Manfaat Sinar Matahari Yang Diperlukan Tubuh

Bangun pagi dan berolahraga sambil menikmati hangatnya matahari pagi, ternyata bisa menambah kekuatan tulang.

SERUJI.CO.ID – Sinar matahari sebenarnya tidak terlalu buruk bagi kesehatan kulit manusia. Bahkan bisa menjadikan tubuh lebih kuat. Asal tahu kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari tersebut. Sinar matahari terbaik adalah pagi hari sebelum jam 9 pagi.

Paparan sinar matahari pagi justru menimbulkan reaksi kimia dan metabolik dalam tubuh yang dapat menghasilkan vitamin D. Vitamin ini dibutuhkan tulang untuk menjaga kepadatannya agar tetap kuat, sekaligus juga bagus untuk kesehatan kulit.

Berdasarkan data dari para peneliti, vitamin D adalah salah satu vitamin larut lemak, yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Vitamin ini dapat meningkatkan penyerapan kalsium untuk kesehatan tulang, menjaga kadar kalsium dan fosfor tetap normal dan meningkatkan pertumbuhan sel tulang.

 

Baca juga: Mana Yang Harus Dioleskan Dulu, Pelembab Atau Sun Block?

Sinar matahari pagi sekaligus juga bersifat antimikroba dan anti peradangan, sehingga dapat meringankan peradangan ketika ada infeksi dalam tubuh. Kemampuannya dalam meringankan peradangan juga membantu kulit mengatasi berbagai masalah, seperti psoriasis, jerawat, eksim dan infeksi jamur.

Tak perlu berjemur terlalu lama, bagi orang yang memiliki kulit putih atau cerah, cukup 10 – 15 menit untuk mendapat khasiat dari sinar matahari pagi. Sedangkan bagi orang yang kulitnya gelap, membutuhkan waktu sedikit lebih lama yakni hingga 30 menit. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...

Whatsapp Hentikan Dukungan Pada Beberapa OS, Simak Apakah Termasuk Milik Anda

WhatsApp mengumumkan akan menghentikan dukungan mereka untuk beberapa sistem operasi lama mulai Februari 2020, sehingga sejumlah fitur secara bertahap tidak bisa diakses lagi.

Samuel Wattimena: Kain Tenun Khas Bima Disukai Turis Mancanegara

Desainer yang pernah bersama wartawan SERUJI dipercaya jadi juri Festival Film Usmar Ismail di Jakarta ini menuturkan bahwa Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta ia terus mempromosikan tenun Bima.

Semarakan HUT Kota Kendari di Bulan Mei, Nissa Sabyan Akan Hibur Para Penggemar

Dihubungi SERUJI pertelepon, Rabu (10/4) pagi, gadis kelahiran Lumajang, Jatim, 19 tahun silam ini mengaku banyak sohib di Sulawesi Tenggara, khususnya di kawasan Kota Kendari.

Dari 2015 Terus Naik Peringkat, Indonesia Ditetapkan Sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia 2019

Indonesia tercatat mengalami peningkatan secara berjenjang dari ranking 6 di tahun 2015, ranking 4 di tahun 2016, ranking 3 di tahun 2017, ranking 2 di ranking 2018, akhirnya Indonesia menduduki peringkat 1 GMTI di tahun 2019.

DC Segera Buat Sekuel ‘Shazam!’

'Shazam!' cukup mendapat pujian karena ceritanya yang ringan dan menyentuh hati penonton yang lebih muda.