Masih Banyak Keluarga Miskin Tidak Dapat Bersekolah di Batam

Batam, Seruji.com — Rido bocah 8 tahun belum sekolah, terpaksa mengikuti ibunya berjualan koran dari pukul 06.00 sampai pukul 23.00 WIB. Rido adalah seorang dari sekian banyak keluarga miskin yag tidak dapat bersekolah di kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Irma adalah nama seorang ibu separuh baya yang berasal dari Tembilahan Riau. Hingga saat ini Irma tinggal bersama 3 orang anaknya karena sudah beberapa tahun terakhir di tinggal suaminya merantau.

Rido adalah anak pertama dari tiga bersaudara. Pada usia Rido yang sudah 8 tahun, dia tidak dapat mengenyam pendidikan di sekolah dikarenakan ketidakmampuan orangtuanya dalam biaya pendidikan dan biaya sehari-hari.

“Kami tidak punya biaya untuk menyekolahkan dia, karena hasil jual koran saja hanya cukup untuk makan sehari-hari,” lirih Irma.

Saat menjajakan koran, Irma terpaksa membawa dua orang anaknya, Rido dan adiknya yang masih belia karena tidak ada tempat atau saudara yang bisa dititipkan.

Sedang anak kedua Irma, karena sudah agak besar bisa ditinggal di rumah dan dititipkan kepada tetangga.

Ketika ditanya transportasi yang dipakai untuk pergi dan pulang ke rumah, “ada orang yang mengantar dan menjemput kami setiap hari, di antar pukul 06.00 dan di jemput pukul 23.00,” jawab Irma.

Melihat hal ini sudah selayaknya Pemerintahan Kota Batam terutama Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan agar lebih intensif dalam evaluasi memperhatikan kemiskinan yang mengakibatkan anak tidak dapat bersekolah. (Rizaldi)

 

Reporter : rizaldi
Editor   : HKY CH

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tragedi Lion Air JT-610: Momentum Peningkatan Kesadaran Hukum Keselamatan Penerbangan

Hasil penelitian penyebab kecelakaan penerbangan yang dilakukan Komisi Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) hanya merupakan masukan secara tertutup kepada Pemerintah sebagai bahan evaluasi untuk pencegahan antisipasi agar tidak terulang lagi penyebab kecelakaan yang sama.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER