close

Lima Jenis Susu yang Bisa Dikonsumsi Ibu Hamil, Apa Saja?

Nutrisi pertumbuhan janin bisa didapatkan bila ibu rajin mengonsumsi susu. Selain susu sapi, ibu juga bisa mengonsumsi beberapa jenis susu ini.

SERUJI.CO.ID – Kehamilan adalah masa terpenting bagi ibu untuk memenuhi gizi dan nutrisi bayi. Oleh karena itu, susu adalah minuman yang disarankan untuk dikonsumsi. Selain baik untuk kesehatan ibu, kandungan susu juga bermanfaat dalam tumbuh kembang janin di rahim.

Selain susu sapi, ternyata ada jenis susu lain yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Apa saja?

1
Susu Sapi

Susu protein tinggi
Ilustrasi susu protein tinggi

Susu jenis ini adalah susu paling umum yang beredar di pasaran. Susu sapi memiliki asam amino membantu proses pembentukan sel dalam tubuh janin. Kandungan vitamin D nya juga bagus untuk pertumbuhan bayi. Sedangkan vitamin E yang terkandung di dalamnya, berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga daya tahan tubuh. Kandungan kalsium dalam susu sapi baik untuk pertumbuhan dan kepadatan tulang.

2
Susu Kambing

Susu kambing menjadi alternatif kedua yang bisa dikonsumsi ibu, apabila bosan dengan susu sapi. Kandungan gizinya pun tak kalah banyak dengan susu sapi.

Protein dan kalsium dalam susu kambing digadang-gadang lebih tinggi dibanding susu sapi. Tak hanya itu, susu kambing juga rendah lemak dan mentega, juga kaya akan vitamin B2 yang berfungsi memproduksi antibodi agar sistem kekebalan tubuh selalu terjaga.

Susu kambing juga mengandung lemak diet yang dapat menurunkan kolesterol jahat, sekaligus mempercepat proses metabolisme untuk pencernaan yang lancar.

3
Susu Gandum

Gandum terkenal dengan kandungan seratnya yang tinggi. Saat gandum diolah menjadi susu, nutrisi dalam gandum dapat mencegah sembelit selama fase kehamilan. Selain itu dengan mengonsumsi susu gandum, membuat kadar gula dalam darah ibu hamil terkontrol. Imbasnya oksigen dapat mengalir hingga ke sel-sel.

Kandungan lain seperti vitamin A, B dan beberapa mineral seperti mangan, potasium dan fosfor dalam gandum cukup tinggi. Meski banyak manfaatnya, anda tetap perlu mengimbangi konsumsi susu almond dengan susu sapi.

Ini karena protein dalam susu gandum lebih sedikit dibandingkan susu sapi.

4
Susu Kedelai

Selain susu sapi, susu kedelai juga banyak beredar di pasaran. Kandungan proteinnya pun setara dengan susu sapi. Susu kedelai tidak mengandung lemak dan kaya akan serat dan kalsium.

Susu kedelai yang diambil dari sari kedelai ini juga bisa melawan penyakit kardiovaskular. Antioksidan didalamnya juga bisa melawan radikal bebas yang menjadi sumber dari penyakit kanker.

5
Susu Almond

Selain kedelai, almond juga bisa diambil sarinya untuk dijadikan susu. Kandungan asam folat, serat, protein, vitamin B, kalsium, zat besi dan vitamin E yang terkandung di dalam susu almond, sangat baik untuk ibu dan janin.

Selain itu jenis susu ini juga bebas lemak jenuh, kolesterol dan rendah kalori. Kandungan antioksidan juga mampu melindungi ibu dan bayi dari serangan radikal bebas. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Penelitian: Tinggal Bersama Mertua, Wanita Tiga Kali Lebih Berisiko Kena Penyakit Jantung

Ternyata, berdasarkan penelitian tersebut, hidup dengan ibu mertua benar-benar dapat berakibat buruk bagi kesehatan wanita.

Tas Kulit Kayu Koja dan Kain Tenun Warga Baduy Disukai Turis Eropa

Tas rajutan tangan warga Baduy yang terbuat dari kulit kayu serta kain tenun asli warga Baduy Dalam ternyata disukai warga Eropa dan relatif mahal harganya.

Promosikan Pariwisata, Bus Wonderful Indonesia Beroperasi di Berlin Selama ITB 2019

Perkenalkan pariwisata Indonesia di ITB 2019, Kemenpar membranding bus-bus di Berlin dengan Wonderful Indonesia

Jalan Jalan ke Rangkasbitung, Jangan Lupa Museum Multatuli

RANGKASBITUNG, SERUJI.CO.ID - Sejuk nyaman dan aman. Begitulah suasana umum kota Rangkasbitung saat ini. Ibukota Kabupaten Lebak di Provinsi Banten ini letaknya tidak jauh...

Kasih Sayang Yang Menyembuhkan

Kasih sayang adalah sebuah kekuatan penyembuhan. Inilah diantaranya

Dukung Program Pariwisata, PT KAI Hidupkan 4 Jalur Kereta di Jawa Barat

4 jalur kereta api di Jabar kembali dihidupkan. Inilah jalur-jalurnya