Wacana Debat Capres Gunakan Bahasa Asing, Begini Tanggapan KPU

1
60
  • 7
    Shares
Viryan Aziz, Komisioner Komisi Pemilihan Umum.

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengapresiasi wacana yang saat ini digulirkan ke tengah masyarakat terkait usulan agar debat capres menggunakan bahasa Asing. Baik usulan tim Prabowo-Sandiaga yang ingin gunakan bahasa Inggris, maupun usulan tim Jokowi-KH Ma’ruf yang ingin degan bahasa Arab.

“Soal usulan dengan menggunakan bahasa Arab atau bahasa Inggris, kami prinsipnya menghargai setiap masukan dan kami bahas bersama,” kata Komisioner KPU Viryan Aziz di Kantor KPU, di Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Jumat (14/9).

Baca juga: Usul Debat Capres Gunakan Bahasa Inggris, Begini Alasan Tim Prabowo-Sandi

Loading...

Namun, Viryan mengingatkan bahwa tidak semua masyarakat memahami bahasa Asing, sehingga hal tersebut perlu juga dipikirkan.

“Pertanyaannya berapa persen dari seluruh masyarakat yang memahami selain Bahasa Indonesia?” katanya.

Menurut Viryan, masyarakat lebih banyak yang hanya memahami bahasa Indonesia dibanding bahasa Asing, dan ini jadi pertimbangan KPU, karena pihaknya harus melayani seluruh lapisan masyarakat.

“Coba cari data berapa masyarakat Indonesia yang mengerti bahasa lain, selain bahasa Indonesia. Sementara kami harus melayani seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Baca juga: Setuju Debat Capres Gunakan Bahasa Inggris, Begini Alasan Fadli Zon

Viryan juga mengungkapkan bahwa selama ini belum pernah debat capres menggunakan bahasa asing. Apalagi acara debat capres adalah forum nasional, dimana sesuai dengan perundang-undangan harus menggunakan bahasa Indonesia.

“Debat capres bentuknya forum tingkat nasional, ini kan pemilih Presiden dan Wakil Presiden. Selama ini belum pernah (bahasa asing),” pungkasnya. (ARif R)

1 KOMENTAR

  1. Bahasa Indonesia saja. Pak Harto gak pernah berbicara bahasa Inggris ketika kunjungan kenegaraan yo tetep disegani. Kewibawaan terbangun bukan oleh ucapan tapi oleh sikap, perbuatan, kejujuran dan teguh memegang prinsip. Pembohong tidak pernah punya kewibawaan bahkan ketika didandani seperti aktor Bollywood sekali pun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU