Comdev ACT Bertekad Kembalikan Ekonomi Rakyat Korban Gempa Pidie Jaya

0
12

Pidie Jaya, Seruji – Aksi kemanusiaan ACT di Pidie Jaya pasca-gempa tektonik berkekuatan 6,5 skala Richter yang terjadi pada Rabu shubuh (7/12/2016), saat ini tengah memasuki tahap recovery. Selain berfokus dalam rekonstruksi (pembangunan kembali) 100 meunasah, Tim juga tengah menggelar beberapa Program Community Development (Comdev), program berbentuk pemberdayaan usaha masyarakat korban gempa.

Kautsar, salah satu Tim Comdev-ACT mengungkapkan, Tim Recovery – ACT berbagi tugas selain mengerjakan proses rekonstruksi meunasah, tim juga tengah menggelar program pemberdayaan dan pendampingan yang bersifat sustainable (berkelanjutan) terhadap masyarakat yang terdampak gempa di Pidie Jaya.

Salahsatu program pemberdayaan Comdev-ACT, yaitu membantu usaha produksi batu bata merah di Gampong (Desa) Kuta Pangwa, Kecamatan Pringgadieng.

Menurut hasil asesmen dari Tim Comdev-ACT, Gampong Kuta Pangwa merupakan salah satu wilayah yang paling parah terdampak gempa, terletak di antara pegunungan dan lautan, mata pencaharian masyarakatnya 50 persen adalah memproduksi batu bata merah.

“Kami berinisiatif untuk menjadikan desa ini sebagai prioritas program Comdev, karena sel tempat produksi batu bata merah di desa tersebut banyak yang hancur dan roboh. Sehingga kegiatan produksi batu bata merah harus terhenti yang secara otomatis mata pencaharian warga desa pun terhenti pula,” jelas Kautsar.

Tim Comdev-ACT membantu usaha masayarakat Gampong Kuta Pangwa dengan memberikan suntikan dana, memberikan penyuluhan serta pendampingan kepada pengusaha batu bata merah selama 3 bulan lamanya, sampai kepada proses penjualan batu bata.

Menurut Zulkarnaen, Koordinator Tim Comdev-ACT nantinya dari proses pemasaran/penjualan batu bata merah warganya, akan dibantu ACT dengan bersinergi dengan Tim Rekonstruksi Meunasah.

“Batu bata merah yang sudah siap dijual, nantinya akan dibeli oleh ACT untuk rekonstruksi Meunasah. Kami berharap dengan seperti itu usaha mereka akan kembali bangkit lagi dari keterpurukan, setelah beberapa minggu yang lalu tempat usahanya dihantam gempa,” tuturnya.

Zukarnaen menambahkan Program ini nantinya bisa menyerap tenaga kerja, sehingga produksi batu bata merah di Kuta Pangwa lebih meningkat.

Kini semangat para pengusaha batu bata merah di gampong Kuta Pangwa kembali meningkat, setelah dibantu tim Comdev-ACT, yang sebelumnya mereka merasakan beban berat karena tempat usahanya roboh di hantam gempa.

Seperti yang dirasakan oleh Zulkifli (46), salah satu warga pengusaha batu bata merah di Kuta Pangwa, Ia sangat bersyukur sudah dibantu ACT dengan program pemberdayaan ini.

“Terus terang sebelumnya kami sempat pesimis, setelah melihat kenyataan tempat usaha produki batu bata merah kami hancur. Namun ketika kami dibantu Tim ACT, semangat kami kini mulai bangkit kembali,” ujarnya.

Tim Comdev ACT tidak hanya menggelar Program Pemberdayaan Usaha Batu Bata Merah saja, namun ada tiga Program Comdev lainnya yang dipersiapkan untuk membantu bangkitnya ekonomi masyarakat Pidie Jaya korban gempa.

“Ada tiga program pemberdayaan usaha masyarakat untuk korban gempa di Pidie Jaya diantaranya: Pertama, Pemberdayaan dan pendampingan usaha roti kering dan kue ade (kue khas Pidie Jaya-red). Kedua, Pemberdayaan dan pendampingan usaha kedai kopi. Terakhir (ketiga) pemberdayaan dan pendampingan penanaman buah naga di Desa Seunong, Kecamatan Meredue. Harapan kami dengan program yang kami lakukan ini, perekonomian masyarakat korban gempa bisa bangkit lagi,” pungkasnya. (maswep/aceh)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

menteri agama, lukman hakim saifuddin

Menag Butuh Masukan Ormas Terkait Penghayat Kepercayaan

KARAWANG, SERUJI.CO.ID - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membutuhkan masukan dari ormas-ormas keagamaan untuk menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi terkait dengan penghayat kepercayaan. "Sebaiknya terlebih dahulu mendengar...
Soekarwo

Nama Cawagub Khofifah Diumumkan Pekan Ini

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Ketua DPD Partai Demokrat (PD) Jatim sekaligus Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengaku sudah mengantongi satu nama calon wakil gubernur (cawagub) pendamping...
Syaiful Huda

PKB Sodorkan Syaiful Huda Jadi Cawagub Emil

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin telah menyodorkan kadernya untuk menjadi Cawagub Jawa Barat mendampingi Ridwan...

KANAL WARGA TERBARU

Sanad Menghilangkan Fitnah Berita

Contoh, ada seorang yang mengabarkan sebuah berita :"Ada penyusup di HMI, jadi bertindak rusuh!". Yang membaca bisa salah persepsi. Ada yang memahami masuknya penyusup saat...

Fenomena Lepas Jilbab

Lepas jilbab dalam bahasan ini bermakna melepas jilbab dengan niat tidak menutup aurat yang seharusnya tidak diperlihatkan. Penekanannya bukan untuk menyalahkan pihak yang setuju...
KH. Luthfi Bashori

SELAGI PEMIMPIN ITU MASIH SHALAT, JANGAN DIPERANGI SECARA FISIK

Luthfi Bashori St. Ummul Mukminin St. Ummu Salamah Ra menuturkan, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya akan diangkat penguasa di kalanganmu, lalu engkau ketahui mereka...