close

Jenis Penyakit Akibat Terlalu Sering Konsumsi Makanan Berbahan Dasar Gluten

Semua penyakit bermula dari sistem pencernaan. Gluten salah satu bahan yang menyebabkan pencernaan tidak lancar.

SERUJI.CO.ID – Gluten merupakan protein yang banyak ditemukan pada jenis tanaman serelia seperti gandum, yang kemudian diolah menjadi tepung terigu. Saat gluten dicampur dengan air, hasilnya berperan sebagai perekat yang menjaga bentuk makanan.

Sayangnya, tak semua orang cocok dengan gluten. Berikut macam penyakit akibat terlalu sering mengonsumsi gluten.

1
Celiac

Beberapa orang mungkin ada yang tubuhnya tidak bisa menoleransi kelebihan gluten. Akibatnya timbul gejala intoleransi gluten ringan, hingga yang parah. Kondisi intoleransi gluten parah ini disebut dengan celiac.

Penyakit ini menyerang lapisan usus dan membuat usus menjadi rusak. Akibatnya muncul gangguan sistem pencernaan yang berimbas dengan penyakit lain, seperti anemia, jantung dan otak.

Gejala ini timbul ditandai dengan muncul rasa tidak nyaman pada pencernaan, perut terasa kembung, diare, sakit kepala dan aroma feses yang terlalu busuk.

2
Neuropati perifer

Saat anda mengalami rasa tidak nyaman setelah mengonsumsi gluten, namun pihak medis belum mendiagnosa anda terkena celiac. Bisa jadi anda mengalami sensitivitas gluten non-celiac.

Seorang yang menderita sensitivitas gluten non-celiac sangat rentan menderita neuropati perifer tingkat tinggi. Neuropati perifer adalah gangguan akibat adanya kerusakan pada sistem saraf perifer, yang ada kaitannya dengan sistem saraf pusat otak.

3
Epilepsi

Imbas gangguan dari sistem saraf pada otak yang terganggu adalah penyakit epilepsi yang bisa menyerang. Penyakit ini terjadi ketika aktivitas sel dalam otak terganggu. Konsumsi makanan mengandung gluten adalah faktor utama munculnya masalah ini.

4
Irritable Bowel Syndrome

Bentuk lain dari intoleransi gluten adalah Irritable Bowel Syndrome (IBS). Penyakit ini ditandai dengan adanya masalah pencernaan dengan gejala sakit perut, kram, kembung, gas dan diare.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Tas Kulit Kayu Koja dan Kain Tenun Warga Baduy Disukai Turis Eropa

Tas rajutan tangan warga Baduy yang terbuat dari kulit kayu serta kain tenun asli warga Baduy Dalam ternyata disukai warga Eropa dan relatif mahal harganya.

Promosikan Pariwisata, Bus Wonderful Indonesia Beroperasi di Berlin Selama ITB 2019

Perkenalkan pariwisata Indonesia di ITB 2019, Kemenpar membranding bus-bus di Berlin dengan Wonderful Indonesia

Jalan Jalan ke Rangkasbitung, Jangan Lupa Museum Multatuli

RANGKASBITUNG, SERUJI.CO.ID - Sejuk nyaman dan aman. Begitulah suasana umum kota Rangkasbitung saat ini. Ibukota Kabupaten Lebak di Provinsi Banten ini letaknya tidak jauh...

Kasih Sayang Yang Menyembuhkan

Kasih sayang adalah sebuah kekuatan penyembuhan. Inilah diantaranya

Dukung Program Pariwisata, PT KAI Hidupkan 4 Jalur Kereta di Jawa Barat

4 jalur kereta api di Jabar kembali dihidupkan. Inilah jalur-jalurnya

Pantai Losari, Pusat Kuliner Khas Warga Bugis-Makassar

Jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa mampir ke restoran terpanjang di Indonesia. Apa itu, simak laporan SERUJI