namun seiring perkembangan fashion Muslim di Indonesia, baju koko sudah mulai digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Namun, bagaimana cara memilih baju koko untuk acara kita sehari-hari? Berikut ini tipsnya:

BAHAN. Pilihlah baju muslim koko yang berasal dari katun, terutama jika ingin sering digunakan untuk seharian, agar nyamman dipakai. Namun, memilih bahan juga bias disesuaikan dengan tempat di mana sang pria bekerja.

Misalnya bekerja di luar ruangan, pilihlah baju yang berbahan katun yang bisa menyerap keringat. Kalau bekerja di ruangan ber AC, pilih bahan yang agak tebal sehingga tidak merasa kedinginan.

 

WARNA. Akan lebih baik memilih baju koko yang sesuai dengan karakter anda, misalnya dari segi warna, sesuaikan dengan warna kulit anda, supaya lebih sinkron. Selain itu, pilih warna yang tidak terlalu terang. Kamu bisa memilihkan warna yang soft untuk dipakai ke kantor.

Agar tampilan kamu tidak terlalu terlihat berbeda dengan yang lain. Tetapi, jangan juga memilihkan warna yang gelap, karena membuat tampilan sang pria menjadi tidak ceria. Pilih warna krem atau biru muda dan warna muda lainnya.

Namun, jika hanya digunakan untuk ibadah sholat sebaiknya gunakan baju koko muslim yang berwarna putih dan tidak bermotif atau berwarna polos namun tetap yang soft. Karena jika terlalu mencolok akan berpengaruh pada konsentrasi orang lain yang beribadah di kanan kiri atau di belakang kita.

Namun, jika diguakan untuk berpergian seperti undangan hajatan atau pengajian, dalam hal ini kita bebas memilih motif atau warna sesuai keinnginan kita tetapi diharapkan pilih yang sesuai dengan karakter dan warna kulit serta acara apa yang kita datangi.

JAHITAN. Dari segi jahitan, pilihlah baju koko yang tidak berkerut, panjang tagan atau lengannya pas, lingkar lubang legannya tidak jatuh ke bawah. Pastkan krahnya jika dikancing akan tetap longgar dan tidak ketarik kebawah agar tidak terlihat aneh. Perhatikan jahitan baju koko yang rapi agar anda merasa nyaman saat memakainya.

BORDIRAN. Dari segi bordiran baju, usahakan sesuai dengan karakter diri anda. Misalnya, untuk anak muda pilihlah warna bordiran yang tidak mencolok, seperti warna emas atau hitam.

Jangan memilih baju koko yang terlalu banyak bordirannya, karena baju akan terkesan ramai Bagi orang dewasa pilihlah baju koko yang bordirannya agak gelap agar tidak terkesan mencolok saat dipakai. Karena itu akan menimbulkan kesan aneh.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama