Bawaslu: Hasil Pemeriksaan Anies Baswedan Keluar Hari Ini

0
78
  • 56
    Shares
Anies Baswedan mengacungkan ibu jari dan jari telunjuk, sebagaimana simbol pasangan Prabowo-Sandi. (foto:Istimewa)

BOGOR, SERUJI.CO.ID – Hasil pemeriksaan terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor akan keluar pada hari ini. Anies diduga melakukan pelanggaran pemilu karena berpose dua jari di acara Konferensi Nasional Partai Gerindra pada Desember 2018 lalu.

“Sekarang kita sedang tahap akhir, nanti sore sekitar pukul 15.00 akan rapat pembahasan kedua di Sentra Gakkumdu (Sentra Penegakan Hukum Terpadu),” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor, Irvan Firmansyah, di kantornya, Jumat (11/1).

Dijelaskan oleh Irvan, rapat pembahasan kedua ini merupakan babak penentuan, apakah dugaan pelanggaran yang dilaporkan itu memenuhi unsur atau tidak.

“Jika memenuhi unsur akan dilanjutkan ke tahap penyidikan oleh kepolisian, namun jika tidak, maka dihentikan di pembahasan kedua ini,” kata Irvan.

Baca juga: Dipanggil Bawaslu soal Pose Dua Jari, Anies Dicecar 27 Pertanyaan

Sebelumnya, kehadiran Anies dalam Konfernas Gerindra pada Desember 2018 lalu dan pose dua jarinya dipermasalahkan sejumlah pihak karena ia memegang jabatan publik.

Jaringan Advokat Pengawal NKRI (JAPRI) menganggap adanya pelanggaran kampanye yang dilakukan Anies Baswedan. Anies diduga telah melanggar Pasal 281 Undang-undang No. 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum. Sehingga kemudian JAPRI melaporkan Anies ke Bawaslu pada 20 Desember 2018 lalu. (SU05)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU