close

Lima Jenis Susu yang Bisa Dikonsumsi Ibu Hamil, Apa Saja?

Nutrisi pertumbuhan janin bisa didapatkan bila ibu rajin mengonsumsi susu. Selain susu sapi, ibu juga bisa mengonsumsi beberapa jenis susu ini.

SERUJI.CO.ID – Kehamilan adalah masa terpenting bagi ibu untuk memenuhi gizi dan nutrisi bayi. Oleh karena itu, susu adalah minuman yang disarankan untuk dikonsumsi. Selain baik untuk kesehatan ibu, kandungan susu juga bermanfaat dalam tumbuh kembang janin di rahim. Selain susu sapi, ternyata ada jenis susu lain yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Apa saja?

1
Susu Sapi

Ilustrasi susu protein tinggi
Susu jenis ini adalah susu paling umum yang beredar di pasaran. Susu sapi memiliki asam amino membantu proses pembentukan sel dalam tubuh janin. Kandungan vitamin D nya juga bagus untuk pertumbuhan bayi. Sedangkan vitamin E yang terkandung di dalamnya, berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga daya tahan tubuh. Kandungan kalsium dalam susu sapi baik untuk pertumbuhan dan kepadatan tulang.

2
Susu Kambing

Susu kambing menjadi alternatif kedua yang bisa dikonsumsi ibu, apabila bosan dengan susu sapi. Kandungan gizinya pun tak kalah banyak dengan susu sapi.

Protein dan kalsium dalam susu kambing digadang-gadang lebih tinggi dibanding susu sapi. Tak hanya itu, susu kambing juga rendah lemak dan mentega, juga kaya akan vitamin B2 yang berfungsi memproduksi antibodi agar sistem kekebalan tubuh selalu terjaga.

Susu kambing juga mengandung lemak diet yang dapat menurunkan kolesterol jahat, sekaligus mempercepat proses metabolisme untuk pencernaan yang lancar.

3
Susu Gandum

Gandum terkenal dengan kandungan seratnya yang tinggi. Saat gandum diolah menjadi susu, nutrisi dalam gandum dapat mencegah sembelit selama fase kehamilan. Selain itu dengan mengonsumsi susu gandum, membuat kadar gula dalam darah ibu hamil terkontrol. Imbasnya oksigen dapat mengalir hingga ke sel-sel.

Kandungan lain seperti vitamin A, B dan beberapa mineral seperti mangan, potasium dan fosfor dalam gandum cukup tinggi. Meski banyak manfaatnya, anda tetap perlu mengimbangi konsumsi susu almond dengan susu sapi.

Ini karena protein dalam susu gandum lebih sedikit dibandingkan susu sapi.

4
Susu Kedelai

Selain susu sapi, susu kedelai juga banyak beredar di pasaran. Kandungan proteinnya pun setara dengan susu sapi. Susu kedelai tidak mengandung lemak dan kaya akan serat dan kalsium.

Susu kedelai yang diambil dari sari kedelai ini juga bisa melawan penyakit kardiovaskular. Antioksidan didalamnya juga bisa melawan radikal bebas yang menjadi sumber dari penyakit kanker.

5
Susu Almond

Selain kedelai, almond juga bisa diambil sarinya untuk dijadikan susu. Kandungan asam folat, serat, protein, vitamin B, kalsium, zat besi dan vitamin E yang terkandung di dalam susu almond, sangat baik untuk ibu dan janin.

Selain itu jenis susu ini juga bebas lemak jenuh, kolesterol dan rendah kalori. Kandungan antioksidan juga mampu melindungi ibu dan bayi dari serangan radikal bebas. (Nia)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Melancong ke Kendari, Jangan Lupa ke Pulau Bokori

Artis dan produser film Nia Zulkarnain baru saja menyimpan barang bawaannya di kamar hotel tempatnya menginap di kawasan Kendari Beach, pekan lalu, ketika ia menelpon SERUJI dan mengajak sama-sama melancong ke Pantai Bokori.

Anda Peserta BPJS Yang Baru Punya Momongan? Jangan Lupa Lakukan Ini

SERUJI.CO.ID - Ayah Bunda yang sudah memliki karu BPJS Mandiri, dan baru saja menerima anugerah momongan jangan lupa untuk segera mendaftarkan bayi anda sebelum...

Ke Jakarta, Warga Aceh Pilih Transit Dulu di Kuala Lumpur, Ini Sebabnya

Bila sebelumnya penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten hanya dibandrol dengan tiket seharga Rp1 jutaan, bahkan terkadang ada yang hanya Rp800-900ribuan saja. Kini, hal itu sudah tinggal kenangan.

Kembali “Capres” Nurhadi Trending, #UdahNurhadiAja Salip #2019PrabowoPresiden

Kali ini, pasangan dengan singkatan Dildo ini trending lewat tagar #UdahNurhadiAja. Bahkan tagar ini, pada Selasa (8/1) pagi, mampu menyalip tagar #2019PrabowoPresiden yang tertinnggal di posisi kedua.

Inilah 3 Pantai Keren Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berada di Malang

Berwisata di Malang, tak lengkap jika belum mengunjungi pantai-pantai yang keren di daerah Malang Selatan. Inilah 3 pantai yang wajib kamu kunjungi...

Untuk Majukan Pariwisata Sultra, Jadikan Wakatobi Sebagai Pintu Masuk

Wakatobi ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi wiasata unggulan Indonesia. Apa saja harapan dan yang akan dilakukan pemerintah?