Lima Jenis Susu yang Bisa Dikonsumsi Ibu Hamil, Apa Saja?

Nutrisi pertumbuhan janin bisa didapatkan bila ibu rajin mengonsumsi susu. Selain susu sapi, ibu juga bisa mengonsumsi beberapa jenis susu ini.

SERUJI.CO.ID – Kehamilan adalah masa terpenting bagi ibu untuk memenuhi gizi dan nutrisi bayi. Oleh karena itu, susu adalah minuman yang disarankan untuk dikonsumsi. Selain baik untuk kesehatan ibu, kandungan susu juga bermanfaat dalam tumbuh kembang janin di rahim.

Selain susu sapi, ternyata ada jenis susu lain yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Apa saja?

1
Susu Sapi

Susu protein tinggi
Ilustrasi susu protein tinggi

Susu jenis ini adalah susu paling umum yang beredar di pasaran. Susu sapi memiliki asam amino membantu proses pembentukan sel dalam tubuh janin. Kandungan vitamin D nya juga bagus untuk pertumbuhan bayi. Sedangkan vitamin E yang terkandung di dalamnya, berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga daya tahan tubuh. Kandungan kalsium dalam susu sapi baik untuk pertumbuhan dan kepadatan tulang.

2
Susu Kambing

Susu kambing menjadi alternatif kedua yang bisa dikonsumsi ibu, apabila bosan dengan susu sapi. Kandungan gizinya pun tak kalah banyak dengan susu sapi.

Protein dan kalsium dalam susu kambing digadang-gadang lebih tinggi dibanding susu sapi. Tak hanya itu, susu kambing juga rendah lemak dan mentega, juga kaya akan vitamin B2 yang berfungsi memproduksi antibodi agar sistem kekebalan tubuh selalu terjaga.

Susu kambing juga mengandung lemak diet yang dapat menurunkan kolesterol jahat, sekaligus mempercepat proses metabolisme untuk pencernaan yang lancar.

3
Susu Gandum

Gandum terkenal dengan kandungan seratnya yang tinggi. Saat gandum diolah menjadi susu, nutrisi dalam gandum dapat mencegah sembelit selama fase kehamilan. Selain itu dengan mengonsumsi susu gandum, membuat kadar gula dalam darah ibu hamil terkontrol. Imbasnya oksigen dapat mengalir hingga ke sel-sel.

Kandungan lain seperti vitamin A, B dan beberapa mineral seperti mangan, potasium dan fosfor dalam gandum cukup tinggi. Meski banyak manfaatnya, anda tetap perlu mengimbangi konsumsi susu almond dengan susu sapi.

Ini karena protein dalam susu gandum lebih sedikit dibandingkan susu sapi.

4
Susu Kedelai

Selain susu sapi, susu kedelai juga banyak beredar di pasaran. Kandungan proteinnya pun setara dengan susu sapi. Susu kedelai tidak mengandung lemak dan kaya akan serat dan kalsium.

Susu kedelai yang diambil dari sari kedelai ini juga bisa melawan penyakit kardiovaskular. Antioksidan didalamnya juga bisa melawan radikal bebas yang menjadi sumber dari penyakit kanker.

5
Susu Almond

Selain kedelai, almond juga bisa diambil sarinya untuk dijadikan susu. Kandungan asam folat, serat, protein, vitamin B, kalsium, zat besi dan vitamin E yang terkandung di dalam susu almond, sangat baik untuk ibu dan janin.

Selain itu jenis susu ini juga bebas lemak jenuh, kolesterol dan rendah kalori. Kandungan antioksidan juga mampu melindungi ibu dan bayi dari serangan radikal bebas. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

5 Gili Paling Indah di Lombok Selain Gili Trawangan

Lombok enggak melulu soal Gili Trawangan karena ada gili-gili lainnya yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...