Wacana Debat Capres Gunakan Bahasa Asing, Begini Tanggapan KPU

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengapresiasi wacana yang saat ini digulirkan ke tengah masyarakat terkait usulan agar debat capres menggunakan bahasa Asing. Baik usulan tim Prabowo-Sandiaga yang ingin gunakan bahasa Inggris, maupun usulan tim Jokowi-KH Ma’ruf yang ingin degan bahasa Arab.

“Soal usulan dengan menggunakan bahasa Arab atau bahasa Inggris, kami prinsipnya menghargai setiap masukan dan kami bahas bersama,” kata Komisioner KPU Viryan Aziz di Kantor KPU, di Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Jumat (14/9).

Baca juga: Usul Debat Capres Gunakan Bahasa Inggris, Begini Alasan Tim Prabowo-Sandi

Namun, Viryan mengingatkan bahwa tidak semua masyarakat memahami bahasa Asing, sehingga hal tersebut perlu juga dipikirkan.

“Pertanyaannya berapa persen dari seluruh masyarakat yang memahami selain Bahasa Indonesia?” katanya.

Menurut Viryan, masyarakat lebih banyak yang hanya memahami bahasa Indonesia dibanding bahasa Asing, dan ini jadi pertimbangan KPU, karena pihaknya harus melayani seluruh lapisan masyarakat.

“Coba cari data berapa masyarakat Indonesia yang mengerti bahasa lain, selain bahasa Indonesia. Sementara kami harus melayani seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Baca juga: Setuju Debat Capres Gunakan Bahasa Inggris, Begini Alasan Fadli Zon

Viryan juga mengungkapkan bahwa selama ini belum pernah debat capres menggunakan bahasa asing. Apalagi acara debat capres adalah forum nasional, dimana sesuai dengan perundang-undangan harus menggunakan bahasa Indonesia.

“Debat capres bentuknya forum tingkat nasional, ini kan pemilih Presiden dan Wakil Presiden. Selama ini belum pernah (bahasa asing),” pungkasnya. (ARif R)

1 KOMENTAR

  1. Bahasa Indonesia saja. Pak Harto gak pernah berbicara bahasa Inggris ketika kunjungan kenegaraan yo tetep disegani. Kewibawaan terbangun bukan oleh ucapan tapi oleh sikap, perbuatan, kejujuran dan teguh memegang prinsip. Pembohong tidak pernah punya kewibawaan bahkan ketika didandani seperti aktor Bollywood sekali pun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER