Survei Terbaru, Pasangan Asyik Salip Elektabilitas Ridwal Kamil

0
1832
Sudrajat-Syaikhu
Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar, Sudrajat (kiri) dan Ahmad Syaikhu (kanan). (foto:Istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) mengungkapkan bahwa tingkat elektabilitas pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Barat 2018, Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) terus merangkak naik, bahkan menyalip pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu).

“Ketika secara spontan respoden ditanyakan siapa yang akan dipilih jika Pilgub Jawa Barat digelar hari ini, maka pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu memperoleh 18,2 persen, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum 17,4 persen,” ungkap Direktur Ekesekutif LKPI Arifin Nurcahyo kepada wartawan di Jakarta, Jumat (23/3).

Sementara itu, pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi tetap unggul dengan 22,3 persen dan Tubagus Hasanuddin-Anton Charliya diurutan buncit 6,2 persen. Sebanyak 35,9 persen belum menentukan pilihan (undecided voter).

Hal yang sama terjadi saat diajukan pertanyaan tertutup berupa kuisioner terkait pasangan calon Gubernur yang akan dipilih nanti pada Juni 2018. Pasangan nomor urut 3 itu kembali unggul atas pasangan Rindu.

“Sebanyak 21,2 persen memilih Sudrajat-Ahmad Syaikhu dan 16,2 persen memilih Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum. Pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (2DM) 21,7 persen, Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan 8,9 persen. Sementara yang belum memilih 32,1 persen,” jelas Arifin.

Disampaikan juga oleh Arifin, dalam survei yang melibatkan 2178 responden yang tersebar di 18 kabupaten dan 9 kota di Jawa Barat secara proposional sesuai prosentase DPT di Jawa Barat tersebut, tingkat kepemimpinan, akseptabilitas, dan tingkat kapabilitas, pasangan Asyik mengalahkan pasangan Rindu.

“Di Jabar, popularitas tidak berbanding lurus dengan tingkat keterpilihan. dalam pandangan responden popularitas tidak menjamin akan kinerja yang baik sesuai dengan harapan masyarakat,” ungkapnya.

Dalam survei LKPI yang dilakukan dari 26 Februari sampai 11 Maret 2018 tersebut, menggunakan metode Multistage Random Sampling dengan Margin of Error sebesar -/+ 2,1 persen dan Tingkat Kepercayaan Survei 95 persen, pasangan Asyik mengejar elektabilitas pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (2DM).

“Tingginya Elektabilitas Sudrajat-Ahmad Syaiku mendekati Pasangan Deddy-Dedi, walau Sudrajat terbilang anyar di perpolitikan Jawa Barat,” pungkas Arifin. (ARif R/Hrn)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Deddy Mizwar

Sempat Menolak, Deddy Mizwar Dipastikan Hadir di Debat Publik Ketiga

BANDUNG, SERUJI.CO.ID – Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 4 Deddy Mizwar (Demiz) dipastikan hadir setelah sempat menolak menghadiri Debat Publik Ketiga Jawa Barat...

Kunjungi Anak-Anak Imigran, Melania Trump Justru Tuai Kecaman

TEXAS, SERUJI.CO.ID -  Kunjungan Ibu Negara Melania Trump pada Kamis (21/6) ke penampungan anak-anak pendatang, yang terpisah dari orangtua mereka di Texas, dibayangi jaketnya, yang...

Tinggalkan Everton, Ramiro Mori Gabung Villarreal

MADRID, SERUJI.CO.ID - Klub liga Spanyol Villarreal rekrut bek Ramiro Funes Mori dari Everton lewat kontrak empat tahun, demikian dikatakan klub asal Spanyol itu. Bek asal...

Sempat Dibatalkan, Akhirnya Laga Persebaya vs Persija Akan Digelar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Operator Liga 1 2018 PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan lanjutan laga kandang yang tertunda Persija Jakarta menghadapi Persebaya Surabaya dan Persib...

KPK Perpanjang Penahanan Bupati Purbalingga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang penahanan tersangka Bupati Purbalingga dalam tindak pidana korupsi suap terkait pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten...