close

Mengejutkan! Kalori Dalam Satu Porsi Nasi Goreng Ternyata Cukup Tinggi

Nasi goreng merupakan kuliner khas Indonesia yang patut dilestarikan keberadaannya, Namun terlalu sering mengonsumsi nasi goreng ternyata juga memberi dampak buruk bagi tubuh.

SERUJI.CO.ID – Nasi menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia. Ini karena kandungan karbohidrat dalam nasi, dipercaya dapat menutrisi dan memberi energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas.

Nasi mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, zat besi, kalium, sodium, seng, vitamin E dan asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda.

Akan tetapi bagaimana jika mengolah nasi dengan cara digoreng? Apakah nilai gizinya tetap sama, atau cenderung berubah?

 

Dilansir dari hellosehat.com, pakar kesehatan menyebutkan dalam sepiring nasi goreng mengandung 228 hingga 400 kalori. Padahal dalam satu hari, manusia membutuhkan antara 1100 hingga 2000 kalori pada wanita, tergantung kegiatan yang dilakukan, berat dan tinggi tubuh. Sedangkan pria membutuhkan 2000 hingga 3000 kalori, sesuai dengan kegiatan yang dilakukan, tinggi dan berat tubuh.

Dengan mengonsumsi satu porsi nasi goreng saja, anda sudah memasukkan hampir separuh dari jumlah kalori. Belum lagi makanan-makanan lain yang anda konsumsi setelah makan nasi goreng.

Dalam satu porsi nasi goreng, terdapat lemak yang cukup tinggi yakni 12 hingga 14 gram. Sedangkan karbohidratnya antara 40 hingga 50 gram.

Jika anda menambahkan beberapa topping dalam nasi goreng, maka anda menambah protein sebesar 10 gram, protein dari beberapa potong daging sebesar 12 gram, dan udang sebesar 11 gram.

Tak lengkap rasanya menyajikan nasi goreng tanpa tambahan bumbu seperti garam, kecap dan saus. Perasa ini akan meningkatkan kadar natrium dalam tubuh.

Inilah mengapa nasi goreng tidak untuk dikonsumsi setiap hari, terutama saat sarapan atau makan malam. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Whatsapp Hentikan Dukungan Pada Beberapa OS, Simak Apakah Termasuk Milik Anda

WhatsApp mengumumkan akan menghentikan dukungan mereka untuk beberapa sistem operasi lama mulai Februari 2020, sehingga sejumlah fitur secara bertahap tidak bisa diakses lagi.

Samuel Wattimena: Kain Tenun Khas Bima Disukai Turis Mancanegara

Desainer yang pernah bersama wartawan SERUJI dipercaya jadi juri Festival Film Usmar Ismail di Jakarta ini menuturkan bahwa Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta ia terus mempromosikan tenun Bima.

Semarakan HUT Kota Kendari di Bulan Mei, Nissa Sabyan Akan Hibur Para Penggemar

Dihubungi SERUJI pertelepon, Rabu (10/4) pagi, gadis kelahiran Lumajang, Jatim, 19 tahun silam ini mengaku banyak sohib di Sulawesi Tenggara, khususnya di kawasan Kota Kendari.

Dari 2015 Terus Naik Peringkat, Indonesia Ditetapkan Sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia 2019

Indonesia tercatat mengalami peningkatan secara berjenjang dari ranking 6 di tahun 2015, ranking 4 di tahun 2016, ranking 3 di tahun 2017, ranking 2 di ranking 2018, akhirnya Indonesia menduduki peringkat 1 GMTI di tahun 2019.

DC Segera Buat Sekuel ‘Shazam!’

'Shazam!' cukup mendapat pujian karena ceritanya yang ringan dan menyentuh hati penonton yang lebih muda.

Dua Ekor Gajah TSI Cisarua Hibur Pengunjung ‘Bogor Fest 2019’

TSI menurunkan gajah untuk pengalungan bunga kepada bupati dan duta besar