Pemko Langsa Salurkan Zakat Senif Ibnu Sabil Kepada Ribuan Siswa

KOTA LANGSA, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kota Langsa melalui Baitul Mal menyalurkan zakat Senif Ibnu Sabil di aula Sekretariat Pemko Langsa, Selasa (4/9).

Kepala Baitul Mal Kota Langsa Drs. Alamsyah mengatakan penyaluran zakat Senif untuk Ibnu Sabil tersebut telah dilakukan pihaknya setiap tahun.

“Acara ini tindak lanjut dari acara sebelumnya yang setiap tahun dilaksanakan penyaluran zakat Senif Ibnu Sabil,” katanya.

Dijelaskannya, tahun ini pihaknya menyalurkan zakat Senif Ibnu Sabil sebesar Rp480 juta yang dibagi dalam 2 tahap.

“Zakat ibnu sabil ini adalah 20 persen dari penerimaan zakat, tahun ini berjumlah Rp480 juta, namun dibagi dalam dua tahap, hari ini sebesar Rp240 juta kita salurkan untuk pelajar Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, MTS, MAN, para santri,anak panti asuhan dan juga Perguruan Tinggi,” jelasnya.

Alamsyah mengatakan, jumlah sekolah yang mendapatkan zakat Senif Ibnu Sabil itu sebanyak 119 sekolah, yang terdiri dari tingkat SD sebanyak 61 sekolah, MIN sebanyak 9 sekolah, SMP sebanyak 17 sekolah, MTs sebanyak 9 sekolah, MAN sebanyak 6 sekolah, dayah sebanyak 14 sekolah dan panti asuhan sebanyak 3.

“Untuk perguruan tinggi nanti akan kami antar sendiri ke pihak kampus,” tandasnya.

Wakil Wali Kota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM mengucapkan terima kasih kepada Baitul Mal Kota Langsa yang cukup aktif dalam mengumpulkan infak dan zakat serta penyalurannya di Kota Langsa dan peduli terhadap perkembangan masyarakat di Kota Langsa.

“Terima kasih kepada seluruh instansi yang telah menyalurkan zakat dan infak melalui Baitul Mal Kota Langsa,” kata Marzuki dalam sambutannya.

Pemko Langsa akan memberikan pertimbangan dan penilaian khusus untuk mempromosikan atau degradasi bagi Kepala Dinas, Kepala Kantor/Badan, dan Kepala Sekolah yang peduli atau tidak peduli dengan zakat/infaq, demikian juga bagi perusahaan yang enggan mengeluarkan zakat/infaq, maka jangan kecewa apabila tidak mendapat perhatian lebih dari pemerintah.

Sebab, menurutnya, apa yang dilakukan ini adalah berpedoman kepada ketentuan yang berlaku di Provinsi Aceh, antara lain sebagai berikut, Keputusan Gubernur Provinsi Aceh Nomor: 10 Tahun 2007 Tentang Pengelolaan Zakat.

Dalam Keputusan Gubernur tersebut disebutkan bahwa zakat merupakan kewajiban bagi orang Islam berfungsi untuk membersihkan harta dan jiwa, juga merupakan sumber dana potensial dalam mewujudkan kesejahteraan, keadilan social guna meningkatkan taraf hidup kaum dhuafa dan sebagai salah satu sumber daya pembangunan ummat di Provinsi Aceh. (Syahrial/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Tragedi Lion JT-610: Urgensi Audit Maskapai Airline untuk Keselamatan Penerbangan

"Secara juridis bila terjadi suatu kecelakaan (accident) pesawat udara dalam kegiatan penerbangan maka Pemerintah juga dapat ditarik menjadi pihak yang harus bertanggungjawab sebagai suatu perbuatan kelalaian dalam melaksanakan kewajiban hukum" -Prof Dr Hasim Purba, SH.MHum

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER