Pemkot Pontianak Gelar Festival Saprahan

0
111
Festival Saprahan
Para peserta saat Festival Saprahan se- kota Pontianak, Rabu, 11/10/2017. (foto:Putra/SERUJI)

PONTIANAK, SERUJI.CO.ID – Masih dalam rangka menyambut Hari Jadi (Harjad) Kota Pontianak ke-246, Tim Penggerak (TP) PKK Kota Pontianak kembali menggelar Festival Saprahan se- Kota Pontianak. Festival Saprahan yang rutin digelar setiap menjelang Harjad Kota Pontianak ini merupakan yang keempat kalinya.

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji mengatakan dalam Saprahan ini mengandung filosofi yang sangat bagus untuk tatanan kehidupan di era globalisasi, di mana budaya-budaya luar yang tidak cocok dengan kondisi di negara ini bisa difilter melalui budaya lokal seperti Saprahan.

“Kenapa saprahan kita tonjolkan, karena dalam saprahan itu terkandung wujud nyata dari sikap yang harus diwujudkan oleh orang-orang melayu dalam menghormati tamu, tatanan rapi dalam penyajian makanan dan rasa. Cara penyajiannya itu wujud penghormatan kepada tamu yang ada,” jelas¬†Sutarmidji saat membuka Festival Saprahan se-Kota Pontianak di Gedung Pontianak Convention Center, Rabu (11/10).

Loading...

Melalui Saprahan itu pula, lanjut Sutarmidji, wujud implementasi dari marwah atau kehormatan orang melayu terhadap makanan-makanan yang harus diperlakukan sebagaimana mestinya. Selain itu, dalam saprahan terkandung makna bagaimana seseorang bisa disiplin, saling menghargai, duduk bersila tanpa ada perbedaan antara satu dengan yang lain.

“Kecuali kepala Saprahan atau orang-orang tua yang disegani dan dihormati, tokoh masyarakat maupun para pejabat yang menjadi tamu dalam saprahan itu,” terangnya.

Langganan berita lewat Telegram
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU