close

Jenis Penyakit Akibat Terlalu Sering Konsumsi Makanan Berbahan Dasar Gluten

Semua penyakit bermula dari sistem pencernaan. Gluten salah satu bahan yang menyebabkan pencernaan tidak lancar.

SERUJI.CO.ID – Gluten merupakan protein yang banyak ditemukan pada jenis tanaman serelia seperti gandum, yang kemudian diolah menjadi tepung terigu. Saat gluten dicampur dengan air, hasilnya berperan sebagai perekat yang menjaga bentuk makanan.

Sayangnya, tak semua orang cocok dengan gluten. Berikut macam penyakit akibat terlalu sering mengonsumsi gluten.

1
Celiac

Beberapa orang mungkin ada yang tubuhnya tidak bisa menoleransi kelebihan gluten. Akibatnya timbul gejala intoleransi gluten ringan, hingga yang parah. Kondisi intoleransi gluten parah ini disebut dengan celiac.

Penyakit ini menyerang lapisan usus dan membuat usus menjadi rusak. Akibatnya muncul gangguan sistem pencernaan yang berimbas dengan penyakit lain, seperti anemia, jantung dan otak.

Gejala ini timbul ditandai dengan muncul rasa tidak nyaman pada pencernaan, perut terasa kembung, diare, sakit kepala dan aroma feses yang terlalu busuk.

2
Neuropati perifer

Saat anda mengalami rasa tidak nyaman setelah mengonsumsi gluten, namun pihak medis belum mendiagnosa anda terkena celiac. Bisa jadi anda mengalami sensitivitas gluten non-celiac.

Seorang yang menderita sensitivitas gluten non-celiac sangat rentan menderita neuropati perifer tingkat tinggi. Neuropati perifer adalah gangguan akibat adanya kerusakan pada sistem saraf perifer, yang ada kaitannya dengan sistem saraf pusat otak.

3
Epilepsi

Imbas gangguan dari sistem saraf pada otak yang terganggu adalah penyakit epilepsi yang bisa menyerang. Penyakit ini terjadi ketika aktivitas sel dalam otak terganggu. Konsumsi makanan mengandung gluten adalah faktor utama munculnya masalah ini.

4
Irritable Bowel Syndrome

Bentuk lain dari intoleransi gluten adalah Irritable Bowel Syndrome (IBS). Penyakit ini ditandai dengan adanya masalah pencernaan dengan gejala sakit perut, kram, kembung, gas dan diare.

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Melancong ke Kendari, Jangan Lupa ke Pulau Bokori

Artis dan produser film Nia Zulkarnain baru saja menyimpan barang bawaannya di kamar hotel tempatnya menginap di kawasan Kendari Beach, pekan lalu, ketika ia menelpon SERUJI dan mengajak sama-sama melancong ke Pantai Bokori.

Anda Peserta BPJS Yang Baru Punya Momongan? Jangan Lupa Lakukan Ini

SERUJI.CO.ID - Ayah Bunda yang sudah memliki karu BPJS Mandiri, dan baru saja menerima anugerah momongan jangan lupa untuk segera mendaftarkan bayi anda sebelum...

Ke Jakarta, Warga Aceh Pilih Transit Dulu di Kuala Lumpur, Ini Sebabnya

Bila sebelumnya penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten hanya dibandrol dengan tiket seharga Rp1 jutaan, bahkan terkadang ada yang hanya Rp800-900ribuan saja. Kini, hal itu sudah tinggal kenangan.

Kembali “Capres” Nurhadi Trending, #UdahNurhadiAja Salip #2019PrabowoPresiden

Kali ini, pasangan dengan singkatan Dildo ini trending lewat tagar #UdahNurhadiAja. Bahkan tagar ini, pada Selasa (8/1) pagi, mampu menyalip tagar #2019PrabowoPresiden yang tertinnggal di posisi kedua.

Inilah 3 Pantai Keren Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berada di Malang

Berwisata di Malang, tak lengkap jika belum mengunjungi pantai-pantai yang keren di daerah Malang Selatan. Inilah 3 pantai yang wajib kamu kunjungi...

Untuk Majukan Pariwisata Sultra, Jadikan Wakatobi Sebagai Pintu Masuk

Wakatobi ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi wiasata unggulan Indonesia. Apa saja harapan dan yang akan dilakukan pemerintah?