Masih Banyak Keluarga Miskin Tidak Dapat Bersekolah di Batam

12

Batam, Seruji.com — Rido bocah 8 tahun belum sekolah, terpaksa mengikuti ibunya berjualan koran dari pukul 06.00 sampai pukul 23.00 WIB. Rido adalah seorang dari sekian banyak keluarga miskin yag tidak dapat bersekolah di kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Irma adalah nama seorang ibu separuh baya yang berasal dari Tembilahan Riau. Hingga saat ini Irma tinggal bersama 3 orang anaknya karena sudah beberapa tahun terakhir di tinggal suaminya merantau.

Rido adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Pada usia Rido yang sudah 8 tahun, dia tidak dapat mengenyam pendidikan di sekolah dikarenakan ketidakmampuan orangtuanya dalam biaya pendidikan dan biaya sehari-hari.

“Kami tidak punya biaya untuk menyekolahkan dia, karena hasil jual koran saja hanya cukup untuk makan sehari-hari,” lirih Irma.

Saat menjajakan koran, Irma terpaksa membawa dua orang anaknya, Rido dan adiknya yang masih belia karena tidak ada tempat atau saudara yang bisa dititipkan.

Sedang anak kedua Irma, karena sudah agak besar bisa ditinggal di rumah dan dititipkan kepada tetangga.

Ketika ditanya transportasi yang dipakai untuk pergi dan pulang ke rumah, “ada orang yang mengantar dan menjemput kami setiap hari, di antar pukul 06.00 dan di jemput pukul 23.00,” jawab Irma.

Melihat hal ini sudah selayaknya Pemerintahan Kota Batam terutama Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan agar lebih intensif dalam evaluasi memperhatikan kemiskinan yang mengakibatkan anak tidak dapat bersekolah. (Rizaldi)

 

Reporter : rizaldi
Editor   : HKY CH
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama