close

Tol Pandaan-Malang Dibuka Hari Ini dengan Status Fungsional

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Ruas jalan tol Pandaan ke Malang sepanjang 30,63 kilometer mulai dibuka secara fungsional pada Jumat (21/12), pukul 07.00 WIB. Status fungsional ini untuk satu lajur selama masa libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

“Tol fungsional Pandaan-Malang dibuka dengan tujuan mengurai kemacetan saat Natal dan Tahun Baru 2019 di jalur Surabaya-Malang, dengan tetap melihat situasi di lapangan,” kata Humas Jasa Marga Tol Surabaya-Gempol, Agus Tri Antyo dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (21/12).

Dijelaskan oleh Agus, apabila arus kendaraan di jalur Surabaya-Malang padat, maka tol difungsikan satu arah khusus dari Pandaan ke Malang. Sebaliknya, jika jalur Malang-Surabaya padat maka tol difungsikan satu arah dari Malang ke Surabaya.

“Sejak dibuka fungsional tadi pagi sudah ramai dilewati pengendara dari Surabaya,” ujarnya.


Namun, kata Agus, masih banyak pengendara tidak mengetahui bahwa secara fungsional jalan tersebut tidak bisa dilewati atau dimasuki melalui pintu tol Pandaan, melainkan hanya pengendara dari arah Surabaya.

“Kalau pengendara dari Pandaan mau masuk tol fungsional, maka pengendara harus masuk melalui pintu tol Gempol, tidak bisa langsung lewat Pandaan, meski secara infrastruktur sudah rampung,” katanya.

Selain itu, pengendara yang sudah masuk di jalur tol fungsional hanya bisa keluar di pintu tol Singosari, tepatnya di Jalan Karanglo atau perempatan Bentoel, Kabupaten Malang.

“Karena masih fungsional maka pengendara harus lebih berhati-hati meski petugas akan selalu siaga di sana. Pengendara yang masuk tol juga tidak membayar,” katanya.

Ia mengatakan, dibukanya tol Pandaan-Malang juga tetap memberlakukan batas waktu kendaraan melintas, yakni hanya diperbolehkan masuk tol mulai pukul 07.00 WIB dan akan ditutup pada pukul 17.00 WIB.

“Sebab penerangan jalan umum belum terpasang sepenuhnya. Kepolisian sudah berkoordinasi dengan PT Jasa Marga Pandaan-Malang terkait pengamanan,” terangnya.

Tol Pandaan-Malang terbagi menjadi lima seksi atau wilayah, yakni seksi 1 Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,47 kilometer, lalu seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 kilometer, dan seksi 3 dari Lawang menuju Singosari sepanjang 7,10 kilometer.

“Untuk saat ini, pengendara hanya bisa keluar melalui seksi 3, yakni pintu tol Singosari,” katanya.

Secara umum, kata Agus, Jasa Marga hanya sebagai penyedia jalan tol, sedangkan terkait pengaturan lalu lintas diserahkan ke pemegang kebijakan setempat.

“Untuk pengaturan lalu lintas diserahkan ke pemegang kebijakan setempat, termasuk pengalihan jalur ketika terjadi kepadatan,” pungkasnya. (SU05)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

17 Anggota Polres Biak Diperiksa Terkait Kematian Tahanan

BIAK, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resor Kabupaten Biak Numfor, Papua,...

Empat SMP di Yogyakarta Sisakan Kuota PPDB Jalur Bibit Unggul

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Sejumlah SMP negeri di Kota Yogyakarta masih...

Wagub Banten Minta FKUB Aktif Membantu Menghentikan Politisasi Agama

SERANG, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy meminta...

PPDB di Jakarta Berjalan Kondusif

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)...

TKN Sebut Dalil BPN Tentang Ajakan Berbaju Putih Cara Pandang Bias Anti-Petahana

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Anggota tim hukum Tim Kampanye Nasional...

Anggota DPRD Jatim Harapkan Pemerintah Pusat Beri Arahan Terkait PPDB

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Anggota DPRD Jawa Timur, Agatha Retnosari berharap...

TERPOPULER