Comdev ACT Bertekad Kembalikan Ekonomi Rakyat Korban Gempa Pidie Jaya

0
15

Pidie Jaya, Seruji – Aksi kemanusiaan ACT di Pidie Jaya pasca-gempa tektonik berkekuatan 6,5 skala Richter yang terjadi pada Rabu shubuh (7/12/2016), saat ini tengah memasuki tahap recovery. Selain berfokus dalam rekonstruksi (pembangunan kembali) 100 meunasah, Tim juga tengah menggelar beberapa Program Community Development (Comdev), program berbentuk pemberdayaan usaha masyarakat korban gempa.

Kautsar, salah satu Tim Comdev-ACT mengungkapkan, Tim Recovery – ACT berbagi tugas selain mengerjakan proses rekonstruksi meunasah, tim juga tengah menggelar program pemberdayaan dan pendampingan yang bersifat sustainable (berkelanjutan) terhadap masyarakat yang terdampak gempa di Pidie Jaya.

Salahsatu program pemberdayaan Comdev-ACT, yaitu membantu usaha produksi batu bata merah di Gampong (Desa) Kuta Pangwa, Kecamatan Pringgadieng.

Menurut hasil asesmen dari Tim Comdev-ACT, Gampong Kuta Pangwa merupakan salah satu wilayah yang paling parah terdampak gempa, terletak di antara pegunungan dan lautan, mata pencaharian masyarakatnya 50 persen adalah memproduksi batu bata merah.

“Kami berinisiatif untuk menjadikan desa ini sebagai prioritas program Comdev, karena sel tempat produksi batu bata merah di desa tersebut banyak yang hancur dan roboh. Sehingga kegiatan produksi batu bata merah harus terhenti yang secara otomatis mata pencaharian warga desa pun terhenti pula,” jelas Kautsar.

Tim Comdev-ACT membantu usaha masayarakat Gampong Kuta Pangwa dengan memberikan suntikan dana, memberikan penyuluhan serta pendampingan kepada pengusaha batu bata merah selama 3 bulan lamanya, sampai kepada proses penjualan batu bata.

Menurut Zulkarnaen, Koordinator Tim Comdev-ACT nantinya dari proses pemasaran/penjualan batu bata merah warganya, akan dibantu ACT dengan bersinergi dengan Tim Rekonstruksi Meunasah.

“Batu bata merah yang sudah siap dijual, nantinya akan dibeli oleh ACT untuk rekonstruksi Meunasah. Kami berharap dengan seperti itu usaha mereka akan kembali bangkit lagi dari keterpurukan, setelah beberapa minggu yang lalu tempat usahanya dihantam gempa,” tuturnya.

Zukarnaen menambahkan Program ini nantinya bisa menyerap tenaga kerja, sehingga produksi batu bata merah di Kuta Pangwa lebih meningkat.

Kini semangat para pengusaha batu bata merah di gampong Kuta Pangwa kembali meningkat, setelah dibantu tim Comdev-ACT, yang sebelumnya mereka merasakan beban berat karena tempat usahanya roboh di hantam gempa.

Seperti yang dirasakan oleh Zulkifli (46), salah satu warga pengusaha batu bata merah di Kuta Pangwa, Ia sangat bersyukur sudah dibantu ACT dengan program pemberdayaan ini.

“Terus terang sebelumnya kami sempat pesimis, setelah melihat kenyataan tempat usaha produki batu bata merah kami hancur. Namun ketika kami dibantu Tim ACT, semangat kami kini mulai bangkit kembali,” ujarnya.

Tim Comdev ACT tidak hanya menggelar Program Pemberdayaan Usaha Batu Bata Merah saja, namun ada tiga Program Comdev lainnya yang dipersiapkan untuk membantu bangkitnya ekonomi masyarakat Pidie Jaya korban gempa.

“Ada tiga program pemberdayaan usaha masyarakat untuk korban gempa di Pidie Jaya diantaranya: Pertama, Pemberdayaan dan pendampingan usaha roti kering dan kue ade (kue khas Pidie Jaya-red). Kedua, Pemberdayaan dan pendampingan usaha kedai kopi. Terakhir (ketiga) pemberdayaan dan pendampingan penanaman buah naga di Desa Seunong, Kecamatan Meredue. Harapan kami dengan program yang kami lakukan ini, perekonomian masyarakat korban gempa bisa bangkit lagi,” pungkasnya. (maswep/aceh)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

HIV positif

Belasan Ibu Hamil di Kaltara Positif HIV

NUNUKAN, SERUJI.CO.ID - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara menemukan belasan ibu hamil positif mengidap penyakit HIV/AIDS pada 2017. "Ada 12 ibu hamil di Kaltara ini positif...

Kapolda Papua Serahkan Bantuan Kemanusiaan Untuk Asmat

ASMAT, SERUJI.CO.ID - Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk anak-anak dan sanak keluarganya yang menderita penyakit campak dan gizi buruk di...

TNI Kerahkan Dua Helikopter Kirim Obat ke Asmat

TIMIKA, SERUJI.CO.ID - Markas Besar TNI mengerahkan dua unit helikopter untuk mengirim obat-obatan guna membantu menangani wabah penyakit campak dan gizi buruk di Kabupaten Asmat,...
loading...

Jiwa Gotong Royong yang Masih Tumbuh Subur

Tempo hari saya tercengang dengan megahnya sebuah masjid di desa Raji,  Demak, Jawa Tengah. Rupanya masjid yang belum selesai di bangun itu sudah menelan...

kebebasan berpikir

Kebebasan dalam Berpikir Hakikat bebas adalah merdeka dari segala hal yang mengikat. Berbicara tentang bebas, kita dapat belajar dari pengalaman komika kenamaan yaitu Ge Pamungkas...
_99517609_gepamungkas_joshuasuherman

Indonesia Darurat Keadilan

Indonesia Darurat Keadilan Salah satu penyebab gagalnya beberapa negara di Afrika di antaranya dalam masalah ketimpangan keadilan, sebut saja di Ethiopia, Zimbabwe dan negara-negara yang...