close

Mengejutkan! Kalori Dalam Satu Porsi Nasi Goreng Ternyata Cukup Tinggi

Nasi goreng merupakan kuliner khas Indonesia yang patut dilestarikan keberadaannya, Namun terlalu sering mengonsumsi nasi goreng ternyata juga memberi dampak buruk bagi tubuh.

SERUJI.CO.ID – Nasi menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia. Ini karena kandungan karbohidrat dalam nasi, dipercaya dapat menutrisi dan memberi energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas.

Nasi mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, zat besi, kalium, sodium, seng, vitamin E dan asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda.

Akan tetapi bagaimana jika mengolah nasi dengan cara digoreng? Apakah nilai gizinya tetap sama, atau cenderung berubah?

 

Dilansir dari hellosehat.com, pakar kesehatan menyebutkan dalam sepiring nasi goreng mengandung 228 hingga 400 kalori. Padahal dalam satu hari, manusia membutuhkan antara 1100 hingga 2000 kalori pada wanita, tergantung kegiatan yang dilakukan, berat dan tinggi tubuh. Sedangkan pria membutuhkan 2000 hingga 3000 kalori, sesuai dengan kegiatan yang dilakukan, tinggi dan berat tubuh.

Dengan mengonsumsi satu porsi nasi goreng saja, anda sudah memasukkan hampir separuh dari jumlah kalori. Belum lagi makanan-makanan lain yang anda konsumsi setelah makan nasi goreng.

Dalam satu porsi nasi goreng, terdapat lemak yang cukup tinggi yakni 12 hingga 14 gram. Sedangkan karbohidratnya antara 40 hingga 50 gram.

Jika anda menambahkan beberapa topping dalam nasi goreng, maka anda menambah protein sebesar 10 gram, protein dari beberapa potong daging sebesar 12 gram, dan udang sebesar 11 gram.

Tak lengkap rasanya menyajikan nasi goreng tanpa tambahan bumbu seperti garam, kecap dan saus. Perasa ini akan meningkatkan kadar natrium dalam tubuh.

Inilah mengapa nasi goreng tidak untuk dikonsumsi setiap hari, terutama saat sarapan atau makan malam. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Penelitian: Tinggal Bersama Mertua, Wanita Tiga Kali Lebih Berisiko Kena Penyakit Jantung

Ternyata, berdasarkan penelitian tersebut, hidup dengan ibu mertua benar-benar dapat berakibat buruk bagi kesehatan wanita.

Tas Kulit Kayu Koja dan Kain Tenun Warga Baduy Disukai Turis Eropa

Tas rajutan tangan warga Baduy yang terbuat dari kulit kayu serta kain tenun asli warga Baduy Dalam ternyata disukai warga Eropa dan relatif mahal harganya.

Promosikan Pariwisata, Bus Wonderful Indonesia Beroperasi di Berlin Selama ITB 2019

Perkenalkan pariwisata Indonesia di ITB 2019, Kemenpar membranding bus-bus di Berlin dengan Wonderful Indonesia

Jalan Jalan ke Rangkasbitung, Jangan Lupa Museum Multatuli

RANGKASBITUNG, SERUJI.CO.ID - Sejuk nyaman dan aman. Begitulah suasana umum kota Rangkasbitung saat ini. Ibukota Kabupaten Lebak di Provinsi Banten ini letaknya tidak jauh...

Kasih Sayang Yang Menyembuhkan

Kasih sayang adalah sebuah kekuatan penyembuhan. Inilah diantaranya

Dukung Program Pariwisata, PT KAI Hidupkan 4 Jalur Kereta di Jawa Barat

4 jalur kereta api di Jabar kembali dihidupkan. Inilah jalur-jalurnya