Warga Singkil Tangkap Buaya Sepanjang 4,5 Meter

SINGKIL – Warga Ranto Gedang, Kabupaten Aceh Singkil, menangkap seekor buaya raksasa dengan panjang mencapai 4,5 meter. Penangkapan dilakukan dengan peralatan sederhana berupa sebuah kail yang dilakukan di bantaran sungai Singkil.

Pawang buaya, Ali, mengatakan, buaya itu terpaksa ditangkap dengan cara dikail, pada Ahad (9/4) lalu, karena sudah mengancam keselamatan nelayan dan warga yang bermukim di bantaran sungai Singkil.

“Buaya muara ini saat berjumpa warga, sangat berani memunculkan seluruh badannya, dan mengintai warga saat akan beraktivitas, biasanya buaya bila berjumpa manusia akan menghindar, tapi yang satu ini berbeda,” jelasnya saat ditemui di Singkil, Senin (10/4), dilansir Antara.

Buaya panjang 4,5 meter dan tebal badan 30 centimeter ini, kata Ali, setiap hari berkeliling mengintai aktivitas warga. “Ini adalah buaya yang kelima yang saya tangkap,” ujarnya.

Keberadaan binatang melata itu, lanjut Ali, sudah meresahkan warga, sehingga dia kembali mencoba mengail dengan menggunakan mata kail khusus yang sudah ditempa, yakni dari bahan logam besi putih. “Dengan umpan bebek yang sudah disembelih,” ujarnya.

Dikatakan, saat proses penangkapan, dirinya menahan kail di bantaran Sungai Singkil dekat Desa Kuta Simboling. Keesokan harinya, kail yang ditahan tidak tampak lagi yang ternyata telah dibawa buaya yang termakan umpan kail.

Karena kail menggunakan tanda pelampung, sehingga Ali yang dibantu warga berhasil menemukan kail itu yang sudah mencapai daratan Kecamatan Kuala Baru.

“Pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) sudah mengetahui tertangkapnya buaya raksasa ini. Katanya jangan dibunuh, karena akan dibawa ke tempat penangkaran,” ungkap Ali.

 

EDITOR: Iwan S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER