Penutupan Perdagangan, Rupiah Menguat Tipis Rp15.196 per Dolar AS

0
24
  • 32
    Shares
Dolar menguat
Dolar AS.

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Penutupan perdagangan rupiah hari ini, Jumat (12/10) yang ditransaksikan antar Bank di Jakarta bergerak ke arah positif dengan penguatan 33 poin menjadi Rp15.196 per dolar AS, dibanding penutupan kemarin di Rp15.299.

Pantau SERUJI di situs Bloomberg, hari ini rupiah bergerak di antara Rp15.187 hingga Rp15.218 per dolar AS. Bloomber mencatat terjadi penguatan 0,25 persen atau 38 poin menjadi Rp15.197 dibanding hari sebelumnya di Rp15.235 per dolar AS.

Kepala riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra di Jakarta, Jumat, mengatakan bahwa penurunan imbal hasil obligasi Amerika Serikat (AS) menekan mata uang dolar terhadap sejumlah mata uang dunia, termasuk rupiah.

“Dolar AS diperdagangkan di level rendah di pasar global karena imbal hasil obligasi AS menurun,” katanya.

Ia menambahkan data harga konsumen AS yang dirilis lebih rendah dari perkiraan, juga telah memicu pelemahan dolar, situasi itu memicu pelaku pasar mengurangi keyakinannya bahwa The Fed akan agresif dalam rencana kenaikan suku bunga.

Selain itu, lanjutnya, penguatan rupiah juga dipengaruhi oleh faktor teknikal. Sebagian pelaku pasar mengambil momentum untuk kembali melakukan akumulasi aset denominasi rupiah mengingat dalam beberapa hari terakhir pasar keuangan di dalam negeri cenderung negatif.

“Sentimen domestik relatif kondusif, namun saat ini pasar cenderung mencermati situasi eksternal,” katanya.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada hari ini, Jumat (12/10), tercatat mata uang rupiah menguat menjadi Rp15.194 dibanding sebelumnya, Kamis (11/10), di posisi Rp15.253 per dolar AS. (ARif R)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU