Dahulukan Penghormatan pada Ulama, Wali Kota Ini Perintah Ubah Protokoler

0
467
Wali Kota Langsa Usman Abdullah saat memberikan sambutan pada peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, Kamis (15/2/2018) di Pendopo Kantor Wali Kota Langsa.

KOTA LANGSA, SERUJI.CO.ID – Ingin ulama ditempatkan pada penghormatan yang semestinya, Wali Kota Langsa Usman Abdullah memerintahkan mengubah protokoler atau tata cara penghormatan dalam setiap acara di Kota Langsa, terutama acara keagamaan.

Hal tersebut disampaikan pada acara peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1439H di Pendopo Kantor Wali Kota Langsa, Kamis (15/2).

Menurut Usman, jika dalam suatu acara dihadiri oleh para alim ulama hendaknya penghormatan nama alim ulama didahulukan daripada yang lainnya  termasuk kepada dirinya sebagai Wali Kota.

“Yang saya hormati Al-Ustadz Khalidin Nasution, terlebih dahulu saya memberikan penghormatan kepada beliau, karena beliau adalah alim ulama,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Toke Suum ini juga mengkritik penghormatan terhadap istri pejabat yang selalu disandingkan nama pejabat tersebut dibelakang nama istri.

“Dulu istri saya Nyonya Marlida Usman dipanggil, jadi istri itu bintinya saya, padahalkan punya orang tuanya, binti Muktar, tapi ini nyonya Marlida Usman, ini gak benar pak, jadi ini harus kita rubah kedepan, ya protokoler harus merubah ini,” jelasnya.

Ia menilai sebutan Nyonya merupakan peninggalan zaman Belanda, tidak relevan lagi jika diterapkan pada zaman sekarang, konon lagi di daerah Aceh.

”Ini kan peninggalan Belanda dulunya, 350 tahun yang lalu ini peninggalan Belanda, ini gak benar, apalagi kita daerah yang bersyari’at Islam, ini protokoler kedepan harus dirubah, apalagi acara-acara keagamaan seperti ini,” pintanya.

Toke Suum menegaskan, hal tersebut dapat dirubah karena tata penghormatan tidak diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 yang membutuhkan amandemen.

“Setelah saya lihat-lihat ini gak benar, jadi yang gak benar itu harus kita rubah kalau menurut saya, dan ini bukan Undang-Undang Dasar 1945 yang gak bisa diubah harus diamandemen dulu,” tegasnya.

Dalam momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Wali Kota Langsa Usman Abdullah mengajak kepada seluruh masyarakat untuk terus menjadikan Rasulullah sebagai teladan dalam kehidupan sehari-hari.

“Esensi dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini sesungguhnya adalah untuk meneladani setiap pikirannya, ucapan dan tindakan Rasullah Muhammad SAW” pungkasnya.

Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad tersebut juga dihadiri oleh Ustadz Khalid Nasution yang menyampaikan tausiyahnya. (Syahrial/SU05)

 

Komentar

BACA JUGA
Penjahat ditangkap

WN Inggris Bawa Ratusan Psikotropika Ditindak Tegas Bea Cukai Bali

KUTA, SERUJI.CO.ID - Warga asal Inggris berinisial ASH (48) yang kedapatan membawa 655 tablet kuning psikotropika golongan IV yang mengandung diazepam dilakukan penindakan tegas oleh...

Departemen Keuangan AS Kritik Keras Aksi Non Pasar China

WASHINGTON, SERUJI.CO.ID - Pejabat tinggi Departemen Keuangan Amerika Serikat, Rabu (21/2), menyampaikan kritik atas kebijakan ekonomi China yang dituduh "berperilaku non-pasar" serta mengatakan bahwa AS...
banjir

Banjir Bandang Terjang Sejumlah Desa di Bojonegoro

BOJONEGORO, SERUJI.CO.ID - Sejumlah desa di Kecamatan Sukosewu, Dander, Bubulan, dan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, diterjang banjir bandang dengan ketinggian air berkisar 0,5-1 meter...

Ganjar Pranowo Kunjungi Korban Banjir Demak

DEMAK, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi para korban banjir di Desa Sayung, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Kamis (22/2). Calon gubernur yang berpasangan...
Penjahat ditangkap

Sembunyikan Sabu Dalam Pembalut, Penumpang Pesawat Diamankan

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - EW (41), perempuan penumpang pesawat Air Asia tujuan Kuala Lumpur-Semarang, Jawa Tengah, ditangkap saat diketahui berusaha menyelundupkan 538 gram narkotika jenis sabu-sabu...
loading...
IMG_20180221_224758_367

Apa yang Kau Cari, Fahri Hamzah?

Fahri Hamzah, politisi paling populer tahun-tahun ini. Anggota DPR dari fraksi PKS ini sangat kritis terhadap segala hal yang dianggapnya tidak benar dalam penyelenggaraan...
images (3)

Fahri Vs KPK, Senjata OTT dan JC Ampuh?

Berkali-kali KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT), seringkali secara dramatis dan dibesar-besarkan media, layaknya pahlawan. Sayangnya, kebanyakan kelas kabupaten, bukan membongkar sindikat nasional dan...
1_2G1_0QFZyN75nPAxOeD_Lw

Judi dan Kompetisi

Miripkah? Agak. Adilkah? Tidak. Tapi kalau dilihat, kompetisi olahraga itu tidak lebih adil daripada judi. Contoh : tak mungkin tim basket Indonesia menang melawan...