close

Anak Alergi Susu Sapi, Apakah Susu Kedelai Bisa Menjadi Solusi?

Apakah susu kedelai benar-benar menjadi solusi untuk anak yang alergi susu sapi?

SERUJI.CO.ID – Selain susu sapi, susu kedelai seringkali digunakan bunda untuk menambah nutrisi pada anak. Apalagi jika ternyata anak memiliki masalah alergi terhadap kandungan laktosa pada susu sapi, maka susu kedelai menjadi alternatif pertama.

Sebuah balai badan pengobatan di Amerika Serikat mengatakan, menyelingi susu sapi dengan susu kedelai sebenarnya bukan menjadi masalah. Namun bukan sepenuhnya mengganti.

Ini karena susu sapi diperah langsung dari induk sapi, sehingga kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya adalah protein hewani. Sedangkan susu kedelai diambil dari sari kacang kedelai murni. Sudah jelas protein yang ada adalah protein nabati.

 

Secangkir susu sapi kalori didalamnya bisa mencapai 150 kkal. Sedangkan susu kedelai tanpa pemanis, mengandung hanya 80 – 100 kkal. Selain itu, sejumlah nutrisi lain seperti karbohidrat dan lemak dalam susu kedelai jauh lebih rendah daripada susu sapi.

Hal ini juga berlaku untuk kandungan kalsium dan vitamin D. Susu kedelai tidak banyak mengandung kedua nutrisi ini. Beda halnya dengan susu sapi, yang mengandung kalsium dan vitamin D tinggi yang bagus untuk perkembangan tulang anak.

Apabila anak mengalami alergi susu sapi dan bunda ingin mengganti alternatif susu lain, lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Pasalnya, anak juga masih membutuhkan kalsium dan vitamin D dari susu sapi.

Mungkin saja dokter memiliki saran atau rekomendasi lain. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Penelitian: Tinggal Bersama Mertua, Wanita Tiga Kali Lebih Berisiko Kena Penyakit Jantung

Ternyata, berdasarkan penelitian tersebut, hidup dengan ibu mertua benar-benar dapat berakibat buruk bagi kesehatan wanita.

Tas Kulit Kayu Koja dan Kain Tenun Warga Baduy Disukai Turis Eropa

Tas rajutan tangan warga Baduy yang terbuat dari kulit kayu serta kain tenun asli warga Baduy Dalam ternyata disukai warga Eropa dan relatif mahal harganya.

Promosikan Pariwisata, Bus Wonderful Indonesia Beroperasi di Berlin Selama ITB 2019

Perkenalkan pariwisata Indonesia di ITB 2019, Kemenpar membranding bus-bus di Berlin dengan Wonderful Indonesia

Jalan Jalan ke Rangkasbitung, Jangan Lupa Museum Multatuli

RANGKASBITUNG, SERUJI.CO.ID - Sejuk nyaman dan aman. Begitulah suasana umum kota Rangkasbitung saat ini. Ibukota Kabupaten Lebak di Provinsi Banten ini letaknya tidak jauh...

Kasih Sayang Yang Menyembuhkan

Kasih sayang adalah sebuah kekuatan penyembuhan. Inilah diantaranya

Dukung Program Pariwisata, PT KAI Hidupkan 4 Jalur Kereta di Jawa Barat

4 jalur kereta api di Jabar kembali dihidupkan. Inilah jalur-jalurnya